Farmasi - Universitas Jenderal Soedirman

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Jenderal Soedirman
Nama Fakultas : Kedokteran dan Ilmu Kesehatan
Alamat Sekretariat : Jl. dr. Soeparno kampus Karangwangkal Purwokerto
Kode Pos : 53122
Telp : 0281 642840    Telp2 :
Email : farmasi.unsoed@gmail.com
Website : http://farmasi.unsoed.ac.id/

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Farmasi Unsoed merupakan salah satu jurusan yang ada di Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan di Unsoed. Jurusan Farmasi ini pada awalnya adalah Program Sarjana Farmasi (PS Farmasi) yang berdiri setelah dikeluarkannya SK dari Dirjen

Dikti yaitu 598/D/t/2005 pada bulan Maret. Berdirinya PS Farmasi bersamaan dengan Program Sarjana Pendidikan Keperawatan karena keduanya memang satu SK.

Pembentukan PS Farmasi ini melibatkan banyak pihak yang membantu dalam proses yang berjalan cukup lama. Drs. Ahaditomo,M.S. (yang pernah menjabat sebagai ketua Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia atau ISFI) dan Prof. Dr. Ma’arifin Husin (Sekjen Konsorsium Ilmu Kesehatan), merupakan beberapa diantara yang turut membantu dalam proses pendirian PS Farmasi. Beliau-beliau ini yang ditunjuk sebagai Pembina pembentukkan PS F

armasi di Unsoed. Sebagai langkah awal dibentuklah Tim POKJA (Program Kerja) yang terdiri atas orang-orang yang saat ini men

jadi tenaga pengajar tetap, tenaga pengajar tambahan dari PS MIPA, serta didukung oleh pihak rektorat. Oleh karena PS Farmasi Unsoed masih baru, maka pelaksanaannya langsung di bawah binaan dari Fakultas Farmasi UGM. Pada tahun 2007 Program Sarjana Farmasi diubah menjadi Jurusan Farmasi yang berada di bawah Fakultas Kedokteran dan Ilmu-lmu Kesehatan (FKIK) Unsoed yang terdiri dari Jurusan Kedokteran, Jurusan Farmasi, Jurusan Keperawatan dan Jurusan Kesehatan Masyarakat serta jurusan terbaru di FKIK yaitu Jurusan Kedokteran Gigi.

Jurusan Farmasi Unsoed berbeda dengan yang lain karena Jurusan Farmasi Unsoed berkonsep yang mengarah pada Farmasi Klinik dan Komunitas yang berasaskan ‘patient oriented’. Maksud dari ‘patient oriented’ adalah profesionalisme yang cenderung mengarah pada pelayanan pasien, sehingga seorang apoteker diharuskan dapat melayani kebutuhan dan keinginan pasien dalam hal obat, baik pelayanan terapi maupun konsultasi.

Jurusan Farmasi saat ini menempati gedung pink yang berada di Jl. Soeparno, Karangwangkal. Di gedung ini, Jurusan Farmasi berbagi atap dengan Jurusan Keperawatan. Fasilitas yang tersedia di Jurusan Farmasi meliputi ruang kuliah full AC, multimedia pendukung perkuliahan, laboratorium komputer yang menyediakan akses gratis internet dan layanan hotspot, laboratorium Farmasetika, laboratorium Farmakologi, dan laboratorium Biologi-Kimia Farmasi. Guna menunjang fasilitas laboratorium lebih lanjut Jurusan Farmasi juga melakukan facility sharing dengan laboratorium jurusan lain, seperti kedokteran, dan fakultas lain seperti Fakultas Biologi serta Fakultas MIPA terutama Jurusan Kimia. Mahasiswa Jurusan Farmasi juga dapat mengakses layanan perpustakaan se-FKIK dalam menunjang kebutuhan referensi.
Visi
Menjadi pusat pengembangan ilmu farmasi klinik dan komunitas yang berperan dalam pemecahan masalah kesehatan masyarakat dalam rangka peningkatan daya saing bangsa.




Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan farmasi yang berkompetensi dalam farmasi klinik dan komunitas secara professional dan mampu bersaing secara global, dengan pendekatan lintas disiplin ilmu.

2. Mengemban riset dan menyebarluaskan IPTEK dibidang kefarmasian yang relevan dengan kebutuhan pembangunan, khususnya pembangunan kesehatan.

3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengembangkan berbagai model-model pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Fasilitas Program Studi
* Gedung perkuliahan dilengkapi dengan fasilitas penunjang AC, Komputer, LCD, dan OHP
* Perpustakaan
* Laboratorium Komputer
* Laboratorium farmasi (Laboratorium Farmakologi, Laboratorium Farmasetika, Laboratorium Biologi-Kimia Farmasi) maupun laboratorium pendukung di lingkungan Unsoed
* Sistem SIA (Sistem Informasi Akademik), akses tentang status mahasiswa dan kegiatan pendidikan
* Lapangan Olahraga
* UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)
* Beasiswa
* Penulisan Karya Ilmiah