Ilmu Kesejahteraan Sosial - Universitas Sumatera Utara

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sumatera Utara
Nama Fakultas : Ilmu Sosial dan Politik
Alamat Sekretariat : Jl.Prof.A.Sofyan No.1 Kampus USU Medan
Kode Pos : 20155
Telp : +62 61 8211965    Telp2 : +62 61 8222238
Fax : +62 61 8211965    Fax2 :
Website : http://fisip.usu.ac.id
Nama Kepala Program Studi : Drs. Matias Siagian, M.Si

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Pada umumnya Tugas Belajar yang ada di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik memilih Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial, dengan alas an bahwa kurikulum Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial paling sesuai dengan kondisi pekerjaan, terutama mereka yang sepanjang waktu berhadapan dengan masyarakat. Namun beberapa tahun kemudian mahasiswa Tugas Belajar dilarang memasuki Jurusan lain di luar Jurusan Ilmu Administrasi, sesuai dengan kebijakan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara saat itu (Almarhumah Prof. Dr. Asma Affan, MPA). Sebagaimana dengan jurusan lain, maka Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara juga mengalami dinamika organisasi. Salah satu wujud dinamika itu adalah pergantian istilah Jurusan dengan departemen. Sejak 2005, sesuai dengan kedudukan Universitas Sumatera Utara sebagai Perguruan Tinggi Negeri yang berstatus Badan Hukum Milik Negara (BHMN), maka Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial berganti status menjadi Departemen Ilmu Kesejahteraan Sosial. Perubahan seperti ini juga dialami oleh semua jurusan yang berada di semua fakultas yang ada di Universitas Sumatera Utara.
Visi Menjadi lembaga pendidikan yang menghasilkan sarjana Ilmu Kesejahteraan Sosial yang menguasai teori-teori ilmu kesejahteraan sosial dan terampil dalam menggunakan metode-metode pemberdayaan masyarakat sehingga mampu tampil secara profesional dalam memecahkan masalah-masalah sosial pada umumnya dan masalah-masalah kesejahteraan sosial pada khususnya dan memberdayakan masyarakat, baik secara individual, organisasi/kelompok, maupun masyarakat secara kolektif, serta berpartisipasi dalam pengembangan Ilmu Kesejahteraan Sosial sesuai dengan tuntutan jaman
Misi - Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat sesuai dengan sifat disiplin Ilmu Kesejahteraan Sosial sebagai suatu ilmu terapan. - Mendidik dan melatih mahasiswa menjadi sarjana yang menguasai teori-teori dan metode-metode yang dikembangkan dalam Ilmu Kesejahteraan Sosial sehingga mampu tampil secara profesional dalam rangka memecahkan masalah-masalah sosial pada umumnya dan masalah-masalah sosial pada khususnya serta mampu memberdayakan masyarakat, baik secara individual, kelompok/organisasi, maupun masyarakat secara kolektif. - Berperan aktif dalam mengembangkan khazanah ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni khususnya yang berkaitan dengan Ilmu Kesejahteraan Sosial sehingga teori-teori dan metode-metode yang dikembangkan dalam Ilmu Kesejahteraan Sosial selalu mampu menjadi alat untuk memahami dan memecahkan masalah-masalah sosial pada umumnya dan masalah-masalah kesejahteraan sosial pada khususnya serta dalam rangka pemberdayaan masyarakat. - Menjalin kebersamaan dan toleransi sesama tenaga pengajar, mahasiswa, dan masyarakat sehingga terjalin hubungan yang kondusif dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dengan tetap mempertahankan kaidah-kaidah moralitas yang baik.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

Internal, Fakultas, Universitas, Eksternal

FASILITAS