Antropologi - Universitas Sumatera Utara

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Sumatera Utara
Nama Fakultas : Ilmu Sosial dan Politik
Alamat Sekretariat : Jl.Prof.A.Sofyan No.1 Kampus USU Medan
Kode Pos : 20155
Telp : +62 61 8211965    Telp2 : +62 61 8222238
Fax : +62 61 8211965    Fax2 :
Email : fisipusumedan09@yahoo.co.id
Website : http://fisip.usu.ac.id

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Program Studi Antropologi di USU dibuka pada tahun 1980. Pada awalnya Jurusan Antropologi berada di Fakultas Sastra. Pada tahun 1986, Jurusan Antropologi berada di bawah naungan Fakultas llmu Sosial dan llmu Politik (FISIP).
Bidang Pendidikan dan Pengajaran :
Menyelenggarakan perkuliahan di Departemen Antropologi yang berintikan pengembangan kemampuan ilmu teoritik dan terapan, antara lain: Antropologi Ekologi, Antropologi Ekonomi. Antropologi Bisnis. dan Antropologi Kesehatan, dan seterusnya.Menyiapkan Sarjana Antropologi yang memiliki keahlian dan keterampilan tambahan seperti menggunakan metode-metode etnografi kontemporer (rapid rural appraisal, participatory rural appraisal, focus group discussion), mapping, dan keahlian-keahlian analitik lain yang relevan dengan kebutuhan pasar global.Menyelenggarakan pendidikan non-gelar atau pelatihan Antropologi Terapan bagi para administrator, pekerja sosial, dan aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat.

Bidang Penelitian :
Melakukan penelitian mengenai sistem-sistem pengelolaan sumber daya berbasis kpmuniti fcommunity-based resources manogementj, seperti: pengelolaan sumberdaya di lingkungan akuatik (kawasan pantai, danau dan sungai), kawasan hutan dan agroforestry, pertanian. dan ekoturisme.
Melakukan penelitian mengenai isu-isu aktual yang berkaitan dengan pengembangan masyarakat (community development), dan implikasi kebijakan pembangunan terhadap kehidupan komuniti lokal.
Melakukan penelitian mengenai budaya korporasi (corporate culture), seperti: budaya birokrasi, budaya bisnis dan studi kebijakan.
Melakukan penelitian bidang Antropologi Kesehatan, seperti kesehatan reproduksi, etnofarmakopea/herbal medicine, gangguan mental dan kesehatan jiwa, serta kesehatan komunitas.
Bidang Pengabdian pada Masyarakat :
Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan pengabdian pada masyarakat dalam rangka:
Mempertinggi intensitas integrasi komunitas-komunitas lokal dalam menghadapi situasi global.
Mengembangkan institusi-mstitusi komunitas agar kondusif terhadap situasi global.
Mempertebai rasa percaya diri warga komunitas untuk memajukan dirinya dalam situasi global.
Mempertinggi kemampuan warga komunitas untuk beradaptasi pada perubahan sosio-budaya yang cepat di dalam situasi global.
Dengan mengembangkan ketiga pokok pengembangan akademik tersebut di atas, Jurusan Antropologi FISIP-USU diproyeksikan akan menghasilkan sarjana S-l Antropologi dengan kualifikasi:
Menguasai persoalan-persoalan sosio-budaya yang melekat secara inherent pada lembaga-lembaga, seperti: lembaga bisnis, politik, birakrasi, keluarga dan bidang lain.
Menguasai implikasi isu-isu dan gerakan-gerakan internasional, seperti hak azasi manusia, demokratisasi, dan lingkungan hidup terhadap komunitas-komunitas lokal yang rentan.
Memiliki kemampuan untuk mernberikan penjelasan secara teoritis, melakukan pengka]ian {penelitian) dengan teknik dan metode etnografi kontemporer, serta kemampuan mempresentasikan solusi persoalan-persoalan sosio-budaya tersebut di atas melalui forum-forum ilmiah, jurnal dan jaringan komunikasi yang ada di tingkat nasional dan internasional.
Memiliki kemampuan praktis sebagai peneliti, perencana, konsultan dan tenaga pengembang masyarakat.

Visi

Mendorong peran Jurusan sebagai pusat kecemerlangan (center of excetence) bagi pengembangan peradaban manusia Indonesia yang menghargai kemajemukan kelompok-kelompok masyarakat dan pengakuan terhadap keunggulan sumberdaya dan nilai-nilai masyarakat (traditional wisdom).

Misi

Mengembangkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat untuk menghasilkan Sarjana Antropologi yang menguasai ilmu pengetahuan dan siap menjadi tenaga profesional di era global dan pasar bebas.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

Internal, Fakultas, Universitas, eksternal

FASILITAS