ABFI Institute Perbanas

INFORMASI UNIVERSITAS

Nama Universitas : ABFI Institute Perbanas
Akronim : Perbanas
Tahun Berdiri : 1969

SHARE YOUR UNIVERSITY


LOKASI

Negara Indonesia
Propinsi DKI Jakarta
Kota Jakarta Selatan
Alamat Universitas Jl. Perbanas, Karet Kuningan, Setiabudi
Jakarta
Kode Pos 12940
Telp 525 2533
Telp2 522 2501-4
Fax 522 8460,522 3064
Email contact@perbanasinstitute.ac.id
Website http://www.perbanasinstitute.ac.id/

OUR ADVERTISING


AKREDITASI

PENGAJAR

Prosentase pendidikan pengajar

Bachelor 11orang %
Master 86 orang %
Doctorate 17 orang %
Jumlah Pengajar 114 orang

PENGETAHUAN

Deskripsi Sejarah ABFI Institute Perbanas Jakarta dimulai ketika pada tanggal 19 Februari 1969 Yayasan Pendidikan Perbanas didirikan secara resmi sebagai badan hukum. Kemudian, YPP mendirikan Akademi Ilmu Perbankan dengan didasarkan pada kebutuhan atas tenaga operasional perbankan yang cukup tinggi kala itu. 

Dalam perkembangannya, melalui pancaroba dan dinamika pasang surut perubahan lingkungan industri dan pendidikan yang dihadapi, AIP (Akademi Ilmu Perbankan) Perbanas kemudian berganti nama menjadi AAP (Akademi Akuntansi dan Perbankan). Hal ini dilakukan mengingat perkembangan kebutuhan atas staf akuntan dan perbankan yang semakin meningkat pada masa-masa tersebut.

Pada saat itu, jenjang pendidikan yang ditawarkan adalah diploma tiga (DIII) bidang studi akuntansi dan manajemen yang sejalan dengan perkembangan kebutuhan staf operasional yang ada.

The Booming Period

Dengan diintrodusirnya berbagai paket kebijakan ekonomi pemerintah yang dimulai dengan paket kebijakan Oktober 1988 (pakto 88), maka dimulailah era baru pertumbuhan industri perbankan yang begitu pesat pada masa itu. Indonesia kala itu menjadi salah satu negara di Asia Pasific yang dijuluki sebagai the Asian Tiger dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang sangat fantastis. Industri perbankan tanpa terkecuali mencatat tingkat pertumbuhan volume dan kuantitas yang sangat luar biasa.

Melihat perkembangan tersebut, AAP (Akademi Akuntansi Perbankan) kemudian dikembangkan menjadi STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas) Jakarta. Perubahan menjadi STIE Perbanas dilakukan untuk merespons kebutuhan tenaga professional pada level managerial dalam bidang perbankan, akuntansi dan manajemen yang semakin tinggi pada periode 90-an.

Dalam perkembangannya kemudian, STIE Perbanas Jakarta mulai mengembangkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi dengan membuka program studi baru S1 Akuntansi dan S1 Manajemen Keuangan dan Perbankan. Selain itu untuk menjawab kebutuhan atas tenaga professional dalam bidang perbankan, manajemen dan keuangan yang lebih tinggi, STIE Perbanas membuka program pendidikan pascasarjana (S2) melalui pembukaan program studi MM (magister manajemen).

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang juga mengalami kemajuan yang pesat pada periode 90-an, mendorong Yayasan Pendidikan Perbanas untuk mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika dan Komputer (STIMIK) Perbanas.

STIE & STIMIK Bergabung

Dengan kesadaran penuh atas berbagai pelajaran berharga yang timbul pada masa krisis serta diiringi dengan komitmen untuk:
  1. Mendorong industri keuangan dan perbankan Indonesia yang kuat, efisien, solid dan inovatif,
  2. Mengembangkan industri perbankan Indonesia yang dapat berkiprah dalam tataran industri keuangan dan perbankan global

Maka Yayasan Pendidikan Perbanas berketetapan hati untuk melakukan penggabungan STIE dan STIMIK Perbanas Jakarta untuk kemudian membentuk ABFI Institute Perbanas yang disahkan melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 209/D/O/2007 tentang penggabungan STIE dan STIMIK Perbanas menjadi Institut Keuangan Perbankan dan Informatika Asia tertanggal 23 Oktober 2007.

Dalam usianya yang relatif sangat muda berbagai program-program baru telah dikembangkan oleh ABFI Insitute Perbanas, antara lain:

  1. Program MM in Banking
  2. Program MM in Risk Management
  3. Program MM Pengawasan Keuangan Sektor Publik
  4. International Class Program
  5. Program sertifikasi bertaraf internasional seperti: FRM (Financial Risk Manager), CFP (Certified Financial Planner)

ABFI Institute Perbanas merupakan wujud nyata dari komitmen atas inovasi dan upaya yang berkelanjutan atas pengembangan modal intelektual dalam bidang perbankan, keuangan, informatika dan bisnis yang tak berkesudahan.

Visi Menjadi perguruan tinggi terdepan dan diakui secara global.
Misi Memfasilitasi pengembangan modal intelektual di bidang keuangan, perbankan informatika dan bisnis secara inovatif, progresif, bertanggungjawab dan berkelanjutan. - Mengembangkan jasa pendidikan tinggi berstandar global melalui program-program pembelajaran, penelitian dan konsultasi yang berkualitas tinggi.

KETERANGAN

Bahasa Pengantar Indonesia
Jumlah Mahasiswa 6109
Fasilitas Kampus
Academic Facilities


ABFI Institute Perbanas Jakarta pada saat ini memiliki bangunan seluas 22.820 m2 terdiri dari 6 unit gedung, yaitu Gedung Unit I berlantai 3, Gedung Unit II berlantai 5, Gedung Unit III berlantai 7, Gedung Unit IV berlantai 3, Gedung Unit V berlantai 8, dan Gedung Unit VI berlantai 9. Untuk mendukung proses belajar mengajar dilengkapi fasilitas-fasilitas:

Ruang Kuliah

ABFI Institute Perbanas  mempunyai 52 ruang kuliah dengan kapasitas 50 tempat duduk dan 2 ruang kuliah Pasca Sarjana. Untuk kenyamanan dan kelancaran proses belajar mengajar seluruh ruang kelas diberikan pendingin ruangan (air conditioner) dan perlengkapan standar seperti: white board, projector dan lain-lain

Ruang Laboratorium

ABFI Perbanas memiliki 10 ruang laboratorium mandiri yaitu:

  • Dua ruang Laboratorium Bank Mini
  • Dua ruang Laboratorium Bahasa Inggris
  • Dua ruang Laboratorium Manajemen
  • Dua ruang Laboratorium Akuntansi
  • Satu ruang Laboratorium Pasca Sarjana
  • Satu ruang Klinik Statistik
  • Laboratorium Software
  • Laboratorium Hardware
  • Laboratorium Jaringan
  • Laboratorium Praktikum
  • Laboratorium Untuk Pembuatan Tugas Kuliah
  • Laboratorium Router Cisco/Akademi Cisco
Laboratorium Bank Mini

Laboratorium Bank Mini berlokasi di Unit III lantai 6 dengan kapasitas masing-masing 15 peserta yang dilengkapi 30 personal computer peraga dengan program modul perbankan modern dengan jaringan on-line-system.

Laboratorium Komputer Akuntansi dan Laboratorium Komputer Manajemen

Fasilitas Laboratorium Akuntansi dan Manajemen yang terkomputerisasi dilengkapi dengan program-program aplikasi komputer akuntansi, EDP-Audit, Software Statistik, Software Manajemen Keuangan dan lain-lain. Pada setiap laboratorium terdapat 25 unit PC, yang dilengkapi alat peraga (LCD Projector, Panaboard & Printer) berlokasi di Unit III lantai 2.

Laboratorium Bahasa Inggris

Laboratorium Bahasa Inggris berlokasi di unit III lantai 4 yang diperuntukkan untuk Mahasiswa yang ingin mengembangkan dan melatih penguasaan Bahasa Inggris dibawah bimbingan dosen yang berpengalaman. Laboratorium Bahasa Inggris dilengkapi dengan student booth, master control, master tape recorder, buku-buku literatur dan perlengkapan multimedia lainnya seperti: overhead projector, sound system, white board.

Perpustakaan

Perpustakaan ABFI Institute Perbanas berlokasi Unit VI lantai 3 dan 4 dengan luas masing-masing 2.146 m2. Ruang perpustakaan lantai 3 berfungsi sebagai ruang penyimpanan buku-buku literatur maupun buku-buku pengatahuan lainnya yang meliputi 10.059 judul dan berjumlah 28.208 eksemplar. Selain itu perpustakaan juga menyediakan majalah, media masa, serta jurnal-jurnal yang berkaitan dengan masalah ekonomi dan bisnis. Ruang pada lantai 4 berfungsi sebagai ruang baca dan ruang referensi yang dapat digunakan oleh mahasiswa, dosen, dan karyawan.

Auditorium

Auditorium berlokasi di Unit III lantai Dasar dengan kapasitas 750 tempat duduk yang dilengkapi dengan peralatan multimedia dan berfungsi sebagai aula serbaguna yang digunakan baik untuk kegiatan dosen, mahasiswa, karyawan maupun lainnya

Ruang Seminar dan Ruang Rapat

Untuk pelaksanaan seminar dan rapat-rapat lainnya, di Unit V Lantai 6 terdapat ruang seminar dengan kapasitas 250 tempat duduk yang dilengkapi dengan alat peraga (Overhead Projector, LCD, Sound System, dan White Board ).

Unit Pelayanan
Subbag Registrasi

Terletak di Lobby Unit VI (Ruang MANTAP) memberikan layanan kepada mahasiswa antara lain:

» Penerimaan Mahasiswa Baru
» Pengambilan Kartu Mata Kuliah
» Her-registrasi Mahasiswa
» Pengambilan Kartu Studi Tetap (KST)
» Pengajuan Cuti Akademik
» Pengajuan Aktif Kembali
» Pengajuan Readmisi
» Pembuatan Kartu Mahasiswa (KTM)
» Filling Data Mahasiswa
» Pembuatan Surat Pengunduran Diri sebagai mahasiswa ABFI Institute Perbanas
 
Subbag Akademik
Terletak di Lobby Unit VI (Ruang MANTAP) dengan jaringan komputer on-line UPT Pengolahan Data. Layanan yang diberikan antara lain: 
» Pencetakan dan Pembagian KHS
» Pelaksanaan Ujian Tugas Akhir
» Pembuatan Transkrip Akademik, Ijazah, Sertifikat Laboratorium dan Legalisir
 
Subbag Keuangan
Terletak di Lobby Unit VI (Ruang MANTAP). Memberikan layanan kepada mahasiswa dalam pencetakan dan pembagian slip-slip pembayaran dan hal-hal lain yang berkaitan dengan administrasi keuangan.
Jumlah Buku Perpustakaan 10.059
Kepemilikian Kampus Yayasan

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

Diploma Rp 4.500.000/semester + (Rp 5.000.000-Rp 7.000.000 SPP)
Sardjana Rp 6.000.000/semester + (Rp 12.000.000-Rp 17.500.000 SPP)
Magister Rp 32.000.000-Rp 60.000.000

BEASISWA

Beasiswa Yes
Siswa Berprestasi Yes

Fakultas dan Program Studi

Fakultas Ekonomi Akreditasi :
Nama Jurusan Akuntansi Akreditasi :
Nama Jurusan Manajemen Akreditasi :
Nama Jurusan Akuntansi Akreditasi :
Nama Jurusan Komputerisasi Akuntansi Akreditasi :
Nama Jurusan Manajemen Akreditasi :
Akademi :     Diploma : 3     Sarjana : 2     Magister :     Doktorat :
Fakultas Teknologi Informasi Akreditasi :
Nama Jurusan Teknik Informatika Akreditasi :
Nama Jurusan Sistem Komputer Akreditasi :
Nama Jurusan Sistem Informasi Akreditasi :
Akademi :     Diploma :     Sarjana : 3     Magister :     Doktorat :
Fakultas Teknologi Industri Akreditasi :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Keterangan

Diberikan kepada Calon Mahasiswa dengan kriteria:

  1. Prestasi akademik 5 besar di sekolahnya
  2. Prestasi di bidang ilmu pengetahuan/sains minimal tingkat nasional
  3. Prestasi bidang Olahraga, minimal tingkat nasional
  4. Prestasi bidang Seni dan Budaya, minimal tingkat nasional

CONTACT DETAIL

Marketing Contact Details

Nama Marketing
Telp 525 2533
Email contact@perbanasinstitute.ac.id
Alamat Jl. Perbanas, Karet Kuningan, Setiabudi
Jakarta

Register Contact Details

Nama Register
Telp 522 2501-4
Email contact@perbanasinstitute.ac.id
Alamat Jl. Perbanas, Karet Kuningan, Setiabudi
Jakarta

TAMBAH KOMENTAR

Khusus untuk member. Login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Daftar Komentar

apa ya akreditasi ABFII Perbanas tahun 2010 ini???mohon jawabanya. - (Ryan)