Institut Kesenian Jakarta

INFORMASI UNIVERSITAS

Nama Universitas : Institut Kesenian Jakarta
Akronim : IKJ
Tahun Berdiri : 1985

SHARE YOUR UNIVERSITY


LOKASI

Negara Indonesia
Propinsi DKI Jakarta
Kota Jakarta Pusat
Alamat Universitas Jalan Cikini Raya 73
Komplek Taman Ismail Marzuki
Jakarta 10330
Telp : 021-3924018
Faks : 021-31924807
Kode Pos 10330
Telp 3924018
Fax 31924807
Email humasikj@cbn.net.id
Website http://www.ikj.ac.id

OUR ADVERTISING


AKREDITASI

PENGAJAR

Prosentase pendidikan pengajar

PENGETAHUAN

Deskripsi

Jakarta sebagai sebuah kota telah memiliki sejarah kesenian yang panjang. Berbagai peristiwa budaya telah mewarnai kehidupan Jakarta sebelum dan sewaktu kolonialisme berlangsung di Indonesia. Menjelang kemerdekaan, di Jakarta terjadi gerakan-gerakan yang mencerminkan kesadaran nasional sebagai reaksi atas keterbelakangan dalam bidang pendidikan dan kebudayaan akibat penjajahan.

Jakarta selalu akrab dengan kesenian dan seniman. Para seniman Jakarta telah tampil sebagai perintis budaya nasional selama masa perjuangan kemerdekaan. Mereka selalu berperan dalam berbagai gejolak politik yang terjadi di tanah air, dan kemudian mereka tetap menjadi pelopor di bidang kesenian pada masa pembangunan. Jakarta, bersama Bandung dan Jogyakarta merupakan kota budaya, dimana gagasan-gagasan seni dilahirkan dan dikembangkan, dan arah perkembangan kesenian Indonesia ditentukan.

Sebelum Sunda Kelapa menjadi Bandar kerajaan Hindu Pajajaran di awal abad 16, daerah Jakarta telah menjadi tuan rumah tempat berlabuh berbagai pengaruh budaya, baik dari luar Nusantara, maupun dari berbagai daerah di tanah air, Warna seni Hindu, Budha, Islam, Belanda, Inggeris dan Portugis telah berbaur dalam berbagai bentuk seni di Jakarta. Kini, Jakarta telah menjadi kota budaya yang selalu terbuka dan cepat tanggap akan perkembangan dan kreasi kesenian terbaru dari luar.

Jakarta juga punya tradisi panjang menjadi tuan rumah bagi berbagai bentuk seni daerah yang dibawa oleh para pendatang, sehingga akulturasi budaya menjadi ralitas hidup yang dinamis. Gairah mencipta selalu ada di Jakarta, dan tidak pernah berhenti. Jakarta adalah pintu gerbang dan kancah, tempat bertemunya seni daerah dan dunia serta tempat lahirnya seni nasional Indonesia.

Menyimak rangkaian peristiwa budaya yang telah terjadi dan tengah berlangsung, adalah merupakan suatu ironi bahwa sampai tahun 1967 kota Jakarta belum mempunyai lembaga yang berwibawa, yang bisa menjadi wadah tempat berbagai wujud kesenian diciptakan, dikembangkan, dikaji dan dipentaskan. Kesenian adalah kebutuhan spiritual dan santapan jiwa, yang sangat dibutuhkan oleh Jakarta yang senantiasa sibuk dengan berbagai persoalan sosial, politik dan ekonomi.

Diresmikannya Pusat Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki pada tanggal, 10 November 1968 merupakan peristiwa bersejarah yang sangat membesarkan hati para seniman dan budayawan Jakarta. Kemudian dengan dibukanya kampus baru Lembagai Kesenian Jakarta oleh Presiden Suharto pada tanggal, 25 Juni 1976 di kompleks yang sama, kelengkapan Jakarta sebagai kota perintis dan pelopor seni dan budaya telah terpenuhi. Di kampus ini para pemuda akan ditempa dan dididik untuk menyongsong masa depan mereka, dan untuk menentukan masa depan kesenian di Indonesia.

Visi IKJ adalah Perguruan Tinggi Kesenian yang terkemuka dan berkualitas yang berwawasan sejarah dan berakar pada budaya di Indonesia, aktif mengembangkan prinsip keterbukaan, kebebasan berpikir dan berkarya, tanggap pada dinamika sosial budaya guna menunjang tinggi nilai-nilai kemanusiaan.
Misi 1. Menyiapkan peserta didik untuk memiliki kemampuan akademik dan keterampilan profesional di bidang seni sebagai pelaku, pencipta, pemikir dan atau pengkaji, pengelola yang peka terhadap lingkungan dan perubahan budaya global.

2.      Mengembangkan dan menyebarluaskan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi bagi peningkatan taraf dan mutu kehidupan masyarakat serta memperkaya kebudayaan Indonesia.

3.      Menjadi pusat penelitian dan pengembangan seni, ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kepentingan dunia seni akademik serta masyarakat Indonesia.

KETERANGAN

Bahasa Pengantar Indonesia
Aktivitas Sosial Seperti halnya kampus-kampus di sekolah lain kehidupan di dalamnya selalu terisi oleh kegiatan akademis kampus sebagai aktifitas utama. Ciri khusus yang menjadi pembeda adalah ruang-ruang kampus selalu di isi oleh berbagai aktifitas kesenian yang menjadi nafas utamanya.

Selain kegiatan rutin kurikuler, aktifitas di IKJ juga di isi oleh kegiatan kokurikuler dan ekstra kurikuler yang dikelola bersama oleh pengajar dan mahasiswa. Untuk informasi lebih detail anda dapat masuk ke halaman mahasiswa atau kegiatan mahasiswa di situs masing-masing fakultas .
Fasilitas Kampus Perpustakaan
Tidak lengkap rasanya jika sebuah institusi pendidikan tidak memiliki ruang perpustakaan untuk menunjang kegiatan riset akademis untuk itu di dalam IKJ terdapat perpustakaan di ketiga fakultas yang ada dan perpustakaan utama yang berada di bawah pengelolaan rektorat. Seluruh perpustakaan telah dihubungkan dengan sistem data base online yang dapat di akses dari masing-masing perpustakaan untuk mencek silang judul atau topik buku dan artikel tertentu.

LAB / WORKSHOP / STUDIO
Sebagai bagian utama dari kegiatan perkuliahan praktek kesenian mahasiswa dilakukan di berbagai lab, workshop, maupun studio yang ada di seluruh fakultas untuk itu di IKJ terdapat berbagai lab, workshop dan studio

PUSAT MULTIMEDIA
Perkembangan teknologi yang menunjang kegiatan perkuliahan dan berkesenian juga terus di update oleh IKJ antara lain dengan mengadopsi teknologi multimedia

INTERNET

Melalui kerjasama dengan penyedia jasa telekomunikasi seluruh gedung di IKJ telah dilengkapi dengan sarana internet berupa hotspot wireless maupun wired. Seluruh mahasiswa yang terdaftar dan aktif sebagai mahasiswa diberikan akses


KOPERASI DAN KANTIN

Guna melayani berbagai kebutuhan akademis dan kebutuhan dasar, IKJ menyediakan koperasi dan kantin di setiap fakultas yang pengelolaannya berada di bawah koperasi dosen dan karyawan di lingkungan IKJ.

Berbagai kebutuhan peralatan dan material yang dibutuhkan untuk kegiatan perkuliahan umumnya telah disediakan oleh koperasi sehingga mahasiswa tidak perlu selalu harus mencari berbagai material dan peralatan di tempat lain.

Kantin di lingkungan IKJ dikelola dengan sistem sewa bagi kalangan pedagang UKM bidang makanan dan minuman yang mampu memenuhi standar kesehatan dan kebersihan dan harga yang terjangkau bagi kalangan mahasiswa dan karyawan di lingkungan IKJ.

LAYANAN DOKUMEN

Sebuah lembaga pendidikan selalu berurusan dengan berbagai dokumen dan data dalam bentuk hard copy maupun soft copy. Untuk memudahkan kegiatan yang membutuhkan penggandaan, pencetakan maupun transfer data dan dokumen di lingkungan IKJ disediakan layanan dokumen standar seperti foto copy, penjilidan, hingga ke scanning dan pencetakan.

RUANG PAMER DAN GEDUNG PERTUNJUKAN

Guna menunjang berbagai kegiatan akademis khas kesenian berupa pameran dan pertunjukkan, keberadaan ruang pamer dan gedung pertunjukkan mutlak di butuhkan. Selain ruang dan gedung pertunjukkan yang berada di kompleks TIM

KURSUS

Sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat selain menyelenggarakan pendidikan formal di bidang kesenian IKJ juga menggelar berbagai pendidikan non-formal dengan durasi terbatas yang terbuka untuk umum....

SECURITY DAN PARKIR

Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan kegiatan akademis, IKJ memiliki sistem keamanan yang terdiri dari penjagaan dan patroli keamanan 24 jam di seluruh lingkungan IKJ. Tugas pengamanan tersebut meliputi pengamanan fasilitas-fasilitas kampus dan kendaraan yang di parkir di lapangan parkir yang tersebar di setiap fakultas dengan sistem keluar-masuk hanya melalui satu pintu.

Kepemilikian Kampus Yayasan

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

BEASISWA

Beasiswa Yes
Siswa Berprestasi No

Fakultas dan Program Studi

Fakultas FFTV Akreditasi :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Seni Rupa dan Desain Akreditasi :
Nama Jurusan Seni Rupa Akreditasi :
Nama Jurusan Kriya Seni Akreditasi :
Nama Jurusan Design Interior Akreditasi :
Nama Jurusan Design Produk Akreditasi :
Nama Jurusan Desain Komunikasi Visual Akreditasi :
Nama Jurusan Seni Murni Akreditasi :
Nama Jurusan Kriya Seni Akreditasi :
Nama Jurusan Design Interior Akreditasi :
Nama Jurusan Design Produk Akreditasi :
Nama Jurusan Desain Komunikasi Visual Akreditasi :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

CONTACT DETAIL

Marketing Contact Details

Register Contact Details

TAMBAH KOMENTAR

Khusus untuk member. Login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Daftar Komentar

koq dananya gk di jlasin sxian? biar gampang berapa dana wat masuk IKJ brpa? gmbaran scr umum ajh.. thanz y.. - (darwis)