Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nahdlatul Ulama Jepara

INFORMASI UNIVERSITAS

Nama Universitas : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nahdlatul Ulama Jepara
Akronim : STIENU
Tahun Berdiri : 1989

SHARE YOUR UNIVERSITY


LOKASI

Negara Indonesia
Propinsi Jawa Tengah
Kota Jepara
Alamat Universitas Jalan Taman Siswa Tahunan
Jepara
Indonesia


Kode Pos 59425
Telp 0291-595320
Fax 0291-592630
Email stienu@stienujepara.ac.id
Website http://www.stienujepara.ac.id/

OUR ADVERTISING


AKREDITASI

PENGAJAR

Prosentase pendidikan pengajar

PENGETAHUAN

Deskripsi
Yayasan Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama' (YAPTINU) Jepara didirikan oleh Pimpinan Cabang LP Ma'arif NU Jepara pada tanggal 17 Maret 1989 dengan Akte Notaris Benyamin Kusuma, SH Nomor 50 tahun 1989. Pada awal pendiriannya bernama Yayasan Institut Islam Nahdlatul Ulama' Jepara, karena pada waktu itu yang dikelola oleh Yayasan baru Institut Islam Nahdlatul Ulama' (INISNU) Jepara.

Adanya tuntutan pengembangan pengelolaan pendidikan tinggi dan dengan dukungan dari masyarakat, yayasan mengembangkan pendidikan tinggi yang tidak hanya pada bidang keagamaan, melainkan juga dalam bidang ekonomi dan teknik.  Oleh karena itu YAPTINU Jepara mendirikan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nahdlatul Ulama' (STIENU) Jepara dan Akademi Teknologi Industri Kayu (ATIKA). ATIKA Jepara kemudian namanya berubah menjadi Sekolah Tinggi Teknologi dan Desain Nahdlatul Ulama' (STTDNU) Jepara. Dengan adanya penambahan lingkup pengelolaan bidang pendidikan, Yayasan Institut Islam Nahdlatul Ulama' Jepara kemudian diubah menjadi Yayasan Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama' (YAPTINU) Jepara dengan Akte Notaris Benyamin Kusuma, SH Nomor: 5 tanggal 6 Nopember 1996.

YAPTINU Jepara adalah yayasan dibawah organisasi kemasyarakatan Nahdlatul Ulama' Jepara (LP Ma'arif NU Jepara) yang bergerak dibidang pendidikan tinggi sebagai upaya untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. YAPTINU Jepara telah berhasil membangun tiga lembaga pendidikan tinggi yang kini berlokasi di Jalan Taman Siswa (Pekeng) Tahunan Jepara dengan menempati lahan seluas 13.835 m2. Lembaga pendidikan tinggi tersebut yaitu I

   1. Institut Islam Nahdlatul Ulama' (INISNU) Jepara, berdiri pada tanggal 17 Maret 1989, terdiri dari fakultas Tarbiyah, Syari'ah dan Da'wah.
   2. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nahdlatul Ulama' (STIENU) Jepara berdiri pada tanggal 8 Oktober 1997 dengan Program Studi Akuntansi (strata satu) dan Manajemen (strata satu).
   3. Sekolah Tinggi Teknologi dan Desain Nahdlatul Ulama' (STTDNU) Jepara sebagai perubahan bentuk dari Akademi Teknologi Industri Kayu (ATIKA), yang merupakan hibah dari Yayasan Pendidikan Kota Ukir Jepara, terhitung mulai tahun Akademik 1998/1999, dengan Program Studi: Desain Produk, Teknik Industri, Desain Kayu, Manajemen Kayu dan Mesin Kayu.

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nahdlatul Ulama' (STIENU) Jepara berdiri atas kerja keras Pengurus Yayasan Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama' (YAPTINU) Jepara, juga berkat doa restu Ulama' dan Umara' serta dorongan dan partisipasi masyarakat Jepara. STIENU Jepara berdiri pada tanggal 8 Oktober 1997, yaitu dengan ijin operasional dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) dengan SK No. 68/D/0/1997 dengan dua Program Studi: Manajemen (S1) dan Akuntansi (S1).

Pada awal berdiri, STIENU Jepara baru memiliki mahasiswa sebanyak 90 orang, dengan menempati gedung pinjaman dari INISNU Jepara pada semester satu dan gedung pinjaman dari SMA Islam Jepara pada semester kedua. Karena pada waktu itu, gedung yang akan ditempati oleh STIENU Jepara baru pada tahap pembangunan. Kemudian pada semester ketiga sudah menempati gedung milik sendiri, yang berlokasi di Desa Tahunan, Jl. Taman Siswa (Pekeng) Tahunan Jepara (satu kompleks dengan kampus INISNU Jepara dan STTDNU Jepara).

Pada awal pembangunan, gedung kampus STIENU Jepara hanya satu lantai dan terdiri dari enam ruang yang disekat-sekat untuk menjalankan aktivitas operasional perkuliahan dan administrasi. Proses pembangunan gedung dan fasilitas pendukung dilakukan tahap demi tahap dengan kerja keras dari pengelola STIENU Jepara dan bantuan dari pemerintah maupun masyarakat.

Dua tahun terakhir, sejak tahun 2006 dan 2007 proses pembangunan gedung, sarana dan prasarana perkuliahan dan fasilitas pendukung di STIENU Jepara mengalami percepatan yang luar biasa. Hal ini dapat dilakukan khususnya karena adanya dukungan dari Pemerintah Kabupaten Jepara dan bantuan dari pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti).

Kini pada tahun 2008 STIENU Jepara telah memiliki fasilitas yang memadai dalam mendukung dan meningkatkan mutu proses belajar mengajar untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif. Sejak tahun akademik 2007/2008 STIENU Jepara telah memiliki gedung yang representatif berlantai tiga dengan fasilitas lengkap, yaitu semua ruang kuliah sudah dilengkapi AC, LCD projector beserta screen, fasilitas internet hot spot (wifi), sound system built-in, laboratorium komputer dan internet, laboratorium akuntansi dan ruang seminar yang  memadai.

Selain fasilitas untuk mahasiswa seperti yang disebutkan diatas, fasilitas lainnya yang dimiliki adalah fasilitas olah raga memadai (lapangan bola voli, lapangan basket, lapangan futsal dan tenis meja),  ruang untuk unit kegiatan mahasiswa yang mencukupi dalam mendukung aktivitas kemahasiswaan.

STIENU Jepara juga memiliki fasilitas warung internet (warnet) yang dapat dimanfaatkan untuk masyarakat umum dengan tarif yang terjangkau. Pada tahun 2008 beberapa fasilitas yang sedang dalam tahap pengembangan dan pembangunan adalah laboratorium mini bank, laboratorium wirausaha, pengembangan sistem informasi manajemen terpadu, anjungan sistem informasi akademik untuk mahasiswa dan sistem pembelajaran berbasis internet (e-learning).

Pada tahun 2006 Program Studi Manajemen mengajukan akreditasi kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan memperoleh status Terakreditasi dengan Nomor SK BAN-PT: 017/BAN-PT/AK-X/S1/VIII/2007, tanggal 11 Agustus 2007. Setahun kemudian yaitu pada tahun 2007 Program Studi Akuntansi mengajukan akreditasi kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dan memperoleh status Terakreditasi dengan Nomor SK BAN-PT: 030/BAN-PT/AK-X/S1/XII/2007, tanggal 14 Desember 2007.
Visi
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi yang Kompetitif, dilandasi Nilai-Nilai Religius.



Misi
   1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang ilmu pengetahuan ekonomi dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menghasilkan sumber daya manusia kompetitif, berjiwa entrepreneur, beretika dan bermoral (akhlaqul karimah).
   2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama di bidang ekonomi melalui kegiatan penelitian yang bermutu sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat, pelaku usaha dan pemerintah.
   3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dengan memanfaatkan secara optimal sumber daya yang dimiliki untuk ikut menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi masyarakat, pelaku usaha dan pemerintah.
   4. Mengembangkan jejaring untuk dapat bersinergi dengan pihak perguruan tinggi lain, masyarakat, pelaku usaha, dan pemerintah dalam menyelenggarakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
   5. Mengelola lembaga dengan baik (good governance) dan melaksanakan prinsip-prinsip penjaminan mutu (quality assurance).

KETERANGAN

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

BEASISWA

Beasiswa Yes
Siswa Berprestasi No

Fakultas dan Program Studi

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

CONTACT DETAIL

Marketing Contact Details

Register Contact Details

TAMBAH KOMENTAR

Khusus untuk member. Login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Daftar Komentar