Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sunan Kudus

INFORMASI UNIVERSITAS

Nama Universitas : Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sunan Kudus
Akronim : STAIN KUDUS
Tahun Berdiri : 1963

SHARE YOUR UNIVERSITY


LOKASI

Negara Indonesia
Propinsi Jawa Tengah
Kota Kudus
Alamat Universitas Jl. Conge Ngembalrejo Kotak Pos 52 Kudus
Kode Pos 59322
Telp (0291) 432677
Telp2 (0291) 438818
Fax (0291) 441613
Email admin@stainkudus.ac.id
Website http://www.stainkudus.ac.id/

OUR ADVERTISING


AKREDITASI

PENGAJAR

Prosentase pendidikan pengajar

PENGETAHUAN

Deskripsi
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus berdiri sebagai perguruan tinggi sejak 1963 (sekarang berusia 47 tahun), dan sebagai Sekolah tinggi sejak 1997 (sekarang berusia 13 tahun), merupakan perguruan tinggi tertua di pantura timur bahkan di Jawa Tengah, dan kini menjadi perguruan tinggi negeri satu-satunya di pantura timur. Program studi dan jurusan yang dibuka : Pendidikan Agama Islam (PAI-Tarbiyah), Pendidikan Bahasa Arab (PBA-Tarbiyah), Ahwal Syahshiyah (AS-Syari'ah), Ekonomi Islam (EI-Syari'ah), Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI-Dakwah), dan Tafsir Hadits (TH-Ushuluddin)
 
Pada tahun 1963 Yayasan Kesejahteraan Daerah (YKD) Kudus mendirikan  Perguruan Tinggi Agama Islam yang kemudian menjadi Fakultas Tarbiyah yang secara operasional menginduk kepada IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kemudian pada tahun 1969 berdiri juga Fakultas Ushuluddin. Dalam perkembangannya, pada tanggal 6 April 1970 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 30 Tahun 1970 Fakultas Ushuluddin dinegerikan. Bersamaan dengan itu pula Fakultas Tarbiyah ditarik ke IAIN Walisongo Semarang dan Fakutas Ushuluddin tetap di Kudus sebagai Fakultas Daerah dari IAIN Walisongo Semarang.

1992 keluar Keputusan Menteri Agama Nomor 170 Tahun 1992 yang merelokasi Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo di Kudus ke Surakarta. Selanjutnya dengan pertimbangan kebijaksanaan Rektor IAIN Walisongo Semarang di Kudus diberi ijin membuka jurusan Perbandingan Agama yang merupakan salah satu jurusan dari Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo Semarang. Sambil tetap menjalankan fungsinya sebagai sebuah lembaga pendidikan Fakultas Ushuluddin Kudus (yang telah direlokasi), disiapkanlah pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam negeri Kudus.

21 Maret 1997 keluar keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 1997 tentang Pendirian Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus, maka berdirilah SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS.
Visi
Membangun dan memberdayakan ilmu-ilmu agama Islam dengan mengintegrasikan dan menginternalisasikan ketangguhan dan keanggunan karakter moral, kesalehan nurani/ spiritual dan ketajaman/nalar emosional untuk mewujudkan masyarakat madani.




Misi
Sekolah Tinggi mempunyai misi menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang islami dan berkualitas guna mewujudkan insan akademik yang cakap dan saleh, berakhlak mulia, dengan menumbuhkembangkan etos ilmu, etos kerja dan etos pengabdian yang tinggi, serta berpartisipasi aktif dalam memberdayakan segenap potensi masyarakat.

KETERANGAN

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

BEASISWA

Beasiswa Yes
Siswa Berprestasi Yes

Fakultas dan Program Studi

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

CONTACT DETAIL

Marketing Contact Details

Register Contact Details

TAMBAH KOMENTAR

Khusus untuk member. Login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Daftar Komentar