Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Bandung

INFORMASI UNIVERSITAS

Nama Universitas : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Bandung
Akronim : STIEMB

SHARE YOUR UNIVERSITY


LOKASI

Negara Indonesia
Propinsi Jawa Barat
Alamat Universitas Jalan Karapitan No. 143 Bandung - Jawa Barat - Indonesia
Kode Pos 40262
Telp (022) 7305155
Website http://stiembandung.webs.com/

OUR ADVERTISING


AKREDITASI

PENGAJAR

Prosentase pendidikan pengajar

PENGETAHUAN

Deskripsi
STIE Muhammadiyah Bandung adalah amal usaha Persyarikatan Muhammadiyah dibawah pembinaan Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (DIKTILITBANG) Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Pendirian STIE Muhammadiyah Bandung berawal dari program pengembangan amal usaha milik Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lengkong yaitu Balai Pendidikan Dan Keterampilan Muhammadiyah (BPKM) yang berdiri sejak tahun 1984 kemudian pada tahun 1992 berkembang menjadi lembaga pendidikan Setara Diploma I  dengan nama Pusat Ilmu Komputer Akuntansi Dan Manajemen Muhammadiyah (PIKAMM). Selanjutnya timbul pemikiran setelah PIKAMM berhasil meluluskan serta  mewisuda peserta didiknya sampai angkatan ke VIII, yaitu mengembangkan PIKAMM menjadi perguruan tinggi, karena pada kenyataannya sistem pendidikan yang selama ini dilaksanakan menggunakan model pendidikan tinggi, misalnya dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) menggunakan system kredit semester (SKS) evaluasi KBM dilaksanakan melalui ujian tengah semester (UTS), ujian akhir semester (UAS) dan ujian sidang terhadap laporan pelaksanaan PKL diperusahaan atau instansi lainnya, serta melantik lulusannya dalam sebuah acara wisuda. Rencana pengembangan PIKAMM menjadi sekolah tinggi kemudian ditindak lanjuti dengan mengundang seorang staf kopertis wilayah IV Jabar ke kampus PIKAMM untuk melihat dan menilai layak tidaknya bila dikembangkan menjadi perguruan tinggi. Setelah dinilai layak menajdi perguruan tinggi, pada tahun 1998 dalam Rapat Kerja Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lengkong, disetujui dan diresmikan menjadi salah satu prioritas program Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lengkong. Selain merupakan program pengembangan pendidikan, pendirian perguruan tinggi bertujuan untuk mewujudkan harapan serta keinginan warga Muhammadiyah yang telah sejak lama menantikan kehadiran sebuah UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH di Kota Bandung,yang diharapkan menjadi media dan sarana dakwah melalui bidang Pendidikan Tinggi dalam upaya mempersiapkan kader-kader yang selain mampu memahami dan melaksanakan IMTAQ, juga mampu menguasai IPTEK.

Untuk mewujudkan rencana pendirian tersebut, Direktur Pusat Ilmu Komputer Akuntansi Dan Manajemen Muhammadiyah (PIKAMM) Drs. Asep Syamsul Arifin berdasarkan tugas dari PC. Muhammadiyah Lengkong Kota Bandung yang pada saat itu dipimpin oleh Drs. H. Saeful Azis, mulai melaksanakan pekerjaan pertamanya yaitu mencari bahan dan informasi mengenai prosedur dan persyaratan pendirian perguruan tinggi, melalui kegiatan silaturrahmi dengan orang-orang yang dinilai punya pengalaman mendirikan perguruan tinggi.

Dari beberapa orang yang pernah dihubungi, Dr. Ayi Kuntadi, MS. dinilai lebih memahami dan berpengalaman dalam hal mendirikan perguruan tinggi oleh karena itu Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lengkong menyetujui beliau untuk ditetapkan sebagai konsultan merangkap anggota tim pendiri STIE Muhammadiyah Bandung.
Visi
Menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi yang Unggul dalam Bidang Pendidikan Dan Pengembangan Ilmu Manajemen dan Akuntansi Yang Berbasis Syariah.


Misi
    * Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi utama dalam bidang Manajemen Sumber Daya Manusia dan Pemasaran serta bidang Akuntansi Keuangan Daerah dan Auditing  yang berbasis syariah.
    * Menghasilkan penelitian yang dapat memperkaya khasanah keilmuan di bidang manajemen dan akuntansi yang berbasis syariah dalam rangka memecahkan masalah ekonomi rakyat serta menunjang pembangunan regional maupun nasional.
    * Melakukan pengabdian masyarakat dalam bentuk pembinaan, bimbingan dan konsultasi di bidang manajemen dan akuntansi dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan serta melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat yang berbasis syariah.

KETERANGAN

Fasilitas Kampus 1. Gedung Milik Sendiri, Mushola
2. Ruang Serba Guna/Aula
3. Laboratorium Komputer
4. Laboratorium Akuntansi dan Manajemen
5.  Perpustakaan
6. Laboratorium Bahasa
7. Alat Bantu KBM (LCD, DP3, OHP)
8. Peralatan Kesenian, Olah Raga dan Hot Spot Area
9. Tempat Magang/Praktek Kerja

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

BEASISWA

Beasiswa Yes
Siswa Berprestasi No

Fakultas dan Program Studi

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

CONTACT DETAIL

Marketing Contact Details

Register Contact Details

TAMBAH KOMENTAR

Khusus untuk member. Login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Daftar Komentar