Universitas Sebelas Maret

INFORMASI UNIVERSITAS

Nama Universitas : Universitas Sebelas Maret
Akronim : UNS
Tahun Berdiri : 1976

SHARE YOUR UNIVERSITY


LOKASI

Negara Indonesia
Propinsi Jawa Tengah
Kota Surakarta
Alamat Universitas Jalan Ir Sutami No 36-A
Kentingan
Surakarta
Kode Pos 57126
Telp (0271) 646994
Fax (0271) 646655
Website http://www.uns.ac.id

OUR ADVERTISING


AKREDITASI

PENGAJAR

Prosentase pendidikan pengajar

Jumlah Pengajar 1547

PENGETAHUAN

Deskripsi

Universitas Sebelas Maret berdiri sejak 11 Maret 1976, yang awalnya merupakan gabungan dari 5 perguruan tinggi yang ada di Surakarta. Penggabungan beberapa perguruan tinggi tersebut, mempunyai satu tujuan yang besar, yakni meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Surakarta.

Setelah 5 tahun melakukan konsolidasi, UNS mempersiapkan diri untuk memulai proses perkembangannya. Pembangunan secara fisik dimulai pada tahun 1980. Di bawah kepemimpinan dr. Prakosa, kampus yang semula terletak di beberapa tempat disatukan dalam suatu kawasan. Lokasi tersebut adalah di daerah Kentingan, di tepi Sungai Bengawan Solo, dengan cakupan area sekitar 60 hektar. Di daerah Kentingan inilah, pembangunan kampus tahap pertama berakhir pada tahun 1985.

Pembangunan fisik kampus yang tergolong cepat, juga diimbangi dengan perkembangan di sektor yang lain. Tahun 1986, Prof. Dr. Koento Wibisono selaku rektor berikutnya, melakukan peletakan dasar-dasar percepatan pertumbuhan, Pada masa ini, perubahan telah terjadi, seperti perkembangan yang cukup bagus dalam bidang akademik dan jumlah staf, juga dalam penguatan infrastruktur kampus.

Setelah Prof. Haris Mudjiman, Ph.D menjadi rektor berikutnya, percepatan UNS dimulai untuk melangkah ke arah yang lebih baik. Semangat dan komitmen yang tinggi untuk melakukan perubahan sangatlah dibutuhkan untuk membuat kemajuan di setiap sisi kehidupan UNS. Efek dari perubahan tersebut sangatlah mengesankan.
Sekarang ini, UNS Solo merupakan universitas muda dengan pertumbuhan yang luar biasa. Dengan berbagai potensi yang ada, misal seperti dokter bedah kulit dengan reputasi nasional (Fakultas Kedokteran), penemuan starbio dan padi tahan garam (Fakultas Pertanian), dan beberapa kemajuan yang terjadi di setiap fakultas dan unit-unit kerja lainnya. UNS juga melakukan langkah maju dalam perkembangan teknologi informasi. Dengan ekspansi jaringan teknologi informasi yang lebih besar lagi, Pusat Komputer UNS Solo membuat torehan sejarah UNS dalam buku kemajuan dan perkembangan UNS. Torehan-torehan sejarah yang lebih mengesankan lainnya akan terjadi seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan universitas ini.

Visi

Universitas Sebelas Maret menjadi Pusat Pengembangan Ilmu, Teknologi, dan Seni yang Unggul di Tingkat Internasional dengan Berlandaskan pada Nilai-Nilai Luhur Budaya Nasional

Misi

- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menuntut pengembangan diri dosen dan mendorong kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap

Menyelenggarakan penelitian yang mengarah pada penemuan baru di bidang ilmu, teknologi, dan seni

- Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada upaya pemberdayaan masyarakat.

KETERANGAN

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Jumlah Mahasiswa 30835
Fasilitas Kampus

Fasilitas yang dapat dikategorikan fasilitas kemahasiswaan antara lain adalah sarana olahraga dan kesenian, Asrama Mahasiswa, serta Sekretariat UKM.
Dalam hal sarana olahraga dan kesenian, UNS memiliki Stadion Sepakbola dengan standar nasional dengan fasilitas penunjang seperti tribun, ruang ganti pemain, serta lintasan atletik yang memenuhi syarat untuk kegiatan pembinaan atlet maupun sarana pembelajaran bidang keolahragaan. Gelanggang Olah Raga Tertutup juga menjadi fasilitas olahraga yang dapat dipergunakan civitas UNS, untuk beragam kegiatan olah raga indoor, seperti, bola voli, bulu tangkis, bola basket, serta futsal. Selain itu UNS memiliki Student Center yang dapat difungsikan sebagai tepat kegiatan akademik seperti seminar, workshop, ataupun pertemuan dengan skala peserta yang besar maupun melaksanakan kegiatan keolahragaan seperti Tae Kwon Do, Jiu Jit Su, Karate, Pencak Silat, dll. UNS juga memiliki lapangan tenis di 2 tempat, yaitu di UNS Kentingan dan di Jurusan Pendidikan Olah Raga Kesehatan di Manahan. Selain ditingkat Universitas, sarana olahraga juga tersebar disetiap fakultas seperti lapangan basket, bola voli, serta bulutangkis. Untuk gedung pertemuan, secara khusus UNS memiliki Auditorium dengan fasilitas yang lebih dari memenuhi syarat untuk kegiatan baik akademik maupun kegiatan entertaintment seperti pentas seni ataupun konser musik. Perlengkapan Karawitan, perlengkapan musik modern, serta marching band juga enjadi sarana kegiatan mahasiswa dalam mengekspresikan diri dalam bidang kesenian dan kreatifitas.

Sebagai bentuk komitmen UNS dalam memberikan jaminan kebebasan berorganisasi dan berserikat kepada mahasiswa, UNS membangun gedung sebagai sekretariat Unit Kegiatan Mahasiswa baik untuk tingkat Universitas maupun di tiap-tiap fakultas. Selain itu untuk memberikan kemudahan bagi mahasiswa yang berasal dari luar daerah, UNS menyediakan Asrama Mahasiswa dengan fasilitas hunian yang lengkap dan nyaman bagi mahasiswa. Asrama Mahasiswa dapat dihuni oleh mahasiswa dengan biaya yang sangat murah untuk membantu meringankan beban mahasiswa dalam hal keuangan. Bus Kampus, merupakan fasilitas lainnya yang dapat dipergunakan dalam kegiatan kemahasiswaan, baik didalam maupun diluar kampus dengan perijinan yang telah ditetapkan oleh lembaga.

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

BEASISWA

Beasiswa Yes
Siswa Berprestasi Yes

Fakultas dan Program Studi

Fakultas Sastra dan Seni Rupa Akreditasi :
Nama Jurusan Sastra Indonesia Akreditasi :
Akademi :     Diploma : 4     Sarjana : 9     Magister : 2     Doktorat : 1
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Akreditasi :
Nama Jurusan Ilmu Administrasi Publik Akreditasi :
Nama Jurusan Tele-Edukasi Akreditasi :
Nama Jurusan Komunikasi Terapan Akreditasi :
Nama Jurusan Manajemen Administrasi Akreditasi :
Nama Jurusan Perpustakaan Akreditasi :
Akademi :     Diploma : 3     Sarjana : 3     Magister : 3     Doktorat :
Fakultas Hukum Akreditasi :
Nama Jurusan Ilmu Hukum Akreditasi :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Ekonomi Akreditasi :
Nama Jurusan Akuntansi Akreditasi :
Nama Jurusan Manajemen Akreditasi : A
Nama Jurusan Ekonomi Pembangunan Akreditasi :
Akademi :     Diploma : 6     Sarjana : 3     Magister : 3     Doktorat :
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Akreditasi :
Nama Jurusan Matematika Akreditasi :
Nama Jurusan Produksi Ternak Akreditasi : A
Nama Jurusan Kimia Akreditasi : A
Nama Jurusan Biologi Akreditasi :
Nama Jurusan Ilmu Komputer Akreditasi :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Kedokteran Akreditasi :
Nama Jurusan Pendidikan Dokter Akreditasi :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Pertanian Akreditasi :
Nama Jurusan Hasil Pertanian Akreditasi :
Nama Jurusan Agribisnis Akreditasi :
Nama Jurusan Agronomi Akreditasi :
Nama Jurusan Ilmu Tanah Akreditasi : A
Nama Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Akreditasi :
Nama Jurusan Peternakan Akreditasi :
Nama Jurusan Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian (PKP) Akreditasi :
Akademi :     Diploma : 2     Sarjana : 5     Magister : 2     Doktorat :
Fakultas Teknik Akreditasi :
Nama Jurusan Arsitektur Akreditasi :
Nama Jurusan Teknik Sipil Akreditasi :
Akademi :     Diploma : 3     Sarjana : 6     Magister :     Doktorat :

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

CONTACT DETAIL

Marketing Contact Details

Nama Register

Register Contact Details

Nama Register

TAMBAH KOMENTAR

Khusus untuk member. Login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Daftar Komentar