Universitas Komputer Indonesia

INFORMASI UNIVERSITAS

Nama Universitas : Universitas Komputer Indonesia
Akronim : UNIKOM
Tahun Berdiri : 2000

SHARE YOUR UNIVERSITY


LOKASI

Negara Indonesia
Propinsi Jawa Barat
Kota Bandung
Alamat Universitas Jl.Dipatiukur No.112.
Telp (022) 2504119
Fax (022) 2533754
Website http://indo.unikom.ac.id

OUR ADVERTISING


AKREDITASI

PENGAJAR

Prosentase pendidikan pengajar

PENGETAHUAN

Deskripsi
    Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) secara resmi berdiri pada hari Selasa, tanggal 8 Agustus 2000 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional nomor 126/D/0/2000.

Awalnya dimulai pada bulan Juli tahun 1994 ketika didirikan Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia Jerman, disingkat LPKIG, bertempat di jalan Dipati Ukur 102 Bandung . Dengan 1 ruang kelas berkapasitas 50 orang dan 1 laboratorium komputer dengan 25 unit komputer, Lembaga ini membuka program pendidikan 1 tahun dengan 5 program studi yaitu Ahli Komputer Aplikasi Bisnis, Ahli Komputer Keuangan & Perbankan, Ahli Komputer Akuntansi & Perpajakan, Ahli Komputer Manajemen & Pemasaran dan Sekretaris Eksekutif. Jumlah peserta pendidikan pada tahun pertama ini sebanyak 233 siswa.

Pada tahun kedua, 1995, dibuka jenjang pendidikan 3 tahun untuk memenuhi animo siswa tahun pertama yang ingin memperdalam ilmunya, disamping pemikiran jangka panjang pengembangan institusi. Pada tahun ini juga dibuka program studi baru, meliputi : Ahli Komputer Teknik Informatika, Ahli Komputer Manajemen Informatika dan Sekretaris Eksekutif. Ruang kelas ditambah menjadi 2 buah dan laboratorium komputer menjadi 2 buah dengan jumlah siswa sebanyak 457 orang.

Pada tahun ketiga, 1996, dilakukan penambahan gedung kuliah baru bertempat di jalan Dipati Ukur 116 (gedung FISIP sekarang), sekaligus pemindahan pusat administrasi dan perkantoran. Digedung baru ini dilakukan penambahan 1(satu) Lab. Komputer, 5(lima) Ruang Kuliah, Ruang Dosen dan Ruang Kemahasiswaan. Jumlah siswa dari tahun 1996 hingga tahun 1998 bertambah dari 632 orang menjadi 1184 orang.

Pada tahun kelima, 1998, dimulai pembangunan Kampus baru (Gedung Rektorat /Kampus-1 sekarang) berlantai 6(enam) di jalan Dipati Ukur 114. Pembangunan Kampus baru ini dapat diselesaikan pada bulan Agustus 1999, sehingga pada awal perkuliahan bulan September 1999 telah dapat digunakan.

Mencermati dinamika peserta didik dan pengembangan Institusi kedepan, pada tanggal 24 Desember 1998 dibentuklah Yayasan Science dan Teknologi dan dilanjutkan dengan pengajuan pendirian STIMIK IGI dan STIE IGI ke DIKTI.

Pada bulan Juli 1999 STIE IGI diresmikan dengan keluarnya SK Mendiknas no. 119/D/O/1999 dengan 5 program studi : Akuntansi S1, Manajemen S1, Manajemen Pemasaran D3, Keuangan Perbankan D3 serta Akuntansi D3.

Pada bulan Agustus 1999 STIMIK IGI diresmikan dengan keluarnya SK Mendiknas no. 143/D/O/1999 dengan 5 program studi : Teknik Informatika S1, Manajemen Informatika D3, Teknik Komputer D3, Komputerisasi Akuntansi D3 serta Teknik Informatika D3.

Agar Sistem Pendidikan lebih Efisien, Efektif, Produktif dengan Struktur Organisasi yang lebih baik, enam bulan kemudian dilakukan usulan ke DIKTI untuk melakukan Merger kedua Sekolah Tinggi diatas menjadi Universitas.

Pada hari Selasa, tgl. 8 Agustus 2000 keluarlah SK MENDIKNAS no. 126/D/O/2000 atas Universitas Komputer Indonesia yang disingkat dengan nama UNIKOM.Pada SK tersebut sekaligus diijinkan dibukanya 11 program studi baru : Teknik Komputer S1, Manajemen Informatika S1, Teknik Industri S1, Teknik Arsitektur S1, Perencanaan Wilayah dan Kota S1, Ilmu Hukum S1, Ilmu Komunikasi S1, Ilmu Pemerintahan S1, Desain Interior D3, Desain Komunikasi Visual S1 dan Desain Komunikasi Visual D3.

Sejak berdirinya pada tahun 2000, setiap tahunnya UNIKOM menerima ± 2.000 mahasiswa baru. Terakhir pada tahun 2009 yang lalu diterima sebanyak 3.108 mahasiswa baru. Hingga tahun akademik 2009/2010 terdapat 6 Fakultas dan 23 Program Studi di UNIKOM dengan jumlah mahasiswa sebanyak 15.000 orang yang berasal dari berbagai pelosok tanah air dan dari luar negeri yang sedang menempuh pendidikan di UNIKOM.
Visi
Menjadi Universitas terdepan dibidang Teknologi Informasi & Komputer, berwawasan Global dan menjadi pusat Unggulan dibidang ilmu pengetahuan Teknologi dan seni yang mendukung pembangunan nasional serta berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa dan Negara.
Misi Menyelenggarakan Pendidikan tinggi kearah masyarakat Industri maju dengan sistem pendidikan yang kondusif, tenaga pengajar berkualitas dan program-program studi berbasis pada teknologi informasi & komputer dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada, kualitas dan manajemen mutu berdasarkan prinsip Quality Is Our Tradition.

KETERANGAN

Fasilitas Kampus - Laboratorium
- Ruangan serbaguna
- Perpustakaan

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

BEASISWA

Beasiswa No
Siswa Berprestasi No

Fakultas dan Program Studi

Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Akreditasi :
Nama Jurusan Teknik Informatika Akreditasi : B
Nama Jurusan Manajemen Informatika Akreditasi : B
Nama Jurusan Teknik Komputer Akreditasi : B
Nama Jurusan Teknik Elektro Akreditasi : C
Nama Jurusan Teknik Arsitektur Akreditasi : B
Nama Jurusan Teknik Sipil Akreditasi :
Nama Jurusan Teknik Industri Akreditasi : B
Nama Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Akreditasi : B
Nama Jurusan Komputerisasi Akuntansi Akreditasi : B
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Ekonomi Akreditasi :
Nama Jurusan Manajemen Akreditasi : B
Nama Jurusan Akuntansi Akreditasi : B
Nama Jurusan D3 Akuntasi Akreditasi : A
Nama Jurusan Manajemen Pemasaran Akreditasi : B
Nama Jurusan Keuangan dan Perbankan Akreditasi : B
Akademi : -     Diploma : 3     Sarjana : -     Magister : 2     Doktorat : -
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Akreditasi :
Nama Jurusan Ilmu Komunikasi Akreditasi : B
Nama Jurusan Ilmu Pemerintahan Akreditasi : B
Nama Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Akreditasi :
Nama Jurusan Sekretaris Eksekutif Akreditasi :
Nama Jurusan Public Relation Akreditasi :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Desain Akreditasi :
Nama Jurusan Desain Komunikasi Visual Akreditasi : B
Nama Jurusan Desain Interior Akreditasi : B
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Sastra Akreditasi :
Nama Jurusan Sastra Inggris Akreditasi : B
Nama Jurusan Sastra Jepang Akreditasi :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Hukum Akreditasi : C
Nama Jurusan Ilmu Hukum Akreditasi : C
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

CONTACT DETAIL

Marketing Contact Details

Register Contact Details

TAMBAH KOMENTAR

Khusus untuk member. Login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Daftar Komentar