Institut Seni Indonesia Denpasar - Bali

INFORMASI UNIVERSITAS

Nama Universitas : Institut Seni Indonesia Denpasar - Bali
Akronim : ISI-DPS
Tahun Berdiri : 1969

SHARE YOUR UNIVERSITY


LOKASI

Negara Indonesia
Propinsi Bali
Kota Denpasar
Alamat Universitas Jl. Nusa Indah, Denpasar, Bali
Kode Pos 80235
Telp (0361) 227316
Fax (0361) 233100
Email info@isi-dps.ac.id
Website http://www.isi-dps.ac.id/

OUR ADVERTISING


AKREDITASI

PENGAJAR

Prosentase pendidikan pengajar

Master 16 %
Doctorate 3 %
Jumlah Pengajar 135

PENGETAHUAN

Deskripsi Pada mulanya adalah Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI), sebuah perguruan tinggi swasta yang resmi berdiri 28 Januari 1967. Dua tahun kemudian, 1969, akademi ini dinegerikan dan namanya diubah menjadi STSI Denpasar dengan bidang studi kesenian Bali seperti tari, karawitan, pedalangan, menatah kulit dan kayu.
Pada pertengahan 2003, lembaga ini berdasarkan Keputusan Presiden 33, 2003, tertanggal 26 Mei 3003 strukturnya berubah menjadi Isntitut Seni Indonesia Denpasar (ISI Denpasar). Institut ini hasil ‘merger’ antara STSI Denpasar dengan Program Studi Seni Rupa dan Desain Universitas Udayana. Alasan kuatnya, karena dua lembaga pendidikan ini sama-sama bergerak di bidang seni.
Sementara itu ISI sudah menyiapkan dua fakultas: Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), dan Fakultas Seni Pertunjukan (FSP)
Visi Visi ISI Denpasar dalam waktu 10 tahun kedepan menjadi pusat penciptaan, pengkajian, penyajian, dan pembinaan seni yang unggul berwawasan kebangsaan demi memperkaya nilai-nilai kemanusiaan sesuai dengan perkembangan zaman.
Misi

a. menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dalam rangka memunculkan dan mengembangkan pluralitas dan multikulturalitas budaya lokal dan nusantara agar memiliki daya saing dalam pencaturan global;

b. meningkatkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mendukung pendidkan dan kemajuan seni, ilmu pengetahuan, dan teknologi;

c. mengembangkan kerjasama antar lembaga secara berkelanjutan;

d. memantapkan organisasi Institut dalam mencapai kinerja yang optimal untuk mengantisipasi perkembangan lingkungan.

KETERANGAN

Bahasa Pengantar Indonesia
Jumlah Mahasiswa 571
Aktivitas Sosial

Di bidang Penalaran dan Keilmuan, meskipun pesertanya masih terbatas pada tahun 2006 mahasiswa ISI Denpasar ikut berperan aktif mengikuti kegiatan Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) bidang Seni, Pengembangan Kreativitas Mahasiswa (PKM), Presentasi Pemikiran Kritis Mahasiswa (PPKM), Mahasiswa Berperestasi Tingkat Nasional (Mawapres) dan kegiatan sejenisnya. Lomba karya tulis tersebut di atas, untuk meningkatkan kreativitas dalam bentuk karya tulis yang komunikatif untuk mengkritisi permasalahan kehidupan bermatabat dan pembangunan. Pada tahun ini, dari berbagai lomba yang diikuti ISI Denpasar telah dinyatakan lulus 1 proposal PKMP bidang homaniora dengan dana Rp. 6.000.000,- (enam juta rupiah).

Terbatasnya jumlah proposal untuk mengikuti lomba, hal ini tidak terlepas dari rendahnya kemampuan mahasiswa mengembangkan pemikiran dan sikap kritis, dinamis dan idealis untuk menggali peningkatan kreativitas, kemampuan berkomunikasi secara ilmiah terhadap perkembangan permasalahan yang berkembang di masyarakat. Keikutsertaan mahasiswa bukan inisiatifnya tetapi ditunjuk oleh pembina kemahasiswaan sebagai unjuk kepedulian terhadap kegiatan kemahasiswaan sekaligus memberikan motivasi mengaktualisasikan diri agar berkembang menjadi mahasiswa yang cerdas, berwawasan luas. Keterbatasan ini merupakan dampak dari terbatasnya dana yang dimiliki lembaga untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk peningkatan wawasan dan kualitas melalui berbagai kegiatan terstruktur seperti pelatihan, seminar, diskusi, lolakarya secara berkelanjutan.

Untuk melakukan pengembangan iklim akademis yang demokratis, ISI Denpasar telah memiliki organisasi kemahasiswaan baik ditingkat institut dan fakultas/jurusan. Organisasi kemahasiswaan ini diharapkan menjadi tempat mematangkan pola pikir untuk beraktivitas mengembangkan dan memanfaatkan peluang untuk menggunakan waktunya dalam kegiatan ekstra-kurikuler secara seimbang.

Kepengurusan organisasi kemahasiswaan yang ditetapkan tahun 2005 telah berakhir masa jabatannya pada bulan Mei 2006, sampai saat ini penggantian pengurus baru belum terwujud. Secara kuantitatif masih sangat sedikit keterlibatan mahasiswa dalam organisasi ditingkat institut/fakultas, kurangnya pemahaman tentang pentingnya organisasi pembelajaran mengakibatkan kefakuman kegiatan mahasiswa secara melembaga. Ada kekawatiran, aktif dalam organisasi kemahasiswaan untuk pengembangan kegiatan soft skills namun tidak bagus nilai akademiknya. Oleh karena itu perlu diidentifikasikan mahasiswa yang dapat melakukan ke dua kegiatan tersebut secara seiimbang untuk diberikan penghargaan sebagai mahasiswa yang berprestasi.

Pameran Karya Kriya Seni

Pameran Karya Kriya Seni

Di bidang Minat, Bakat, dan Kemampuan, mengingat potensi dan lingkungan seni budaya, motivasi dan frekwensi aktivitas mahasiswa ISI Denpasar cukup tinggi dalam melakukan penjelajahan imajinasi dalam rangka membuka dan memperluas ruang kreativitas dan inovatif untuk dituangkan dalam karya seninya yang dikembangkan secara konsepsional dan konsisten melalui gelar seni pertunjukan, pameran seni (seni rupa, desain, fotografi dan kriya seni). Untuk membekali mahasiswa agar mampu menyelenggarakan kegiatan dengan lebih sistematis dan terencana setiap tahun secara melembaga dialokasi dana untuk pelatihan Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) tingkat pra dasar/tingkat dasar-menengah/tingkat menengah dengan peserta yang sangat terbatas.

Di tingkat nasional terpilih 7 orang mahasiswa ISI Denpasar mengikuti Peksiminas VIII di Makasar tahun 2006 dan berhasil memperoleh juara III ditangkai lomba tari dan film pendek. Setiap tahun 1 orang mahasiswa mengikuti kegiatan Pelayaran Kebangsaan VI Tahun 2006 dan VII Tahun 2007.

Kegiatan minat, bakat, dan kemampuan lainnya tidak diikuti secara kontinyu, ISI Denpasar memiliki pers kampus mahasiswa ”Wretacitta” tetapi penerbitannya tidak berlanjut, pengelola penerbitan ini belum terkoordinir dalam wadah badan redaksi, alasannya dana yang terbatas.

Mahasiswa Asing Menunjukan Kebolehannya pada PKB 2007

Mahasiswa Asing Menunjukan Kebolehannya pada PKB 2007

Penyelenggaraan kegiatan minat karya seni mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan cenderung memerlukan team work karena untuk melaksanakan kegiatan karya seni pertunjukan memerlukan kerjasama secara kolektif. Sedangkan mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain cenderung individu dalam berkarya seni. Perbedaan karakteristik ini sering menimbulkan kurangnya koordinasi antar fakultas untuk mensinergikan kegiatan.

Aktivitas mahasiswa untuk berkarya seni tidak diimbangi dengan pengelolaan yang memadai. Keterbatasan kemampuan manejerial mahasiswa untuk mengkemas menyajikan karya seni mungkin merupakan alasan kegiatan yang dilakukan hanya sekedar menonjolkan sisi kreativitasnya saja, namun kurang bisa ditunjukkan dalam membuka akses kepemasaran (termasuk penjualan). Pendekatan terhadap pemasaran akan membangkitkan semangat kewirausahaan.

Praktek Melaras Gamelan

Praktek Melaras Gamelan

Peran dosen sebagai pembimbing/pemdamping kegiatan kemahasiswaan masih lemah dalam menjalankan peran sebagai pemberdaya, fasilitator, motivator tidak sekedar merupakan kegiatan yang statis-rutin, tetapi merupakan kegiatan yang dinamis-kreatif, terencana, dan bekesinambungan.

Di bidang Kesejahteraan, untuk meningkatkan kesejahtraan mahasiswa setiap tahun lebih 60% dari jumlah mahasiswa terdaftar mendapat beasiswa yang bersumber dari pemerintah (PPA,BBM) dan dari swasta (Yayasan Supersemar, Singapure Airline). Pada tahun 2006 sebanyak 61 orang mahasiswa memperoleh program Beasiswa Unggulan yang dicanangkan oleh Depdiknas.

Di bidang Kepedulian, ISI Denpasar membentuk UKM PMI untuk program pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan menanamkan rasa kepedulian bermasyarakat terhadap bangsa untuk membantu pemerintah mengadakan kegiatan donor darah oleh civitas akademika ISI Denpasar secara berkala.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas telah menawarkan peluang dalam rangka mengembangkan pola peningkatan soft skills mahasiswa menawarkan pembiayaan model hibah dan secara rutin menyelenggarakan lomba karya tulis mahasiswa, memacu motivasi bidang kemahasiswaan untuk berkompetisi dengan melibatkan mahasiswa dalam pengembangan dan aktualisasi diri, serta meningkatkan daya saing mahasiswa. Melalui model PHK yang ditawarkan diharapkan para lulusan perguruan tinggi menguasai ketrampilan meraih sukses (akademik dan non akademik) yang meliputi ketrampilan belajar, berfikir, dan ketrampilan mengelola hidup.

Pulau Bali sebagai salah satu tujuan wisata telah dikenal dipenjuru dunia sangat mendukung aktivitas kegiatan ekstra­-kurikuler mahasiswa ISI Denpasar. Peluang untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa semakin luas dengan adanya tumbuh kembangnya galery, sanggar seni, workshop, infotainment, dan organisasi seni lainnya. Banyak tawaran untuk pentas seni pertunjukan diskala event lokal, regional, nasional, dan internasional. Depdiknas telah mencanangkan ISI Denpasar untuk membuka world class bahwa pendidikan bidang seni akan mampu bersaing di tingkat internasional karena memiliki daya saing untuk dijual dibandingkan bidang ilmu pengetahuan lainnya. Proyeksi lulusan tidak saja untuk peluang kerja di Indonesia namun juga meliputi untuk meningkat daya saing lulusan di luar negeri.

Fasilitas Kampus Ruang kuliah: luas ruangan seluruhnya 1.920 m2
Perpustakaan, 2002: luas ruangan 255 m2, koleksi 5.596 judul, 17.911 eksemplar
Fasilitas lain: ruang dosen (206 m2), ruang kantor/administrasi (1.500 m2), ruang studio (3.118 m2), auditorium (336 m2)
Jumlah Buku Perpustakaan koleksi 5.596 judul, 17.911 eksemplar
Kepemilikian Kampus Negeri

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

BEASISWA

Beasiswa Yes
Siswa Berprestasi No

Fakultas dan Program Studi

Fakultas Seni Pertunjukan Akreditasi :
Nama Jurusan Seni Tari Akreditasi :
Nama Jurusan Seni Karawitan Akreditasi :
Nama Jurusan Seni Pedalangan Akreditasi :
Akademi :     Diploma :     Sarjana : 3     Magister :     Doktorat :
Fakultas Seni Rupa dan Desain Akreditasi :
Nama Jurusan Seni Rupa Akreditasi :
Nama Jurusan Design Interior Akreditasi :
Nama Jurusan Desain Komunikasi Visual Akreditasi :
Nama Jurusan Kriya Seni Akreditasi :
Nama Jurusan Fotografi Akreditasi :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

CONTACT DETAIL

Marketing Contact Details

Nama Marketing ISI Denpasar
Telp (0361) 227316
Email bauk@isi-dps.ac.i
Alamat Jl. Nusa Indah, Denpasar, Bali

Register Contact Details

Nama Register ISI Denpasar
Telp (0361) 227316
Email bauk@isi-dps.ac.i
Alamat Jl. Nusa Indah, Denpasar, Bali

TAMBAH KOMENTAR

Khusus untuk member. Login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Daftar Komentar