STIKS Tarakanita

INFORMASI UNIVERSITAS

Nama Universitas : STIKS Tarakanita
Akronim : Tarakanita
Tahun Berdiri : 1968

SHARE YOUR UNIVERSITY


LOKASI

Negara Indonesia
Propinsi DKI Jakarta
Kota Jakarta
Alamat Universitas Kompleks Billy & Moon,
Pondok Kelapa
Jakarta Timur
Kode Pos 13450
Telp 021-8651764
Telp2 8651765, 8659870 Ext. 123, 124
Fax 021-8642115
Email info@stiks-tarakanita.ac.id
Website http://www.stiks-tarakanita.ac.id/

OUR ADVERTISING


AKREDITASI

PENGAJAR

Prosentase pendidikan pengajar

Jumlah Pengajar 19

PENGETAHUAN

Deskripsi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita (STIKS Tarakanita) dikukuhkan secara resmi berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 218/D/O/2008 sejak 22 Oktober 2008. Terlahir dari kebesaran nama Akademi Sekretari/LPK Tarakanita, STIKS Tarakanita memiliki arah pijak yang kokoh dalam pemberdayaan kaum perempuan yaitu bagaimana memberikan bekal kepada perempuan muda Indonesia lulusan sekolah lanjutan tingkat atas untuk menjadi tenaga kerja yang profesional. Profesional yang dimaksud, bukan hanya memiliki keterampilan kerja saja, melainkan juga memiliki kepribadian yang sesuai dengan pekerjaannya, serta memiliki ilmu pengetahuan ditunjang dengan keterampilan di bidang tertentu. Kepribadian yang dimiliki tercermin dalam sikap dan perilaku yang berpegang pada etika profesi serta etiket pergaulan sehari-hari. Sejalan dengan ketiga hal tersebut, kemampuan berkomunikasi yang baik pun menjadi ujung tombak dalam bekerja. Pemikiran itu menumbuhkan motivasi mencari jalan yang terbaik untuk memberikan bekal tambahan bagi putri-putri lulusan SMA agar mampu membangun masa depan yang lebih baik sesuai dengan tuntutan jaman serta memberi kesempatan bagi lulusan diploma untuk terus menempuh pendidikan.
Visi Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi Katolik terbuka bagi umum, bercita-cita menjadi komunitas akademik, dijiwai semangat kasih berbelarasa, memberdayakan kader-kader muda, terutama bagi yang miskin, tersisih dan menderita.
Misi     * Demi kemuliaan Tuhan mengambil bagian dalam misi menggereja, menyampaian Kabar Gembira, Karya Keselamatan Allah demi terangkatnya martabat manusia, khususnya perempuan.

    * Menciptakan suasana religius dalam komunitas akademik sehingga seluruh warganya tumbuh ke arah manusia takwa dan beriman, memiliki relasi antar anggota dalam kasih persaudaraan, kerukunan, dan kedamaian.

    * Berupaya memberdayakan dan mencerdaskan kader-kader muda melalui jalur pendidikan tenaga professional dan memenuhi tuntutan global.

KETERANGAN

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Kampus Secretarial Practise Laboratory

Laboratorium Kesekretarisan ini sangat membantu mahasiswa dalam mengenali segala perlengkapan kantor yang nantinya digunakan dalam aktivitas bekerjanya di kantor sebagai seorang sekretaris. Selain fasilitas pengajaran seperti LCD dan white board, laboratorium ini memiliki ruang pembelajaran yang baik dan nyaman, yang terdiri atas kursi tamu, ruang peralatan-peralatan kantor, ruang sekretaris, dan ruang pimpinan.

Ruang peralatan kantor ini dilengkapi dengan filing cabinet serta seperangkat alat kantor yang lengkap, mulai dari stapler, paper clip, hingga mesin pemotong dan penghancur kertas. Selain itu perlengkapan lainnya adalah telepon yang memiliki jaringan koneksi internal dan eksternal, serta mesin faximile. Ruang sekretaris dan pimpinan dirancang sedemikian rupa hingga menyerupai kantor yang sesungguhnya.

Ruang-ruang dan perlengkapan kantor dalam laboratorium ini sangat membantu aplikasi  mata kuliah-mata kuliah yang berhubungan dengan kesekretarisan, terutama Mata Kuliah Praktek Kesekretarisan, yang menuntut mahasiswa sangat terbiasa dengan situasi ruang perkantoran. Kecanggihan lain yang terdapat dalam laboratorium ini adalah adanya televisi internal yang berfungsi sebagai alat monitor antara dosen dan mahasiswa yang sedang melakukan praktek berdialog dengan pimpinan, menerima tamu dan melakukan kegiatan kesekretarisan lainnya.
 
Audio Visual Room

Selain digunakan sebagai  ruang pembelajaran (kuliah), ruang audio visual yang bernuansa warna biru ini pun digunakan sebagai ruang seminar dan diskusi. Dengan tempat duduk bergaya seperti teater/bioskop, ruang ini dilengkapi peralatan yang mendukung kenyamanan mahasiswa dan peserta seminar seperti rolling screen dan sistem audio yang sangat baik.

Berbagai seminar dosen, karyawan dan mahasiswa pun diselenggarakan di ruang ini.  Saat ini, STIKS Tarakanita memiliki dua buah ruang audio visual dengan kapasitas masing-masing adalah sebanyak 80 kursi.
 
Library

Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari (STIKS) TARAKANITA hadir dan ada sejak kelahirannya dulu bersama Aksek/LPK Tarakanita di tahun 1968. Peran utama yang diemban Perpustakaan adalah memberikan dukungan fasilitas bagi berkembangnya proses belajar mengajar sehari-hari, dalam bentuk penyediaan buku ajar dan buku anjuran, serta buku-buku referensi. Koran dan majalah disediakan untuk memperluas wawasan.

Sebagai jantung sebuah lembaga pendidikan tinggi, Perpustakaan menjadi pusat kegiatan proses belajar mengajar bagi seluruh civitas academica Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari (STIKS) TARAKANITA.  Pengguna bisa mengakses koleksi buku dan referensi menggunakan 4 unit komputer penelusuran dan menikmati sajian koran dan majalah. Perpustakaan menyediakan:

Ø  13.766 eksemplar buku (data per 2008),

Ø  4 macam koran (Kompas, The Jakarta Post, Warta Kota, Bisnis Indonesia,),

Ø 18macam majalah (Info Gender, Utusan, Femina, HIDUP, Intisari, Reader’s Digest, CHIP, Pelangi, Inspirasi,    EduCare, TIME, BASIS, Sadhana, Sadhar, Tarakanita News, Utusan, TEMPO, Prevention), dan

Ø  3 macam jurnal (Widya, Jurnal Perempuan, Artes Liberalis).

Layanan Perpustakaan buka Senin - Jumat pukul 08.00 -15.00 dan Sabtu 08.00 -12.00.  Agar layanan bisa diberikan kepada seluruh civitas acadmica dengan baik, tentu saja ada Tata Tertib yang mesti dipatuhi terkait dengan pembatasan jumlah buku yang bisa dipinjam (2 non-fiksi dan 1 fiksi) dan batas waktu peminjaman (1 minggu). Fasilitas lain yang tersedia di Perpustakaan adalah loker, Ruang Baca di lantai 1 dan Ruang Belajar di lantai 2 serta hotspot bagi para pengguna agar mereka bisa berselancar di dunia maya dan menjalin keterhubungan dengan dunia luas.

Untuk menambah koleksi, Perpustakaan membeli langsung dan  menerima buku sumbangan mahasiswa dan alumni, baik sebagai syarat pengambilan ijazah maupun sebagai denda bagian Keuangan serta denda pelanggaran Tata Tertib Mahasiswa. Kebijakan ini diambil untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa dan alumni terhadap Perpustakaan Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari (STIKS) TARAKANITA.
 
Typing Laboratory

Laboratorium Mengetik ini memiliki kapasitas sebanyak 40 kursi yang masing-masing dilengkapi dengan mesin tik elektronik. Di laboratorium ini, mahasiswa diajarkan bagaimana mengetik dengan sistem 10 jari dengan tidak lagi melihat keyboard mesin tik (maupun komputer) namun ke layar monitor dan teks. Mahasiswa harus mampu mengetik cepat dan benar, karena dalam dunia kesekretarisan dikenal pula sistem wpm (words per minute); berapa banyak kata yang bisa diketik dengan baik dan benar dalam hitungan menit.
Tidaklah mengherankan bahwa mahasiswa, pada awalnya, dikenalkan pada cara menghapal huruf-huruf dan tanda baca yang tertera di keyboard dengan cara menutup mata dengan kain. Dengan cara ini diharapkan bahwa mereka dapat menjadi sekretaris yang cekatan pula.
 
Language Laboratory

Laboratorium Bahasa telah mengaplikasikan kecanggihan teknologi dengan peralatannya yang modern. Dilengkapi dengan booth sejumlah kurang lebih 50 kursi lengkap dengan headset-nya, laboratorium ini digunakan sebagai alat bantu mahasiswa dalam mengasah kemampuan-kemampuan berbahasa, terutama kemampuan mendengar (listening) dan berbicara (speaking). Tidak hanya bagi Bahasa Inggris, laboratorium ini digunakan untuk proses belajar mengajar bagi semua bahasa asing yang dipelajari di STIKS Tarakanita saat ini, yaitu Mandarin dan Jepang. Selain mendengarkan materi dari kaset, mahasiswa pun dapat berdiskusi secara aktif dari materi film (audio visual). Semua diperuntukkan bagi profesionalitas calon lulusan yang berkualitas.
 
Filing Laboratory

”Arsip merupakan dokumen berharga untuk diawetkan guna mencari keterangan dan penelitian.” (TR. Schellenberg). Laboratorium Kearsipan STIKS Tarakanita mencoba untuk mengakomodir fungsi ini dengan melengkapi segala perlengkapan-perlengkapan yang berhubungan dengan pengarsipan dokumen. Di laboratorium ini pun mahasiswa diajarkan untuk dapat mengklasifikasikan arsip dengan baik dengan beberapa sistem, misalnya sistem abjad, sistem subjek, sistem nomor, sistem tanggal, sistem wilayah.
 
Computer Laboratory


STIKS Tarakanita memiliki tiga laboratorium komputer yang masing-masing memiliki kapasitas 40 komputer pada setiap ruangnya. Laboratorium ini berada di lantai tiga gedung perkuliahan. Dengan para dosen profesional di bidangnya, calon lulusan ini diajarkan bahasa-bahasa dan aplikasi program komputer yang nantinya menunjang aktivitas kerja mereka di dunia kantor. Tidak hanya program komputer yang biasa dilakukan di kantor seperti Microsoft Word, Power Point dan Excel, namun calon lulusan ini pun mendapatkan materi mengenai web design.

ATM Centre

ATM Centre ini dibangun dalam lokasi kampus. ATM Centre melengkapi mudahnya akses mahasiswa dalam bertransaksi di dunia perbankan.
 
Canteen

Berbagai macam masakan dan makanan serta minuman tersedia di kantin ini, dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Makanan yang sehat dan bersih menjadi prioritas para penjual di kantin yang berlokasi dekat dengan asrama mahasiswa Mediatrix ini dalam memenuhi kebutuhan jasmani. Tidak jarang pula bahwa kantin ini menjadi ajang sosialisasi yang menyenangkan bagi para mahasiswa. Di tempat yang nyaman ini pula terkadang para mahasiswa menjadikannya sebagai wahana unjuk bakat, misalnya dengan pentas band dan vocal group.
 
Sport Courts

Arena basket, voli dan bulu tangkis juga membuat para mahasiswa merasa terakomodasi dengan baik dalam mengasah minat bakatnya di bidang olah raga. Dalam setiap minggunya, arena olah raga ini digunakan oleh para mahasiswa untuk berlatih, dibawah bimbingan para pelatih profesional. Arena yang berlokasi dekat dengan kantin ini merupakan tempat diselenggarakannya ajang kompetisi persahabatan bidang olahraga antar universitas dan sekolah menengah, yaitu Kofesse (Kompetisi Olah Raga dan Festival Seni). Acara dua tahunan ini, Kofesse, digagas dan dilaksanakan oleh Senat Mahasiswa STIKS Tarakanita.
Jumlah Buku Perpustakaan 13.766
Kepemilikian Kampus Swasta

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

BEASISWA

Beasiswa Yes
Siswa Berprestasi Yes

Fakultas dan Program Studi

Fakultas Ilmu Komunikasi Akreditasi :
Nama Jurusan Ilmu Komunikasi Akreditasi :
Nama Jurusan Sekretaris Akreditasi : A
Akademi :     Diploma : 1     Sarjana : 1     Magister :     Doktorat :

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

CONTACT DETAIL

Marketing Contact Details

Nama Marketing
Telp 021-8651764, 8651765, 8659870 Ext.
Email info@stiks-tarakanita.ac.id
Alamat Kompleks Billy & Moon,
Pondok Kelapa
Jakarta Timur

Register Contact Details

Nama Register
Telp 021-8651764, 8651765, 8659870 Ext.
Email info@stiks-tarakanita.ac.id
Alamat Kompleks Billy & Moon,
Pondok Kelapa
Jakarta Timur

TAMBAH KOMENTAR

Khusus untuk member. Login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Daftar Komentar