Universitas Jayabaya

INFORMASI UNIVERSITAS

Nama Universitas : Universitas Jayabaya
Akronim : Jayabaya
Tahun Berdiri : 1958

SHARE YOUR UNIVERSITY


LOKASI

Negara Indonesia
Propinsi DKI Jakarta
Kota Jakarta
Alamat Universitas Jl. Pulomas Selatan Kav 23
Kode Pos 13210
Telp 021-4700877
Fax 021-4700893
Email info@jayabaya.ac.id
Website http://www.jayabaya.ac.id

OUR ADVERTISING


AKREDITASI

Akreditasi Indonesia B

PENGAJAR

Prosentase pendidikan pengajar

Bachelor 138 %
Master 11 %
Doctorate 4 %
Jumlah Pengajar 153

PENGETAHUAN

Deskripsi

Universitas Jayabaya didirikan pada bulan Oktober 1958 oleh Prof. DR. H. Moeslim Taher, SH. Sewaktu mendirikan Universitas Jayabaya, Prof. Dr. H. Moeslim Taher berusia 24 tahun. Prakarsa ini agaknya merupakan perkembangan lebih lanjut dari pengabdiannya di bidang pendidikan, dengan karir yang dimulainya sejak menjadi pengasuh Sekolah Dasar, dan menjadi Pimpinan Sekolah Menengah Pertama dan kemudian Pimpinan Sekolah Menengah Atas.Pengalaman dalam pengabdian di bidang pendidikan sektor swasta inilah kemudian yang mendorongnya mendirikan Universitas Jayabaya.

Motivasi mendirikan Universitas Jayabaya tidak semata-mata karena adanya pengalaman yang dibarengi rasa pengabdian, akan tetapi adalah karena rasa tanggung jawab untuk memberi jawaban terhadap tantangan yang datang dan dihadapi oleh bangsa Indonesia. Tantangan pendidikan ini berupa masalah ketinggalan dan keterbelakangan di berbagai bidang, sebagai akibat penjajahan Belanda selama kurang lebih tiga setengah abad, disusul dengan pendudukan fasisme Jepang selama kurang lebih tiga setengah tahun. Kurun zaman itu tidak memberi kemungkinan bagi kehidupan perguruan tinggi di Indonesia sebagai sarana untuk memajukan masyarakat dan bangsa. Dapatlah dimengerti, apabila ketika berdirinya Universitas Jayabaya saat Republik Indonesia berusia 13 tahun, Perguruan Tinggi Indonesia masih sedikit, baru terdapat 7 buah dan PTS sebanyak 112 buah.

Didirikan dan berkembang sejak 5 Oktober 1958, Universitas, Sekolah Tinggi & Akademi-akademi Jayabaya merupakan salah satu universitas tertua di Jakarta yang diprakarsai oleh (Alm.) Prof. Dr. H.M. Moeslim Taher, SH.

Visi Menjadi perguruan tinggi terkemuka yang mampu menghasilkan sumber daya manusia unggul dalam hal tingkat kecerdasan, tingkat kreativitas, tingkat kematangan emosi / kepribadian dan tingkat keimanan.
Misi

Menyelenggarakan pendidikan tinggi, penelitian dan pengabdian kepada masayrakat.

KETERANGAN

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Jumlah Mahasiswa 2635
Aktivitas Sosial

Keseimbangan. Beragam aktifitas akademik dan organisasi mahasiswa yang dimiliki oleh Universitas, Sekolah Tinggi & Akademi-akademi Jayabaya menjadi salah satu barometer kemampuan bersaing para mahasiswa untuk meningkatkan keahliannya dalam menghadapi persaingan sumber daya manusia di dunia kerja di masa yang akan datang.

Aktivitas di Universitas, Sekolah Tinggi dan Akademi - Akademi Jayabaya disamping kegiatan perkuliahan terdapat pula wadah untuk menyalurkan hobi, minat dan bakat para mahasiswa selepas mengikuti aktivitas kuliah. Sampai saat ini terdapat sekitar 16 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sebagai kegiatan intrakurikuler di Universitas dan Akademi-Akademi Jayabaya.

Fasilitas Kampus LABORATORIUM/STUDIO

Untuk meningkatkan daya saing dan kemampuan para peserta didik di Universitas, Sekolah Tinggi dan Akademi - Akademi Jayabaya, maka disediakan beberapa sarana laboratorium yang merupakan wadah yang sangat signifikan dalam mensimulasikan kemampuan teori menjadi praktis melalui praktikum-praktikum yang bersifat intens.

Laboratorium/studi yang tersedia di Universitas, Sekolah Tinggi dan Akademi-Akademi Jayabaya tidak saja disediakan untuk ilmu-ilmu eksakta tetapi juga untuk ilmu-ilmu sosial, hal ini merupakan respon Jayabaya terhadap kemajemukan ilmu yang cukup variatif dan harus diperlakukan secara paralel.


PERPUSTAKAAN

Buku-buku yang tersedia di perpustakaan Universitas, Sekolah Tinggi dan Akademi - Akademi Jayabaya sangat variatif, yaitu berkisar dari buku-buku teks kuliah, diktat kuliah, buku ilmu sosial dan politik, buku-buku ekonomi, hukum, ilmu pasti, filsafat, agama Islam, jurnal-jurnal ilmiah dsb. Semua buku-buku ini dapat dipinjam oleh seluruh mahasiswa Universitas, Sekolah Tinggi dan Akademi -Akademi Jayabaya dengan menunjukkan kartu keanggotaan perpustakaannya. Setiap kali meminjam diperbolehkan sebanyak 3 buku dan diberi waktu selama 2 minggu untuk pemulanggannya yang kemudian dapat diperpanjang kembali.


RUANG PERTEMUAN


Ruang Seminar
Universitas dan akademi-akademi Jayabaya memiliki dua buah ruang seminar yang sangat representatif dan kondusif untuk melaksanakan seminar yang bertaraf nasional, dengan kapasitas sekitar 150 kursi ( di lokasi Kampus Polumas ) dan 200 kursi (di lokasi kampus Cimanggis) yang masing - masing dilengkapi dengan Air Conditioned. Ruang seminar ini dapat digunakan baik sebagai tempat diskusi ilmiah maupun pertemuan-pertemuan resmi lainnya. Ruang seminar di kampus pulomas terletak di lantai 5 gedung rektorat dan untuk kampus Cimanggis terletak di lantai 2 lobby utama.

Ruang Serba Guna (Multi Purpose Hall)
Aktivitas yang cukup variatif yang dilakukan oleh sebagian besar mahasiswa Universitas, Sekolah Tinggi dan Akademi - Akademi Jayabaya memerlukan ruang yang kondusif bagi kegiatan tersebut, seperti kegiatan olahraga, musik, dsb. Oleh karena itu Universitas, Sekolah Tinggi dan Akademi - Akademi Jayabaya memiliki hall seluas kurang lebih 1200 M2. Yang dapat digunakan sebagai lapangan basket, indoor soccer, badminton, dan lainnya.

Jumlah Buku Perpustakaan 25.478 judul, 112.211 eksemplar

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

BEASISWA

Beasiswa Yes
Siswa Berprestasi Yes

Fakultas dan Program Studi

Fakultas Hukum Akreditasi : A
Nama Jurusan Ilmu Hukum Akreditasi : A
Akademi : -     Diploma : -     Sarjana : 1     Magister : 1     Doktorat : 1
Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Akreditasi : B
Nama Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Akreditasi : B
Nama Jurusan Administrasi Akreditasi : -
Akademi : -     Diploma : -     Sarjana : 2     Magister : -     Doktorat : -
Fakultas Ekonomi Akreditasi : B
Nama Jurusan Akuntansi Akreditasi : B
Nama Jurusan Manajemen Perusahaan Akreditasi : B
Akademi : -     Diploma : -     Sarjana : 2     Magister : 1     Doktorat : -
Fakultas Psikologi Akreditasi : -
Nama Jurusan Psikologi Akreditasi : -
Akademi : -     Diploma : -     Sarjana : 1     Magister : -     Doktorat : -
Fakultas Teknologi Industri Akreditasi : B
Nama Jurusan Teknik Mesin Akreditasi : B
Nama Jurusan Teknik Elektro Akreditasi : B
Nama Jurusan Teknik Kimia Akreditasi : B
Akademi : -     Diploma : 3     Sarjana : 3     Magister : -     Doktorat : -
Fakultas Sipil dan Perencanaan Akreditasi : B-
Nama Jurusan Teknik Arsitektur Akreditasi : C
Nama Jurusan Teknik Sipil Akreditasi : B
Akademi : -     Diploma : 2     Sarjana : 2     Magister : -     Doktorat : -
Fakultas Ilmu Komunikasi Akreditasi : B
Nama Jurusan Ilmu Komunikasi Akreditasi : B
Nama Jurusan Hubungan Masyarakat Akreditasi : -
Nama Jurusan Jurnalistik Akreditasi : -
Akademi : -     Diploma : -     Sarjana : 2     Magister : 1     Doktorat : -

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Tanggal Ujian Masuk

Gelombang I   : 29 Januari - 7 Maret 2009
Gelombang II  : 9 Maret - 4 April 2009
Gelombang III : 5 April - 30 Agustus 2009

CONTACT DETAIL

Marketing Contact Details

Nama Marketing
Telp 021-4700877
Email info@jayabaya.ac.id
Alamat Jl. Pulomas Selatan Kav 23

Register Contact Details

Nama Register
Telp 021-4700877
Email info@jayabaya.ac.id
Alamat Jl. Pulomas Selatan Kav 23

TAMBAH KOMENTAR

Khusus untuk member. Login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Daftar Komentar