Indonesia Banking School

INFORMASI UNIVERSITAS

Nama Universitas : Indonesia Banking School
Akronim : IBS
Tahun Berdiri : 2004

SHARE YOUR UNIVERSITY


LOKASI

Negara Indonesia
Propinsi DKI Jakarta
Kota Jakarta
Alamat Universitas Jl. Kemang Raya No. 35, Kebayoran baru
Jakarta Selatan
Jakarta, Indonesia
Kode Pos 12730
Telp (021) 719 5474
Telp2 (021) 719 6535, (021) 719 6469
Fax (021) 719 5486
Email info@ibs.ac.id
Website http://www.ibs.ac.id

OUR ADVERTISING


AKREDITASI

PENGAJAR

Prosentase pendidikan pengajar

Jumlah Pengajar 20

PENGETAHUAN

Deskripsi

Pendirian Indonesia Banking School (IBS) pada dasarnya merupakan pengembangan kegiatan Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) sebagai lembaga nirlaba yang memberikan jasa kepada perbankan dan masyarakat terutama dalam membentuk tenaga bankir profesional, melalui kegiatan pendidikan, pelatihan, penelitian dan konsultasi. Secara historis LPPI sudah berperan dalam kegiatan kegiatannya lebih dari 50 tahun, karena merupakan kelanjutan dari suatu lembaga pendidikan yang cikal bakalnya didirikan sejak tahun 1950-an. Kegiatan LPPI dimulai dari Akademi Bank, Pendidikan Tinggi Ilmu Keuangan dan Perbankan (PTIKP), Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) dan Institut Bankir Indonesia (IBI). Sejak tahun 2004 lembaga ini kembali melakukan kegiatannya dengan nama LPPI lagi.

LPPI melakukan kegiatannya dengan mengambil alih kegiatan IBI di bidang pendidikan, pelatihan, penelitian dan konsultasi sejak akhir Agustus 2003. Selama masa peralihan sampai akhir 2003, lembaga ini masih melakukan kegiatannya dengan nama IBI, dan sejak tahun 2004 menjadi LPPI. Lembaga ini merupakan lembaga nirlaba yang bernaung di bawah Yayasan Pengembangan Perbankan Indonesia (YPPI) yang didirikan oleh Bank Indonesia. Sebagai kelanjutan dari berbagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan di bidang perbankan, LPPI menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan yang dapat dikelompokkan ke dalam bidang Tehnis (operasional), Manajerial dan Profesional yang diikuti oleh semua jenjang jabatan di lingkungan perbankan, termasuk para pimpinan puncak di berbagai bank.

Dengan pengalamannya yang sangat panjang dalam dunia pendidikan dan pelatihan bagi para praktisi perbankan Indonesia, mulai tahun 2000 dilakukan berbagai kajian untuk menganalisis kemungkinan pendirian sekolah tinggi untuk mempersiapkan tenaga tenaga akademisi yang dapat dikembangkan menjadi tenaga profesional terutama di bidang keuangan dan perbankan. Pendirian IBS dilakukan dengan penuh kesadaran untuk meningkatkan standar pendidikan dan pelatihan di bidang ekonomi, manajemen dan akuntansi di Indonesia, dengan fokus di bidang keuangan dan perbankan. Proses pendidikan yang dilaksanakan IBS dirancang sesuai dengan pola yang telah diterapkan di LPPI dalam pendidikan dan pelatihan para bankir profesional, baik pada tingkat tehnis (operasional), manajerial maupun profesional.

Berbeda dengan perguruan perguruan tinggi lainnya, penyelenggaraan pendidikan di IBS berlangsung sehari penuh (full-day school). Para mahasiswa tidak hanya akan dididik dan dilatih menjadi manajer profesional, tetapi juga akan dibentuk budaya dan perilakunya menjadi seorang manajer yang bertanggung jawab, berdisiplin dan menghargai waktu, bersemangat tinggi dan penuh inisiatif dalam memecahkan masalah masalah tehnis dan manajerial. Dengan demikian, selama masa pendidikannya para mahasiswa akan terbiasa dengan suasana kerja para manajer profesional sehingga benar benar siap untuk memasuki dunia kerja.

Proses belajar mengajar seperti di atas hanya dapat dilaksanakan dalam kampus yang representatif dengan sarana dan prasarana yang lengkap. IBS berada di lingkungan kampus LPPI yang terletak di kawasan elit Jl. Kemang Raya No.35, Jakarta Selatan di atas tanah seluas 63.364 m2, dengan sejumlah bangunan berlantai tiga yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendidikan seperti ruang ruang kelas berpendingin, perpustakaan, laboratorium komputer/internet, ruang simulasi (bourse game), auditorium, ruang seminar, ruang diskusi, taman belajar, poliklinik, fitness centre, lapangan olah raga,kafetaria, masjid dan lain lain.

Visi Visi IBS adalah menjadi banking school yang terkemuka di Indonesia, melalui pengembangan sumber daya manusia yang berorientasi pada integrity, knowledge and skill, sehingga lulusannya akan berjiwa Pancasila, berintegritas serta memiliki sikap dan perilaku profesional yang bermutu tinggi.
Misi Misi IBS adalah menyelenggarakan pendidikan yang mampu menghasilkan lulusan yang memiliki multi kompetensi, yaitu:
  • berkepribadian, jujur, berintegritas dan mandiri,
  • menguasai bidang perbankan dan keuangan,
  • menguasai tehnologi informasi dan komunikasi,
  • memiliki akuntabilitas dan responsibilitas,
  • memiliki ketrampilan khusus di bidang perbankan melalui program sertifikasi
  • menguasai Bahasa Inggris.

KETERANGAN

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Jumlah Mahasiswa 607
Aktivitas Sosial Di kampus STIE Indonesia Banking School ( IBS ) tidak hanyak terdapat kegiatan formil seperti KBM (Kegiatan Belajar Mengajar ) tapi juga terdapat kegiatan Ekstrakurikuler yang dikelola oleh Mahasiswa di bawah pengawasan Civitas Akademika. Kegiatan Ekstra Kurikuler tersebut antara lain adalah : Paduan Suara, Seni Tari Tradisional ( Saman ), Tae Kwon Do, Basket, dan juga Futsal.
Fasilitas Kampus

Perpustakaan     

IBS memiliki perpustakaan yang berada di lingkungan kampus, dengan memiliki lebih dari 16.000 buku yang terdiri atas buku bacaan wajib dan yang dianjurkan, jurnal dan majalah, baik terbitan dalam negeri maupun luar negeri. Jasa pelayanan perpustakaan yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa adalah pelayanan dalam rangka:

a.       peminjaman,

b.      referensi,

c.       akses ke pangkalan data,

d.      pelayanan current awareness services (daftar isi majalah),

e.       audio visual sesuai dengan jadwal yang sudah terprogram.

Mulai tahun akademik 2005-2006 Perpustakaan IBS  menjalin kerja sama dengan Perpustakaan Bank Indonesia, sehingga mahasiswa IBS dapat meminjam bahan bacaan yang tersedia di Perpustakaan Bank Indonesia melalui Perpustakaan IBS.

  Perpustakaan IBS

      Laboratorium

Tersedia laboratorium komputer (internet), bourse game (simulasi transaksi valuta asing dan pasar modal).

 

Sarana Olahraga     

IBS memiliki sarana olah raga antara lain berupa:

a.       Basket,

b.      Bola voli,

c.       Bulu tangkis,

d.      Fitness centre

e.       Futsal,tenis

f.       Tenis

g.      Tenis meja

Sarana olah raga ini akan dilengkapi sesuai dengan kebutuhan. Untuk sementara, kegiatan sepakbola dilaksanakan dengan menyewa lapangan di tempat lain.

 

Kesenian

IBS telah memiliki satu perangkat peralatan band lengkap, sehingga kegiatan  paduan suara dan berbagai jenis hiburan lainnya akan dapat dibina dan dikembangkan.

 

      Ruang Serba Guna

      Di lingkungan kampus IBS terdapat ruang serba guna yang mampu menampung sekitar 1000 orang (standing party) yang  digunakan untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan IBS, seperti kuliah perdana, kuliah umum dan kegiatan kegiatan lainnya.

Kepemilikian Kampus Swasta

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

BEASISWA

Beasiswa Yes
Siswa Berprestasi Yes

Fakultas dan Program Studi

Fakultas Ekonomi Akreditasi :
Nama Jurusan Akuntansi Akreditasi :
Nama Jurusan Manajemen Akreditasi : B
Akademi :     Diploma :     Sarjana : 2     Magister :     Doktorat :

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Tipe Ujian Masuk MATERI UJIAN
  • - Jurusan IPA           : Tes Bakat Skolastik, Bahasa Inggris, dan Matematika
  • - Jurusan IPS           : Tes Bakat Skolastik, Bahasa Inggris, dan Ekonomi

CONTACT DETAIL

Marketing Contact Details

Nama Marketing
Telp 7195474, 719 6535, 7196469
Email info@ibs.ac.id
Alamat Kampus STIE IBS, Jl. Kemang Raya No. 35, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Register Contact Details

Nama Djoko, Wulan, dan Kiki
Telp 7195474, 719 6535, 7196469, Fax : 7195486
Email info@ibs.ac.id
Alamat Kampus STIE IBS, Jl. Kemang Raya No. 35, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

TAMBAH KOMENTAR

Khusus untuk member. Login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Daftar Komentar