Institut Teknologi Telkom

INFORMASI UNIVERSITAS

Nama Universitas : Institut Teknologi Telkom
Akronim : IT Telkom
Tahun Berdiri : 1990

SHARE YOUR UNIVERSITY


LOKASI

Negara Indonesia
Propinsi Jawa Barat
Kota Bandung
Alamat Universitas Jl.Telekomunikasi, Dayeuh Kolot, Bandung, Indonesia

Kode Pos 40257
Telp 022-7564108
Fax 022-7565200
Email info@stttelkom.ac.id
Website http://www.ittelkom.ac.id

OUR ADVERTISING


AKREDITASI

PENGAJAR

Prosentase pendidikan pengajar

Bachelor 42 %
Master 84 %
Doctorate 4 %
Jumlah Pengajar 130

PENGETAHUAN

Deskripsi

Rata-rata pertumbuhan sektor bisnis telekomunikasi di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 20% tiap tahunnya. Pertumbuhan ini meliputi bisnis layanan komunikasi berbasis seluler, telepon tetap, internet, dan akses pita lebar. Dengan jumlah pertumbuhan sebesar itu, diperkirakan kebutuhan tenaga Infokom pada tahun 2010 di Indonesia adalah sebanyak 320.000 orang.

Saat ini penyedia lulusan infokom berasal dari perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta, termasuk STT Telkom. Namun jumlah lulusan dari perguruan-perguruan tinggi yang memiliki program studi terkait dengan bidang infokom tersebut, baru sekitar 20.000 orang per tahun. Melihat kondisi seperti ini dan dengan memperhatikan peluang, kemampuan internal serta kepercayaan dari Pemerintah dan masyarakat industri, STT Telkom bertekad meningkatkan perannya di masyarakat infokom, melalui perubahan bentuk institusi yang memiliki kemampuan dan keunggulan yang lebih baik dibanding bentuknya yang terdahulu. Oleh karena itu mulai tanggal 1 Desember 2007, melalui Keputusan Dirjen Dikti, STT Telkom berubah bentuk menjadi INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM atau disingkat IT Telkom. Perubahan ini diharapkan akan membentuk IT Telkom menjadi perguruan tinggi berkelas internasional yang unggul di bidang Infokom dan menjadi agen perubahan dalam membentuk insan cerdas dan kompetitif Indonesia. Perubahan ini juga membawa konsekuensi bagi IT Telkom untuk terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan, sarana dan prasarana serta mendayagunakan segenap potensi yang dimilikinya.

Visi

Menjadi Perguruan Tinggi Internasional yang Unggul di Bidang Infokom dan Agen Perubahan dalam Pembentukan Insan Cerdas dan Kompetitif, serta berperan dalam Pembentukan Masyarakat yang Sejahtera.

Misi

 - Menyelenggarakan pendidikan bertaraf international untuk mengembangkan sumber daya profesional di bidang infokom.
- Menyelenggarakan penelitian bertaraf international untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta inovasi di bidang infokom.
- Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat dan secara aktif membangun sinergi dengan industri / institusi dalam dan luar negeri.

KETERANGAN

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Jumlah Mahasiswa 5806
Fasilitas Kampus

Ruang Kuliah

STT TELKOM mempunyai kurang lebih 60 ruang kelas dengan kapasitas lebih dari 60 mahasiswa, enam ruang kelas kecil berkapasitas 30 orang, terdapat di gedung A, dan gedung B,dan sebuah auditorium untuk kapasitas 200 mahasiswa. Setiap kelas dilengkapi dengan Overr-Head Projector, LCD Projector, Computer, Wireless Sound System, Camera dan Wireless LAN

Perpustakaan

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan IT Telkom merupakan salah satu sarana pendukung dan atau penunjang dalam menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Proses Belajar Mengajar, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat..

Sarana Olahraga

Fasilitas untuk kegiatan olahraga dan seni cukup lengkap. Fasilitas olahraga misalnya, 1 lapangan sepak bola,
2 lapangan tenis, 
2 lapangan bola voli, 
1 lapangan bola basket indoor,
menara panjat tebing,
4 lapangan badminton,
jalur jogging
1 lapangan futsal outdoor.

Sarana Kesenian

Fasilitas seninya antara lain 1 set gamelan Jawa, 1 set gamelan Bali, 1 set gamelan Sunda, 1 set alat musik Minang, dan 1 set perangkat musik modern. Fasilitas tersebut dapat digunakan secara individu maupun berkelompok.

Sarana Ibadah

Masjid Syamsul 'Ulum yang bertempat di kompleks kampus STT Telkom, jl Telekomunikasi, Dayeuhkolot Bandung didirikan pada tanggal 28 September 1994, yang ditandai dengan pemancangan tiang pertama oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI - saat itu - Prof Dr.Ing. Wardiman Djojodiningrat . Masjid Syamsul 'Ulum yang berdiri di atas areal timur kampus dengan luas bangunan 1128,96 m2 dengan daya tampung 2000 orang jamaah. Masjid ini merupakan bagian integral kampus STT Telkom, dalam upaya mendidik manusia Indonesia seutuhnya. Pembinaan intelektual dilakukan di fasilitas-fasilitas akademis kampus, sedangkan masjid punya peranan dalam membentuk mental, spiritual, dan kepribadian sivitas akademika. Cita-cita ini semakin menguat dengan diresmikannya penggunaan Masjid Syamsul 'Ulum pada tanggal 29 Mei 1996 oleh Menteri Riset dan Teknologi RI - saat itu - Prof.Dr.Ing. B.J. Habibie, yang menyiratkan bahwa tidak perlu ada dikotomi antara IPTEK dan pengetahuan agama.
Mahasiswa STT Telkom generasi awal yang merupakan perintis pendirian masjid menyadari bahwa Masjid tidak selayaknya menjadi menara gading yang terpisah jauh oleh masyarakat di sekitarnya. oleh karena itu sejak semula dirancanglah kegiatan-kegiatan yang bersifat pengabdian masyarakat(pelayanan umat), seperti : Gerakan Kakak Asuh, Taman Pendidikan Al Quran, Majelis Taklim Ibu-ibu, Baitul Maal wa Tamwil (BMT) Al Amin, dll. Konsep ini juga tercermin pada disertakannya bangunan penunjang untuk keperluan pendidikan, dan usaha dalam desain Masjid, walaupun hingga kini bangunan ini belum dapat didirikan. Namun demikian kegiatan-kegiatan yang bersifat pengabdian masyarakat masih berjalan hingga kini.

Asrama

  • kasur
  • bantal
  • meja belajar
  • kursi
  • lemari
  • seprei
  • selimut

Type kamar di asrama putri:
1. Type 72 Sekamar ber- 8 orang,4 Kamar dg kamar mandi dalam Harga: Rp. 250.000/ bulan /orang
2. Type U1 Kamar sendiri Kamar mandi diluar Harga: Rp. 200.000/ buLan /orang 3. Type U2 Kamar sendiri
Kamar mandi diluar Harga: Rp. 250.000/ buLan /orang
4. Type 36 Sekamar ber- 3 orang Kamar mandi dalam Harga: Rp. 300.000/ buLan /orang
5. Type 24 Sekamar ber- 2 orang Kamar mandi dalam Harga: Rp. 350.000/ buLan /orang

Kantin

Cafeteria
Beraneka ragam makanan dan minuman tersedia di kantin dengan harga yang relatif murah. Kantin dibuka setiap hari, dari pagi hingga pukul 21.00.

Gedung I
Gedung ini dikhususkan untuk kegiatan bisnis, baik oleh mahasiswa maupun karyawan. Di sini terdapat aktifitas Koperasi Mahasiswa(Kopma), Koperasi Karyawan "Citra", divisi foto kopi BKM Al Amin, Koperasi Bahagia, divisi foto kopi Kopma, dan juga toko kelontong Koperasi Citra.

Koperasi Mahasiswa (KOPMA)
KOPMA adalah sarana praktis untuk belajar berbisnis bagi para mahasiswa. KOPMA menyediakan kebutuhan dasar mahasiswa seperti makanan dan minuman, alat-alat tulis, layanan dokumen, pakaian seragam dan Wartel. Untuk informasi lebih lanjut dapat dihubungi telp 022-7566780 dan e-mail:kopma_telkom[at]students.stttelkom.ac.id

Internet

Fasilitas internet berkecepatan 4 Mbps sharing ke semua pengguna (sivitas akademika) secara gratis dan tersedia 24 jam penuh. Mulai tahun 2005 ada fasilitas hotspot, yaitu pengaksesan intranet dan internet di dalam areal kampus (indoor dan outdoor) dan di indekosan sekitar STT meliputi gang Desa, PGA, Adyaksa, Sukapura, dan Sukabirus.

Kantor Pos


Kampus dilengkapi dengan Kantor Pos yang buka dari hari Senin hingga Sabtu pukul 08.00 - 14.00.

Bank


Bank Mandiri telah membuka cabang pembantunya di STT Telkom yang dilengkapi dengan mesin ATM. Jam buka Bank ini 08.30 - 14.00 dari Senin hingga Jum'at.

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

BEASISWA

Beasiswa Yes
Siswa Berprestasi Yes

Fakultas dan Program Studi

Fakultas Teknik Akreditasi : A
Nama Jurusan Teknik Industri Akreditasi : A
Nama Jurusan Teknik Elektro Akreditasi : A
Nama Jurusan Teknik Informatika Akreditasi : A
Nama Jurusan Teknik Telekomunikasi Akreditasi : A
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :
Fakultas Ilmu Komputer Akreditasi : A
Nama Jurusan Sistem Komputer Akreditasi : A
Nama Jurusan Sistem Informasi Akreditasi :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

CONTACT DETAIL

Marketing Contact Details

Nama Marketing
Telp +62 22 7564108
Email info@stttelkom.ac.id
Alamat Jl.Telekomunikasi, Dayeuh Kolot, Bandung, Indonesia

Register Contact Details

Nama Register
Telp +62 22 7564108
Email info@stttelkom.ac.id
Alamat Jl.Telekomunikasi, Dayeuh Kolot, Bandung, Indonesia

TAMBAH KOMENTAR

Khusus untuk member. Login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Daftar Komentar

Fakultas di ITTELKOM itu ada 5 : 1. Fakultas Rekayasa Industri terdiri dari 2 jurusan yaitu jurusan S1 Teknik Industri dan S1 Sistem Informasi 2. Fakultas Elektro dan Komunitasi terdiri dari 4 jurusan yaitu S1 Teknik Telekomunikasi, S1 Sistem Komputer, S1 Teknik Elektro, dan D3 Teknik Telekomunikasi 3. Fakultas Informatika terdiri dari 2 jurusan yaitu S1 Teknik Informatika dan D3 Teknik Informatika 4. Fakultas Sains terdiri dari 2 jurusan yaitu S1 Ilmu Komputasi dan S1 Teknik Fisika 5. Fakultas Pascasarjana terdiri dari 2 jurusan yaitu S2 Teknik Telekomunikasi dan S2 Teknik Informatika semoga membantu :) - (yudha)