Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala

INFORMASI UNIVERSITAS

Nama Universitas : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala
Akronim : STIE MANDALA

SHARE YOUR UNIVERSITY


LOKASI

Negara Indonesia
Propinsi Jawa Timur
Kota Jember
Alamat Universitas Jalan Sumatra No 118-120
Jember
Indonesia

Kode Pos 68121
Telp (0331)334324
Fax (0331)330941
Email stemandl@yahoo.com
Website http://www.stie-mandala.ac.id/

OUR ADVERTISING


AKREDITASI

PENGAJAR

Prosentase pendidikan pengajar

PENGETAHUAN

Deskripsi
Tahun 1978 Yayasan Mandala mendirikan perguruan tinggi bernama Akademi Bank dan Manajemen ABM Mandala pada tanggal 20 Pebruari 1978.

Kampus pertama bertempat di SMP Muhammadiyah jl. Moch. Srudji I/27 Jember. Pada Tahun 1981 pindah ke Kampus sendiri di Jl. MH. Thamrin 144 Jember (sekarang Jl. Sumatera 118 – 120 Jember). Pada tahun yang sama pula diperoleh status terdaftar dari Mendikbud dengan SK Mendikbud No. 039/O/1981, yakni untuk jurusan Manajemen Perusahaan dan Jurusan Perbankan.

Tahun 1985, Akademi Bank dan Manajemen berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mandala dengan dua jurusan, yaitu Jurusan Manajemen dan Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan yang disahkan dengan SK Mendikbud No. 070/O01985 tanggal 18 Pebruari 1985.

Tahun 1986 diperoleh status Terdaftar bagi jurusan Manajemen dan Ilmu Ekonomi dan Tsudi Pembangunan pada program S-1 dengan SK Mendikbud No. 0395/O/1986 tanggal 23 Mei 1986. Serta ditambah program Diploma 3, yaitu Jurusan Manajemen Perusahaan dan Jurusan Manajemen Keuangan dan Perbankan.

Tahun 1990 diperoleh status Diakui melalui SK Mendikbud No. 0298/O/1990 untuk jurusan Manajemen dan jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Pada tahun yang sama telah dikeluarkan status Terdaftar untuk jurusan yang baru dibuka, yaitu jurusan Akuntansi dengan SK Mendikbud No. 0203/O/1990.

Pada tahun 1990 dibuka dua lembaga kursus untuk menunjang kompetensi mahasiswa dimaksudkan untuk menciptakan Sarjana Plus bagi lulusan Mandala, yaitu Mandala English Course (MEC) dan Divisi Kursus Komputer Mandala (Dikkom).

Tahun 1992 dibuka laboratorium Bank Mini atau Laboratorium Perbankan atas sumbangan dari Bapak H. Moch. Noer (mantan Gubernur Jawa Timur) dan diresmikan oleh beliau. Laboratorium Bank Mini dalam pengelolaannya merupakan kerjasama dengan Bank BNI 1946 wilayah Jawa Timur.

Tahun 1993 diajukan pembaharuan status bagi program diploma 3 berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 275/Dikti/Kep/1993 tanggal 10 Mei 1993 dengan predikat status Terdaftar.

Tahun 1995 terdapat perubahan kebijakan yang mengharuskan lembaga perguruan tinggi diakreditasi oleh lembaga independen bentukan Departemen Pendidikan Nasional, yaitu Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Tahun 1997 diajukan dokumen akreditasi untuk prodi Akuntansi, sehingga setahun kemudian diperoleh status TERAKREDITASI untuk program studi Akuntansi dengan SK BAN-PT. Depdikbud No. 02/BAN-PT/AKII/XII/1998.

Tahun 2000 diusulkan ke BAN-PT untuk program studi Manajemen dan Program studi Ekonomi Pembangunan hingga memperoleh status AKREDITASI dengan SK BAN PT Depdiknas RI No. 023/BAN-PT/AK-IV/IX/2000.

Tahun 2001 dibuka kelas ekstensi untuk program S-1 program Studi Manajemen dan Program Studi Akuntansi, yaitu kelas intensif dan kelas eksekutif. Hal ini dimaksudkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat terhadap kebutuhan pendidikan yang semakin tinggi, terutama bagi mereka yang telah bekerja. Dalam perkembangannya, kelas ekstensi dirubah menjadi kelas reguler malam, karena beberapa kelebihan yang dimiliki kelas reguler malam dibandingkan kelas ekstensi, yaitu kelas ekstensi STIE Mandala menggunakan kurikulum yang sama sebanyak 147 SKS dengan proses perkuliahan 5 (lima) hari seminggu.

Tahun 2002 program Diploma 3 memperoleh status TERAKREDITASI dari BAN-PT berdasarkan SK BAN-PT Depdiknas No. 001/BAN-PT/AK-I/DPL/III/2002. Pada tahun ini juga diperoleh hibah kompetisi Semi-Que IV untuk jurusan Manajemen untuk pendanaan tahun pertama.

Tahun 2003 program studi Akuntansi telah direakreditasi oleh BAN PT dan mendapat status TERAKREDITASI C dengan SK BAN-PT Depdiknas No. 005/BAN-PT/AK-VI/S-1/III/2003. Pada tahun ini juga diperoleh hibah kompetisi Semi-Que IV tahun kedua untuk jurusan Manajemen.

Tahun 2004 telah digalakkan kepada semua program studi untuk memperebutkan hibah kompetisi dari Dirjen Dikti Depdiknas, berupa program PHK A-1, tetapi masih belum lolos dalam seleksinya. Pada tahun ini telah dilakukan reakreditasi untuk program studi Manajemen berdasarkan SK BAN PT Depdiknas No. 01/BAN-PT/AK-VII/S-1/IV/2004 dengan nilai ”B”.

Tahun 2005 kembali semua program studi berlomba untuk meraih hibah dari Dirjen Dikti. Program Studi Akuntansi mengusulkan PHK A-1 sedangkan program studi Manajemen mengusulkan PHK A-2, lagi-lagi belum bisa lolos dalam seleksi awal. Pada tahun ini dilakukan reakreditasi program studi Ekonomi Pembangunan dan memperoleh status TERAKREDITASI C berdasarkan SK BAN-PT Depdiknas No 008/BAN-PT/AK-IX/S-1/VI/2005. Tahun 2005 untuk pertama kalinya dilakukan penandatanganan kerjasama dengan PINLAB’S (Pusat Informasi dan Layanan Bahasa) Universitas Airlangga Surabaya dalam bidang program pelatihan bahasa dan ujian TOEFL.

Tahun 2006 kembali semua program studi berlomba untuk meraih hibah dari Dirjen Dikti. Program Studi Akuntansi mengusulkan PHK A-1 sedangkan program studi Manajemen mengusulkan PHK A-2, Proses seleksi tahun 2006 ini membuahkan hasil bagi program studi Akuntansi, yaitu pendanaan PHK A-1 tahun 2007 dan 2008, sedangkan untuk prodi Manajemen hanya sampai pada seleksi tahap sitevisit.

Untuk mengembangkan laboratorium Perbankan, tahun 2006 dilakukan kerjasama dengan Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Jember dalam hal pelatihan dan pemagangan mahasiswa, terutama untuk program Diploma 3 program studi Manajemen Keuangan dan Perbankan.

Tahun 2007 dilakukan kerjasama dengan Univ. Jember dalam upaya mengembangkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang dimiliki kedua belah pihak. Dilain pihak, telah diperoleh dana hibah melalui PHK-TIK K-3 yang digunakan untuk mengembangkan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi serta mengembangkan konten pembelajaran berbasis e-learning yang dikembangkan sejak awal tahun 2007.

Tahun 2008 dilakukan kerjasama dengan Politeknik Negeri Jember dalam upaya memanfaatkan SDM pada masing-masing lembaga terutama dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tahun ini juga dilakukan kerjasama dengan STIE Malangkucecwara dalam bidang pemanfaatan fasilitas kuliah jarak jauh menggunakan teleconference, sehingga mahasiswa masing-masing perguruan tinggi bisa mengikuti kuliah di kedua perguruan tinggi tersebut dan dapat diakui sebagai kredit semester yang bersangkutan (program distance learning).

Hibah untuk pengambangan jiwa enterpreneur mahasiswa juga diperoleh melalui hibah kompetisi dari Direktorat Kelembagaan Dirjen Dikti Depdiknas pada tahun 2008, yaitu program Co-op (.....).

Tahun 2009 banyak hibah diperoleh oleh STIE Mandala, antara lain hibah Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Program Co-op tahun kedua, dan Program Pelatihan Pengembangan Kecerdasan Holistik bagi mahasiswa. Selain itu, pada yahun ini juga mengikuti seleksi hibah kompetisi dari Dirjen Dikti, dan lolos dalam proses seleksi proposal awal.

KETERANGAN

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

BEASISWA

Beasiswa Yes
Siswa Berprestasi No

Fakultas dan Program Studi

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

CONTACT DETAIL

Marketing Contact Details

Register Contact Details

TAMBAH KOMENTAR

Khusus untuk member. Login terlebih dahulu untuk memberikan komentar.

Daftar Komentar