Seni Rupa dan Desain - Institut Kesenian Jakarta

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Institut Kesenian Jakarta
Nama Fakultas : Seni Rupa dan Desain
Alamat Sekretariat : Jalan Cikini Raya 73 Komplek Taman Ismail Marzuki Jakarta 10330 Telp : 0213901965 / 0213915225 Faks : 021-31924807
Kode Pos : 10330
Telp : 3901965    Telp2 : 3915225
Fax : 31924807    Fax2 :
Email : info@fsrikj.ac.id
Website : http://www.fsrikj.ac.id

PENGETAHUAN

Deskripsi

Jakarta sebagai sebuah kota telah memiliki sejarah kesenian yang panjang. Berbagai peristiwa budaya telah mewarnai kehidupan Jakarta sebelum dan sewaktu kolonialisme berlangsung di Indonesia.

Menjelang kemerdekaan, di Jakarta terjadi gerakan-gerakan yang mencerminkan kesadaran nasional sebagai reaksi atas keterbelakangan dalam bidang pendidikan dan kebudayaan akibat penjajahan.

Jakarta selalu akrab dengan kesenian dan seniman. Para seniman Jakarta telah tampil sebagai perintis budaya nasional selama masa perjuangan kemerdekaan. Mereka selalu berperan dalam berbagai gejolak politik yang terjadi di tanah air, dan kemudian mereka tetap menjadi pelopor di bidang kesenian pada masa pembangunan. Jakarta, bersama Bandung dan Jogyakarta merupakan kota budaya, dimana gagasan-gagasan seni dilahirkan dan dikembangkan, dan arah perkembangan kesenian Indonesia ditentukan.

Sebelum Sunda Kelapa menjadi Bandar kerajaan Hindu Pajajaran di awal abad 16, daerah Jakarta telah menjadi tuan rumah tempat berlabuh berbagai pengaruh budaya, baik dari luar Nusantara, maupun dari berbagai daerah di tanah air, Warna seni Hindu, Budha, Islam, Belanda, Inggeris dan Portugis telah berbaur dalam berbagai bentuk seni di Jakarta. Kini, Jakarta telah menjadi kota budaya yang selalu terbuka dan cepat tanggap akan perkembangan dan kreasi kesenian terbaru dari luar.

Jakarta juga punya tradisi panjang menjadi tuan rumah bagi berbagai bentuk seni daerah yang dibawa oleh para pendatang, sehingga akulturasi budaya menjadi ralitas hidup yang dinamis. Gairah mencipta selalu ada di Jakarta, dan tidak pernah berhenti. Jakarta adalah pintu gerbang dan kancah, tempat bertemunya seni daerah dan dunia serta tempat lahirnya seni nasional Indonesia.

Menyimak rangkaian peristiwa budaya yang telah terjadi dan tengah berlangsung, adalah merupakan suatu ironi bahwa sampai tahun 1967 kota Jakarta belum mempunyai lembaga yang berwibawa, yang bisa menjadi wadah tempat berbagai wujud kesenian diciptakan, dikembangkan, dikaji dan dipentaskan. Kesenian adalah kebutuhan spiritual dan santapan jiwa, yang sangat dibutuhkan oleh Jakarta yang senantiasa sibuk dengan berbagai persoalan sosial, politik dan ekonomi.

Diresmikannya Pusat Kesenian Jakarta, Taman Ismail Marzuki pada tanggal, 10 November 1968 merupakan peristiwa bersejarah yang sangat membesarkan hati para seniman dan budayawan Jakarta. Kemudian dengan dibukanya kampus baru Lembagai Kesenian Jakarta oleh Presiden Suharto pada tanggal, 25 Juni 1976 di kompleks yang sama, kelengkapan Jakarta sebagai kota perintis dan pelopor seni dan budaya telah terpenuhi. Di kampus ini para pemuda akan ditempa dan dididik untuk menyongsong masa depan mereka, dan untuk menentukan masa depan kesenian di Indonesia.

Visi Menjadi Pusat pendidikan Seni Rupa berbasis multikultur yang mempunyai sikap kritis terhadap paradigma dan mampu bersaing ditingkat global sebagai agen perubahan.
Misi
  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan system pendidikan, SDM pendidik kurikulum dan silabus yang sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat seni rupa.
  2. Menyiapkan peserta didik yang memiliki kompetensi mewujudkan  karya seni rupa yang kreatif, bermanfaat dan berakar pada nilai-nilai budaya bangsa.
  3. Mempunyai kemampuan meneliti dan menganalisa perkembangan seni rupa dalam masyarakat.
  4. Mensosialisasikan hasil karya seni dan penelitian ke masyarakat serta melibatkan mahasiswa, pengajar dan pengelola pada berbagai kegiatan masyarakat di bidang seni rupa.

AKREDITASI FAKULTAS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Indonesia
Fasilitas Fakultas Pustaka

Fakultas Seni Rupa menyediakan perpustakaan yang dapat digunakan oleh mahasiswa

Waktu Buka

Senin - Jum'at: 08.30 - 16.00 WIB
Sabtu           : 09.00 - 12.00 WIB

Lokasi

Gedung Pameran Fakultas Seni Rupa lantai 1

Keanggotaan

Mahasiswa Fakultas Seni Rupa dengan syarat sebagai berikut:
  1. Menyerahkan pasfoto.
  2. Menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) aktif

Fasilitas

  1. Bahan-bahan pustaka, buku, diktat, buku penunjang, majalah, koleksi khusus, skripsi, tugas akhir, laporan penelitian
  2. Ruang baca dan ruang diskusi
  3. Internet
  4. Locker
  5. Fotokopi
  6. CD ROM
  7. Sistem informasi terpadu

Program Studi

Nama Jurusan Seni Rupa Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Kriya Seni Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Design Interior Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Design Produk Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Desain Komunikasi Visual Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Seni Murni Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Kriya Seni Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Design Interior Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Design Produk Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Desain Komunikasi Visual Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :