Teknik Sipil dan Lingkungan - Institut Teknologi Bandung

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Institut Teknologi Bandung
Nama Fakultas : Teknik Sipil dan Lingkungan
Alamat Sekretariat : Jl. Ganesha 10 Bandung 40132 Jawa Barat – Indonesia
Kode Pos : 40132
Telp : +62-22-250 4952    Telp2 : +62-22-250 0935
Fax : +62-22-251 6586    Fax2 : +62-22-250 0935
Email : kantor@ftsl.itb.ac.id
Website : www.ftsl.itb.ac.id
Nama Dekan : Dr.Ir. Puti Farida Marzuki

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) di Institut Teknologi Bandung dulu dikenal dengan nama Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) ITB. Fakultas tertua di ITB ini dibentuk untuk menjawab kebutuhan akan prasarana dasar yang mutlak ada dalam mendukung setiap kegiatan bangsa ini. Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB, yang didirikan pada tahun 2006, melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di dalam bidang teknik sipil, teknik kelautan, dan teknik lingkungan. Fokus utama kegiatan-kegiatan ini adalah pengembangan infrastruktur dan lingkungan binaan yang berkelanjutan (sustainable) yang merupakan persyaratan dasar untuk mencapai kualitas kehidupan yang lebih baik. FTSL memiliki lima program studi yang melaksanakan pendidikan di dalam tingkat sarjana (S1) dan pasca sarjana (S2 dan S3) dan menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi melalui program perkuliahan yang bersifat state of the art serta mengantisipasi perkembangan ilmu dan teknologi yang sangat cepat di dalam bidang-bidang tersebut di atas. Penelitian dan pengabdian masyarakat pada garis depan dilaksanakan oleh staf akademik FTSL di dalam 9 Kelompok Keahlian/Keilmuan, yaitu: (1) Rekayasa Struktur, (2) Rekayasa Geoteknik, (3) Teknik Sumber Daya Air, (4) Rekayasa Transportasi, (5) Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, (6) Teknik Kelautan, (7) Rekayasa Air dan Limbah Cair (8) Pengelolaan Udara dan Limbah, (9) Teknologi Pengelolalan Lingkungan
Visi Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan adalah menjadi lembaga pendidikan, penelitian dan pengembangan dalam bidang Rekayasa Sipil, Lingkungan, dan Kelautan, serta Sains dan Rekayasa Geodesi & Geomatika, yang unggul, handal dan bermartabat, berdedikasi pada pembangunan bangsa dan negara, serta terpandang di tataran Internasional.
Misi Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan adalah: 1. Memandu perkembangan dan perubahan yang dilakukan masyarakat melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengembangan, serta pelayanan masyarakat yang inovatif, bermutu dan tanggap terhadap perkembangan global dan tantangan lokal dalam bidang Rekayasa Sipil, Lingkungan, dan Kelautan, serta Sains dan Rekayasa Geodesi dan Geomatika. 2. Menyelenggarakan pendidikan program sarjana, magister, dan doktor berbasis penelitian dan pengembangan guna menghasilkan lulusan yang profesional, unggul dan inovatif, serta mempunyai kapasitas kepemimpinan akademik, industri dan nasional yang handal dan bermartabat. 3. Melaksanakan dan mendukung program penelitian dan pengembangan yang bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara dan/atau berkontribusi pada pengembangan keilmuan. 4. Memberikan pelayanan kepakaran dan keilmuan bagi pemerintah, industri serta institusi lainnya secara profesional dan bertanggung jawab. 5. Berkontribusi dalam program pelayanan dan pengabdian masyarakat secara bertanggungjawab dan berkelanjutan.

AKREDITASI FAKULTAS

INFORMASI BEASISWA

Dari berbagai sumber pendanaan dalam jaringan ITB, tersedia kesempatan untuk mendapatkan beasiswa selama belajar di ITB. Beasiswa yang diberikan di ITB adalah beasiswa ekonomi untuk mahasiswa yang tidak mampu dan beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi.

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Fakultas Untuk menjamin agar setiap proses belajar yang dilakukan dapat berjalan dengan efektif, FTSL-ITB memiliki fasilitas pendukung berupa: 1. Kelas yang dilengkapi alat bantu ajar terkini 2. Ruang diskusi dan seminar 3. Laboratorium sesuai dengan bidang keahlian di setiap prodi 4. Laboratorium Komputer dengan fasilitas LAN dan koneksi internet 5. Jaringan komunikasi nirkabel (Wifi) 6. Perpustakaan dengan koleksi buku yang selalu diperbaharui.

Program Studi

Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :