Teknologi Industri - Institut Teknologi Bandung

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Institut Teknologi Bandung
Nama Fakultas : Teknologi Industri
Alamat Sekretariat : Jl. Ganesha 10 Bandung 40132 Jawa Barat – Indonesia
Kode Pos : 40132
Telp : +62-22-250 0935    Telp2 :
Fax : +62-22-250 0935    Fax2 :
Website : http://www.fti.itb.ac.id/
Nama Dekan : Dr. Dwiwahju Sasongko

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Fakultas Teknologi Industri – Institut Teknologi Bandung (FTI – ITB) diresmikan pada tahun 1973. Namun sebagian kegiatan program studi telah dilaksanakan sebelumnya. Setelah mengalami beberapa perubahan, hingga Desember 2005, FTI terdiri dari atas 7 Departemen yaitu, Departemen Teknik Kimia, Departemen Teknik Mesin (terdiri atas Program Studi Teknik Mesin dan Program Studi Teknik Material), Departemen Teknik Elektro, Departemen Teknik Fisika, Departemen Teknik Industri,Departemen Teknik Informatika dan Departemen Teknik Penerbangan.Seiring dengan perubahan status ITB menjadi ITB BHMN, melalui Surat Keputusan Rektor ITB No.22/SK/K01/OT/2005 tentang Pengelolaan Satuan Akademik di lingkungan Institut Teknologi Bandung, istilah departemen dihilangkan dan diganti dengan program studi. Fungsi dan peranan administasi yang semula berada di departemen dialihkan ke fakultas. Pada Bulan Januari 2006, dibentuk Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) yang mengelola program studi (1)Teknik Elektro dan (2)Teknik Informatika yang sebelumnya berada dalam naungan FTI.Dengan demikian Program Studi yang bernaung di bawah FTI – ITB selama kurun waktu tahun 2006 s.d 2007 adalah : (1) Program Studi Teknik Kimia, (2) Program Studi Teknik Mesin, (3) Program Studi Teknik Fisika, (4) Program Studi Teknik Industri, (5) Program Studi Teknik dan Manajemen Industri, (6) Program Studi Teknik Penerbangan, (7) Program Studi Teknik Material, (8) Program Studi Ilmu dan Teknik Material, (9) Program Studi Magister Instrumentasi & Kontrol.Selanjutnya, berdasarkan kajian pengembangan FTI, maka diterbitkan SK Rektor No. 245/SK/OT/2007 tanggal 10 September 2007 tentang terbentuknya Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara yang disingkat dengan FTMD yang merupakan hasil pemekaran dari Fakultas Teknologi Industri. FTMD mengelola Program Studi Teknik Mesin, Tekni Penerbangan, dan Teknik Material. Jadi mulai tahun 2008, FTI mengelola dan menaungi : 1. Program Studi Teknik Kimia Terdiri dari program : Sarjana, Magister, dan Doktor Teknik Kimia 2. Program Studi Teknik Fisika Terdiri dari program : Sarjana, Magister, dan Doktor Teknik Fisika, Magister Instrumentasi dan Kontrol 3. Progam Studi Teknik Industri Terdiri dari program : Sarjana Teknik Industri, Magister dan Doktor Teknik dan Manajemen Industri
Visi Menjadi fakultas yang melakukan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknologi industri yang unggul, handal dan terkemuka di Indonesia serta berperan aktif dalam memajukan dan mensejahterakan bangsa.
Misi 1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi dan pendidikan berkelanjutan di bidang teknologi industri. 2. Menjaga kemutakhiran serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkaitan dengan teknologi industri melalui kegiatan penelitian. 3. Mendiseminasikan ilmu pengetahuan, teknologi dan wawasan di bidang teknologi industri kepada masyarakat, baik melalui peran lulusannya, kemitraan dengan industri atau lembaga lain, maupun kegiatan pengabdian kepada masyarakat. 4. Menjalin dan mengembangkan jejaring kerjasama nasional dan internasional di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

AKREDITASI FAKULTAS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing FTI - ITB menggalang kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai institusi dari dalam dan dari luar negeri seperti : Kerjasama Luar Negeri : 1. Rijksuniversiteit Groningen (RuG) Belanda 2. Korean Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) 3. College of Engineering - Korea University 4. Faculty of Mechanical Engineering of the Czech Technical University in Prague (Futher CTU) Kerjasama Dalam Negeri : 1. Departemen Perindustrian 2. PT. Pertamina (Persero) 3. PT. ASTRA Otoparts Tbk 4. PT. Mustika Ratu Tbk 5. PT. KHI PIPE Industries (Krakatau Steel Group) 6. PT. Pupuk Sriwijaya (PUSRI) 7. dll.

Program Studi

Akademi :     Diploma :     Sarjana : 3     Magister : 3     Doktorat : 3