Ilmu Komunikasi - Universitas Padjadjaran

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Padjadjaran
Nama Fakultas : Ilmu Komunikasi
Alamat Sekretariat : Kampus Jatinangor, Bandung
Kode Pos : 40600
Telp : (022) 7797740, Ekst. 39 - 40    Telp2 :
Fax : (022) 7796954    Fax2 :
Email : dekanfikom@unpad.ac.id
Website : http://www.fikom.unpad.ac.id/
Nama Dekan : Prof. Dr. H. Deddy Mulyana

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Langkah awal berdirinya Fikom Unpad yang semula bernama Fakultas Publisistik ditandai dengan pembentukan panitia pada tanggal 30 Mei 1960 dengan susunan personalia terdiri atas : * Ketua : Prof. Dr. Mr. R. Moestofo * Sekretaris : Azhary Sulaiman (wartawan) * Anggota : o A.Z. Palindih (Serikat Perusahaan Surat Kabar) o S. Rochadi (Persatuan Wartawan Indonesia) o R. Roekomy (Jawatan Penerangan Propinsi Jawa Barat) Dalam perkembangannya, panitia tersebut mendapat dukungan luas dari tokoh-tokoh masyarakat, baik di Jawa Barat maupun di Jakarta. Beberapa tokoh diantaranya : * Prof. Mr. Iwa Kusuma Sumantri (Presiden Universitas Padjadjaran) * Kolonel Mashudi (Gubernur Jawa Barat) * Kolonel Ibrahim Adjie (Pangdam VI Siliwangi) * Brigjen Pol. R. Enoch Danubrata * Kol. Udara Wiradinata * Prof. Mr. H. Muhammad Yamin (Jakarta) * Soedjarwo Tjondronegoro,S.H. (Jakarta) * Adam Malik * B.M. Diah * R.S. Soeradiradja * Dajat Hardjakoesoema Dalam waktu yang relatif singkat usaha panitia tersebut sudah mulai nampak. Dengan SK Ketua Yayasan Pembina Unpad, tanggal 6 September 1960, dibukalah Jurnalistik dan Publisistik yang bernaung di bawah Yayasan Pembina Unpad dan peresmiannya dilaksanakan pada tanggal 18 September 1960.
Visi Menjadi lembaga pendidikan tinggi yang merupakan pusat pendidikan, penelitian, dan pengembangan ilmu serta pemberdayaan teknologi dalam bidang komunikasi, yang memiliki keunggulan kompetitif.
Misi 1. Menyelenggarakan pendidikan ilmu komunikasi, mulai dari jenjang diploma, sarjana, ekstensi dan pascasarjana. 2. Melakukan kegiatan penelitian untuk kegiatan penelitian untuk mengembangkan ilmu dan aplikasi komunikasi. 3. Menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk memberdayakan masyarakat melalui pendekatan ilmu dan keterampilan komunikasi untuk menciptakan masyarakat komunikatif. Langkah awal berdirinya Fikom Unpad yang semula bernama Fakultas Publisistik ditandai dengan pembentukan panitia pada tanggal 30 Mei 1960 dengan susunan personalia terdiri atas : * Ketua : Prof. Dr. Mr. R. Moestofo * Sekretaris : Azhary Sulaiman (wartawan) * Anggota : o A.Z. Palindih (Serikat Perusahaan Surat Kabar) o S. Rochadi (Persatuan Wartawan Indonesia) o R. Roekomy (Jawatan Penerangan Propinsi Jawa Barat) Dalam perkembangannya, panitia tersebut mendapat dukungan luas dari tokoh-tokoh masyarakat, baik di Jawa Barat maupun di Jakarta. Beberapa tokoh diantaranya : * Prof. Mr. Iwa Kusuma Sumantri (Presiden Universitas Padjadjaran) * Kolonel Mashudi (Gubernur Jawa Barat) * Kolonel Ibrahim Adjie (Pangdam VI Siliwangi) * Brigjen Pol. R. Enoch Danubrata * Kol. Udara Wiradinata * Prof. Mr. H. Muhammad Yamin (Jakarta) * Soedjarwo Tjondronegoro,S.H. (Jakarta) * Adam Malik * B.M. Diah * R.S. Soeradiradja * Dajat Hardjakoesoema Dalam waktu yang relatif singkat usaha panitia tersebut sudah mulai nampak. Dengan SK Ketua Yayasan Pembina Unpad, tanggal 6 September 1960, dibukalah Jurnalistik dan Publisistik yang bernaung di bawah Yayasan Pembina Unpad dan peresmiannya dilaksanakan pada tanggal 18 September 1960.

AKREDITASI FAKULTAS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia

Program Studi

Nama Jurusan Ilmu Komunikasi Akreditasi : B Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Ilmu Perpustakaan Akreditasi : B Jenjang Pendidikan :
Akademi :     Diploma : 5     Sarjana : 4     Magister : 4     Doktorat :