Teknik - Universitas Gadjah Mada

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Gadjah Mada
Nama Fakultas : Teknik
Alamat Sekretariat : Jl. Grafika 2, Kampus UGM, Yogyakarta
Kode Pos : 55281
Telp : (0274) 513665    Telp2 : (0274) 6492190 - 4
Fax : (0274) 589659    Fax2 :
Email : teknik@ugm.ac.id
Website : http://fakultas-teknik.ugm.ac.id
Nama Dekan : Ir. Tumiran, M.Eng., Ph.D.

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Dengan di berlakukannya PP. No. 153 Tahun 2000, maka status Universitas Gadjah Mada berubah dari Perguruan Tinggi Negara (PTN) menjadi Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (PT-BHMN). Dengan status baru tersebut, maka seluruh komponen di UGM termasuk Fakultas Teknik memiliki perluasan otonomi dalam memerankan diri secara maksimal sebagai kekuatan moral dan agen pembaharuan, serta mengembangkan diri ke arah tujuan bersama sebagaimana tercermin dalam Visi dan Misi Fakultas Teknik berikut ini :
Visi Fakultas Teknik menjadi lembaga pendidikan tinggi yang mampu menghasilkan lulusan jenjang Diploma, Sarjana, S-2/Magister, serta jenjang S-3/Doktor yang professional, berintegrasi tinggi, berbudaya serta berkualitas internasional, serta memiliki kesadaran nasional yang tinggi, sehingga mampu memberikan kontribusi maksimal dalam bidang sains dan teknologi kepada masyarakat Indonesia dan dunia global.
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi teknik yang berkualitas di bidang sains dan teknologi dalam rangka mendidik dan membangun serta memelihara integritas bangsa.
  2. Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan.
  3. Meningkatkan pengabdian kepada masyarakat yang beorientasi kepada kesejahteraan rakyat.
  4. Menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan tinggi, dalam dan luar negeri dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

AKREDITASI FAKULTAS

INFORMASI BEASISWA

Beasiswa IIEF

The Indonesian International Education Foundation (IIEF) akan mengadakan Presentasi mengenai Tawaran Beasiswa Program KAUST Discovery Scholarship yang didanai oleh King Abdullah University of Science and Technology (KAUST)

King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) adalah sebuah universitas berskala internasional untuk pendidikan pasca-sarjana berbasis riset di bidang sains dan teknologi yang berlokasi di kawasan Laut Merah, Arab Saudi.

KAUST Discovery Scholarship adalah program beasiswa penuh dari KAUST untuk mahasiswa S1 (yang masih aktif kuliah) di berbagai program studi sains/teknologi di perguruan tinggi negeri atau swasta di seluruh Indonesia.

FASILITAS

Bahasa Pengantar Indonesia
Fasilitas Fakultas
  1. Fasilitas berbentuk bangunan efektif Fakultas Teknik UGM, luas keseluruhannya adalah 60.241 m 2, terdiri dari gedung-gedung administrasi, ruang-ruang kuliah, ruang-ruang laboratorium, perpustakaan, serta ruang seminar/sidang.
  2. Perpustakaan Fakultas Teknik UGM, terdiri dari tiga lantai dengan luas 529 M2. Perpustakaan ini memiliki koleksi buku sebanyak 10.849 judul (25.304 eksemplar), dengan perincian buku-buku berbahasa Indonesia (1.879 judul - 3.816 eksemplar), buku-buku berbahasa Inggris (7.807 judul - 18.944 eksemplar), serta buku- buku berbahasa asing lainnya (1. 163 judul - 2.544 eksemplar). Perpustakaan FT-UGM sudah menerapkan sistem pelayanan otomasi, yaitu memanfaatkan teknologi komputer berbasis Local Area Network (LAN).
  3. Fasilitas Internet (Fasnet) Fakultas Teknik UGM, yang memiliki 40 unit komputer. Fasnet FT-UGM juga menyelenggarakan pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan Teknologi Informasi (T1) secara periodik bagi mahasiswa UGM maupun masyarakat umum.
  4. Pusat Studi Panas Bumi Fakultas Teknik UGM, sebagai hasil kerjasama riset antara FT-UGM dengan PERTAMINA dalam melaksanakan Penelitian Perpindahan Panas pada System Geothermal selama 5 tahun (1994-1999).
  5. Laboratorium Teknik Pantai UGM-BPPT, semula merupakan laboratorium kerjasama UGM dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, yang kemudian mulai tahun 1987 kerjasama tersebut dialihkan ke BPPT. Laboratorium ini dapat dimanfaatkan untuk penelitian perlindungan pantai, alur pelabuhan, pemecah gelombang, dan lain sebagainya.
  6. Stasian Lapangan Geologi Pro Socroso Notohadiprawiro, yang terletak di Desa Beluk Kecamatan Bayat, I(Iaten. Fasilitas ini merupakan hasil kerjasama UGM dengan PERTAMINA dan dapat dimanfaatkan olch semua pihak/lembaga terkait yang berminat melaksanakan penelitian Ilmu Kebumian.
  7. Mushola Fakultas Teknik UGM, terdiri dari 2 lantai, dengan luas bangunan efektif 454 m’.

Program Studi

Nama Jurusan Arsitektur Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Perencanaan Kota Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Teknik Elektro Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Fisika Teknik Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Teknik Nuklir Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Teknik Geodesi Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Teknik Geologi Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Teknik Kimia Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Teknik Mesin Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Teknik Industri Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Teknik Sipil Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :