Seni Rupa dan Desain - Universitas Trisakti

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Trisakti
Nama Fakultas : Seni Rupa dan Desain
Alamat Sekretariat : Gedung N, Kampus A Jalan Kyai Tapa No. 1 Grogol, Jakarta
Kode Pos : 11440
Telp : (62-21) 5663232, Ext. 8250 - 8264    Telp2 :
Fax : (62-21) 5636713    Fax2 :
Website : http://www.trisakti.ac.id/fsrd
Nama Dekan : Prof. Drs. Yusuf Affendi D, MA

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Pendirian Fakultas Seni Rupa dan Desain berawal dari didirikannya Departemen Seni Rupa sebagai bagian dari Fakultas Teknik Universitas Trisakti pada tahun 1969 bersama dengan Departemen Teknik Sipil, Teknik Elektro dan Teknik Arsitektur. Pada tahun 1974 Departeman Seni Rupa di lingkungan Fakultas Teknik diubah menjadi Jurusan Seni Rupa yang mempunyai Sub Jurusan Arsitektur Interior, Industrial Design dan Seni Lukis. Pada tahun 1978 secara resmi Sub Jurusan Seni Lukis ditutup. Bersamaan dengan itu dibentuk Sub Jurusan Desain Grafis yang pada saat itu mulai diminati masyarakat dan melihat kepada permintaan pasar.

Peminat terhadap Fakultas Teknik semakin tinggi dan jumlah mahasiswa nya bertambah banyak sehingga perlu dilakukan pengelompokan disiplin ilmu. Berdasarkan kondisi itu maka Jurusan teknik Arsitektur, Sipil dan Seni Rupa digabungkan menjadi satu Fakultas, yaitu Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, dengan Jurusan Teknik Arsitektur, Jurusan Teknik Sipil dan Jurusan Seni Rupa dan Desain. Di tahun yang sama Sub Jurusan berubah menjadi Program Pengutamaan Studi, yaitu PPS Desain Interior, PPS Desain Produk Industri dan PPS Desain Grafis.

Tahun 1996 Jurusan Desain berkembang menjadi Fakultas Seni Rupa dan Desain berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No: 431/Dikti/Kep/1995. FSRD mempunyai 2 jurusan, yaituJurusan Desain dan Jurusan Seni Rupa. Jurusan Desain mempunyai 3 program studi, yaitu Program Studi Desain Interior, Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual, sedangkan Jurusan Seni Rupa mempunyai Program Studi Fotografi.

Pada tahun 2000, Fakultas Seni Rupa dan Desain memperoleh Akreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional dan pada tahun 2006 FSRD mendapat akreditasi  A untuk Jurusan Desain; Program Studi Desain Interior, Desain Produk,  Desain Komunikasi Visual dan Akreditasi B untuk Jurusan Seni Rupa Program Studi Fotografi.
Visi
Fakultas Seni Rupa dan Desain menjadi salah satu fakultas terkemuka bermutu internasional dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni


Misi
Memajukan dan mengembangkan sumber daya manusia berpengetahuan, berkarakter, mandiri dan berjiwa wirausaha yang mampu meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.

AKREDITASI FAKULTAS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Fasilitas Fakultas

-Perpustakaan
-Laboratorium Komputer
-Studio dan Laboratorium Fotografi Jur. Desain
- Laboratorium Multimedia
- Studio Praktika Desain
- Studio Proses Cetak
- Studio & Laboratorium Fotografi Jur. Seni Rupa
- Galeri Seni Rupa & Desain
- Studio Gambar Teknik

Program Studi

Nama Jurusan Desain Interior Akreditasi : A Jenjang Pendidikan : S1
Nama Jurusan Desain Komunikasi Visual Akreditasi : A Jenjang Pendidikan : S1
Nama Jurusan Fotografi Akreditasi : B Jenjang Pendidikan : S1
Nama Jurusan Design Produk Akreditasi : A Jenjang Pendidikan : S1
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :