Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan - Universitas Trisakti

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Trisakti
Nama Fakultas : Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan
Alamat Sekretariat : Gedung K, Kampus A Jl. Kyai Tapa Grogol Jakarta, Indonesia
Kode Pos : 11440
Telp : (021) 560 2575 Ext. 8754 - 8755 - 8759    Telp2 :
Fax : (021) 560 2575    Fax2 :
Website : http://www.trisakti.ac.id/
Nama Dekan : Ir. Ida Bagus Rabindra, MSP.

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Pada tahun 1970, Akademi Arsitektur Pertamanan (AKAP) yang diprakarsai pendiriannya oleh Gubernur KDH-DCI Jakarta Raya diserahkan kepada Yayasan Trisakti Untuk dikelola dan dibina, yang selanjutnya di ubah namanya menjadi Akademi Arsitektur Pertamanan dan Perencanaan Kota Trisakti ( AKAPP Trisakti) .

Pada tahun 1973 AKAPP Trisakti ditingkatkan menjadi Sekolah tinggi Arsitektur Pertamanan Trisakti (STAPI), dengan lama pendidikan yang semula 3,5 tahun (tiga setengah tahun) menjadi 5 tahun (lima tahun).

Pada tahun 1977, sesuai dengan kebijakan Yayasan dan Universitas, maka dengan keputusan Rektor Universitas Trisakti No. 009/USAKTI/SKR/1977 tanggal 18 Maret 1977, didirikan Fakultas Arsitektur Lansekap (FAL), sebagai pengganti STAPI, dengan 1(satu Jurusan/program Studi yaitu Jurusan Arsitektur Lansekap.

Pada tahun 1985, dengan adanya penambahan jurusan/program studi baru yaitu jurusan Teknik Lingkungan, maka Fakultas Arsitektur Lansekap (FAL) dikembangkan lebih lanjut menjadi Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan (FALTL) yang disahkan dengan surat keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia No.073/0/1985 tanggal 18 Pebruari 1985 dan memberikan status “terdaftar” pada program pendidikan S1, pada kedua jurusan yaitu Jurusan Arsitektur Lansekap dan Jurusan Teknik Lingkungan. Tahun 1991, status “Terdaftar”  pada jurusan/program studi Arsitektur Lansekap meningkat menjadi “Diakui” dengan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.073/0/1991 tertanggal 21 Pebruari 1991 dan selanjutnya pada tahun 1993 telah dapat ditingkatkan Statusnya menjadi “Disamakan” dengan SK. Dikti No.494/Dikti/Kep/1993 tanggal 16 Agustus 1993.

Pada tahun 1998 sesuai dengan keputusan Badan Akreditasi Nasional (BAN) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No: 001/BAN-PT/AK-II/VIII/1998, telah terakreditasi bahwa Jurusan Arsitektur Lansekap mendapatkan hasil dalam perolehan peringkat “A” tahun 2004 peringkat menurun menjadi “B’Tahun 1996, Jurusan Teknik Lingkungan telah dapat meningkatkan Statusnya dari “Diakui” menjadi “Disamakan” dengan SK Dikti No.56/Dikti/Kep/1996 tanggal 19 Pebruari 1996. Tahun 2000 sesuai dengan Keputusan Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Jurusan Teknik Lingkungan menda[patkan hasil dalam penilaian peringkat “A”.

Tahun 2005 peringkat menurun menjadi “B” . Selanjutnya tahun 1996 dibuka Jurusan Teknik Planologi mendapatkan Status “Terdaftar” dengan SK Dikti No.377/Dikti/Kep/1996, tanggal 17 Juli 1996 saat ini Jurusan Teknik Planologi sudah terakreditasi. Tahun 2003 Jurusan Teknik Planologi dengan Program Studi Perencanaan Kota dan Wilayah telah terakreditasi dengan peringkat “C”.
Visi
Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan Sebagai Fakultas Terkemuka dan Pusat Unggulan dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni Bagi Kesejahteraan Umat Manusia dan Kelestarian Lingkungan khususnya di bidang studi Arsitektur Lansekap, bidang studi Teknik Lingkungan dan bidang studi Teknik Planologi


Misi
Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional yang unggul dalam bidang Arsitektur Lansekap, bidang Teknik Lingkungan dan bidang Teknik Planologi, melalui sistem pendidikan tinggi yang terencana, mantap, terintegrasi dan fleksibel untuk menghasilkan sumber daya manusia mandiri yang mudah beradaptasi dan mampu menghadapi tantangan perubahan baik masa kini maupun masa depan.

Menghasilkan penemuan baru, melaksanakan pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni melalui penelitian terpadu untuk diabdikan kepada masyarakat bagi kelangsungan kehidupan dan kesejahteraan bangsa dan umat manusia.

Menjunjung tinggi martabat serta nilai-nilai kemanusiaan, kesatuan dan persatuan, menganut kebebasan akademik yang bertanggung jawab berdasarkan integritas keilmuan, mengandalkan kepakaran yang berwawasan lingkungan serta membina dan mengembangkan kerjasama dan kemitraan institusional dalam bidang pendidikan tinggi.

AKREDITASI FAKULTAS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Fasilitas Fakultas
- Perpustakaan
- Laboratorium Lingkungan
- Laboratorium Biologi/Mikrobiologi
- Laboratorium Mekanika Fluida
- Studio Teknik Lingkungan
- Laboratorium Perencanaan dan Perancangan
- Laboratorium Budidaya Tanaman Lansekap
- Laboratorium Rekayasa dan Seni
- Laboratorium Komputer
- Studio Perencanaan
- Fasilitas Ormawa
- Ruang Kelas

Program Studi

Nama Jurusan Arsitektur Lansekap Akreditasi : B Jenjang Pendidikan : S1
Nama Jurusan Teknik Lingkungan Akreditasi : A Jenjang Pendidikan : S1
Nama Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Akreditasi : B Jenjang Pendidikan : S1
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :