Psikologi - Universitas Airlangga

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Airlangga
Nama Fakultas : Psikologi
Alamat Sekretariat : JL. AIRLANGGA 4-6 SURABAYA
Kode Pos : 60286
Telp : 031-5032770    Telp2 : 031-5014460
Fax : 031-5025910    Fax2 :
Email : fpsi@unair.ac.id
Website : http://www.psikologi.unair.ac.id/
Nama Dekan : Dr. Seger Handoyo

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Sejarah berdirinya pendidikan psikologi di Universitas Airlangga dimulai dengan suatu Studi Penjajagan Pendidikan Fakultas Psikologi Universitas Airlangga yang dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Rektor 076/PT.03.B/08/1981 tanggal 25 September 1981 oleh Rektor Universitas Airlangga, Prof. Marsetio Donosepoetro. Studi penjajagan tersebut dilakukan dengan dasar pertimbangan: pertama, sebagai upaya pengembangan pendidikan di Universitas Airlangga, kedua, meningkatnya kebutuhan masyarakat akan layanan psikologi baik masyarakat awam maupun di dunia industri, dan ketiga, belum adanya pendidikan psikologi yang berdiri di Surabaya khususnya dan di Indonesia Timur pada umumnya yang dituangkan dalam Rencana Induk Pengembangan (RIP) Universitas Airlangga tahun 1980-1990. Panitia studi penjajagan tersebut adalah Dr. Lukas Widyanto (Penanggung Jawab), Sutandyo Wignjosoebroto, MPA (Ketua), Soedaryono, Drs., Psi (Sekretaris), Prihastuti, Dra. Psi (Anggota) dan Lies Setiawati, Dra.Psi (Anggota).
Visi
Menjadi salah satu Fakultas Psikologi yang mandiri, inovatif, terkemuka di tingkat nasional maupun internasional, pelopor pengembangan ilmu dan teknologi berbasis Psikologi berdasarkan moral agama.

Misi 1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional psikologi berbasis metode pembelajaran modern.
2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan di bidang psikologi yang inovatif untuk menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian pada masyarakat.
3. Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang psikologi kepada masyarakat.
4. Mengupayakan kemandirian dalam pelaksanaan tri dharma pendidikan tinggi melalui pengembangan kelembagaan manajemen modern yang berorientasi pada mutu dan kemampuan bersaing.

AKREDITASI FAKULTAS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Fasilitas Fakultas
- Ruang kuliah umum/aula yang menampung ± 300 orang,
- Enam ruang kuliah masing-masing berkapasitas 50 orang, yang semuanya dilengkapi dengan fasilitas sound system, proyektor LCD, komputer, OHP, serta Air Conditioner,
- Satu blok laboratorium psikologi yang terdiri atas 1 ruang eksperimen, 1 ruang observasi, 1 ruang diskusi, 1 ruang bermain, 1 ruang seminar, 1 ruang penyimpanan alat dan 10 ruang kasuistika.
Alat tes/diagnostik yang dimiliki laboratorium psikologi adalah alat tes kemampuan intelegensi (WAIS, WISC, APM, CPM, SPM, IST, CFIT, WPPSI, Stanford-Binet), alat tes untuk mengungkap bakat dan minat (DAT, GATB, FACT, Kuder, RMIB), dan alat tes pengungkap kepribadian (Rorschach, CAT/TAT, SSCT, Wartegg, EPPS, 16 PF, Pauli/Kraeplin).
- Satu ruang Pusat Media Pembelajaran Mandiri (PMPM) di lantai 2, ruang santai lesehan berkapasitas sekitar 60 orang, yang dilengkapi dengan sarana multimedia audio/video mini theatre, dan 15 komputer dengan akses internet. Di PMPM ini mahasiswa dapat mengakses informasi digital/internet secara bebas dan sekaligus sebagai tempat koleksi jurnal elektronik.
- Wi-Fi hotspot di seluruh gedung Fakultas yang bisa diakses oleh setiap mahasiswa.
- Satu blok ruang administrasi di lantai 2.
- Dua blok ruang dosen di lantai 1

Program Studi

Nama Jurusan Psikologi Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Profesi Psikolog Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Sains Psikologi Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :