Pascasarjana - Universitas Negeri Yogyakarta

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Negeri Yogyakarta
Nama Fakultas : Pascasarjana
Website : http://www.uny.ac.id/
Nama Dekan : Prof. Soenarto S., M.Sc, MA, Ph.D.

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Profil Singkat  Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta adalah unit pendidikan setara fakultas yang diberi mandat untuk Mengelola program studi berjenjang S2 (magister) dan S3 (doktoral) untuk bidang-bidang ilmu yang dikembangkan oleh Universitas Negeri Yogyakarta. Direktur PPS bertanggung jawab kepada Rektor Universitas Negeri Yogyakarta. Hingga tahun 2007 PPS UNY telah mengembangkan 15 prodi. Tiap tahun PPS UNY melayani sekitar 2000 mahasiswa, diantaranya mahasiswa internasional yang belajar di PPS UNY. Dalam pelaksanaan akademik, PPS UNY melibatkan tidak kurang dari 100 dosen dengan kuaifikasi doktor dan profesor. Tenaga pengajar tersebut mayoritas berasal dari fakultas- fakultas dalam lingkup UNY sendiri, tetapi untuk mata kuliah tertentu PPS menghadirkan dosen dari universitas atau lembaga lain di luar UNY. Pimpinan PPS Program Pasca Sarjana UNY dipimpin oleh seorang Direktur, dan dibantu oleh 2 orang Asisten Direktur. Asisten Direktur 1 bertanggung jawab terhadap urusanakademik, sedangkan Asisten Direktur 2 bertanggung jawab mengenai persoalan administrasi umum, termasuk kepegawaian dan keuangan. Untuk mengelola urusan-urusan akademik, setiap program studi dipimpin oleh seorang Ketua Prodi yang dibantu oleh seorang Sekretaris Prodi. KAMPUS PPS UNY Kampus PPS UNY terletak tepat di belakanggedung rektorat UNY, di Jl. Gejayan, Karangmalang Yogyakarta. Kampus ini dinilai strategis karena berada di dekat berbagai sarana publik yang penting bagi mahasiswa.

Letak yang Strategis PPS UNY berada di lokasi yang sangat strategis karena tidak terlalu jauh dari pusat kota Yogyakarta, hanya sekitar 20 menit dari airport, 20 menit dari terminal bus dan 10 menit dari stasiun KA. Berbagai sarana transportasi menuju dan dari kampus sangat mudah diakses. Berbagai sarana publik tersedia di sekitar kampus, mulai dari hotel, penginapan, rumah kost, toko buku, wartel, warnet, bank, ATM, kantor post, gerai belanja, rumah makan.
Visi
Menjadi Program Pascasarjana yang unggul dalam penelitian pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dan menghasilkan insan cendekia, mandiri, dan bernurani


Misi
1. Menyelenggarakan DIKJAR  yang menghasilkan Insan Cendekia, Mandiri, dan Bernurani.
2. Melaksanakan penelitian yang menghasilkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
3. Memberikan layanan kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian
4. Membangun dan mengembangkan kerjasama secara nasional dan internasional
5. Mengembangkan metodologi penelitian, evaluasi, dan pengujian pendidikan.
6. Mengembangkan pusat informasi ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta metodologinya.
7. Memperkuat kelembagaan pascasarjana.

AKREDITASI FAKULTAS

INFORMASI BEASISWA

Beasiswa utama berasal dari pemerintah RI, berupa BPPS (Beasiswa Pendidikan Pascasarjana) yang meliputi biaya kuliah, biaya penelitian dan biaya hidup. BPPS diberikan kepada mahasiswa yang berstatus sebagai dosen PTN, dosen Kopertis atau dosen yayasan yang lulus dengan nilai sangat baik pada ujian seleksi. Setiap tahunnya sekitar 40 mahasiswa PPS UNY mendapatkan beasiswa BPPS ini.

Beasiswa lain yang juga berasal dari pemerintah RI adalah Beasiswa Unggulan. Beasiswa ini untuk sementara baru diberikan kepada pegawai atau widyaiswara dari LPMP atau PPPG seluruh Indonesia, dan baru diberikan kepada mahasiswa dari Prodi S2 PEP dan S3 PTK saja. Beasiswan ini juga meliputi biaya kuliah dan biaya hidup. Pada tahun 2006 sejumlah 43 mahasiswa PPS UNY mendapat Beasiswa Unggulan.

Beasiswa lain adalah beasiswa dari pemerintah RI bagi mahasiswa khusus prodi pendidikan Dasar yang memiliki latar belakang keilmuan pendidikan. Beasiswa ini juga meliputi biaya kuliah dan biaya hidup. Pada tahun 2006 sejumlah 10 mahasiswa prodi Pendidikan Dasar menerima beasiswa ini.

FASILITAS

Fasilitas Fakultas
- Puskom
- poliklinik
- fasilitas olah raga dan kebugaran
- fasilitas hotspot
- Layanan Bahasa
- ruang kuliah multimedia
- Lab Komputer dan Internet
- Perpustakaan
Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing
PPS UNY menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, baik dalam maupun luar negeri. Pada umumnya kerjasama tersebut terkait dengan program peningkatan kualitas sumber daya manusia yang terwujud dalam bentuk penyelenggaraan perkuliahan S2/S3 bagi staf lembaga-lembaga tersebut. Pada tahun 2006-2007 PPS menjalin kerjasama dengan Kanwil Depag Provinsi DIY, Pemda Sleman, Dinas Pendidikan Kabupaten Gunung Kidul, pemda Kabupaten Banyumas, Majelis NU Pacitan, UNSIQ Wonosobo, BPKLN Depdiknas, UIN Sunan Kalijaga dsb.

Kerjasama Luar Negeri PPS UNY diarahkan untuk merintis credit transfer system, yakni perkuliahan yang diselelenggarakan di universitas lain yang dapat ditransfer ke dalam kurikulum PPS UNY; dan sebaliknya perkuliahan yang diselenggarakan di PPS UNY yang dapat nilai kreditnya dapat ditransfer dalam kurikulm universitas lain di LN.

Program Studi

Nama Jurusan Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Doktor Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Kurikulum Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Doktor Ilmu Pendidikan Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Manajemen Pendidikan Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Pendidikan Luar Sekolah Akreditasi : B Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Pendidikan IPS Akreditasi : B Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Linguistik Terapan Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Teknologi Pembelajaran Akreditasi : B Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Pendidikan Sains Akreditasi : C Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Pendidikan Matematika Akreditasi : B Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Pendidikan Sastra Anak Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Ilmu Keolahragaan Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Pendidikan Dasar Akreditasi : B Jenjang Pendidikan :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :