Ilmu Keolahragaan - Universitas Negeri Yogyakarta

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Negeri Yogyakarta
Nama Fakultas : Ilmu Keolahragaan
Website : http://www.uny.ac.id/
Nama Dekan : Drs. Sumaryanto, M.Kes

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (FIK UNY) memiliki perjalanan hidup yang cukup panjang. Apabila diibaratkan sebagai manusia, FIK UNY sudah memasuki usia paruh baya. Suatu masa yang menunjukkan kematangan jiwa dan raga. Walaupun demikian, FIK UNY masih terus mengembangkan diri dan selalu berupaya untuk menggapai prestasi.

Sejarah FIK UNY dimulai dengan Keputusan Menteri PD & K nomor 6216/B tanggal 9 Agustus 1950 tentang pendirian Akademi Pendidikan Djasmani (APD) dipimpin oleh W de Baan, dan AR. Tampenawas. Akademi ini menjadi Jurusan Pendidikan Jasmani dari bagian Pedagogik pada Fakultas Sastra, Pedagogik, dan Filsafat, Universitas Gadjah Mada pada tanggal 1 Oktober 1951. Tanggal 19 September 1955, Bagian Pedagogik Fakultas Sastra, Pedagogik, dan Filsafat UGM berubah menjadi Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) yang memiliki Bagian Pendidikan dan Pendidikan Jasmani. Fakultas Ilmu Pendidikan UGM berubah menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UGM pada tanggal 1 September 1961. Tanggal 1 September 1962, Jurusan Pendidikan Jasmani FKIP UGM berkembang menjadi Fakultas Pendidikan Djasmani (FPD) UGM dengan Dekan Arma Abdoellah, M.Sc.

Fakultas Pendidikan Djasmani UGM berkembang menjadi Sekolah Tinggi Olahraga (STO) Yogyakarta dengan Ketua Arma Abdoellah, M.Sc. berdasarkan Keputusan Presiden RI nomor 23 tahun 1963. Tanggal 22 Februari 1977, STO Yogyakarta berintegrasi dengan IKIP Yogyakarta menjadi Fakultas Keguruan Ilmu Keolahragaan IKIP Yogyakarta. FKIK berganti nama menjadi Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) IKIP Yogyakarta pada tahun 1981.

Seiring dengan perluasaan mandate IKIP menjadi Universitas, maka IKIP Yogyakarta menjadi Universitas Negeri Yogyakarta. Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan sebagai bagian dari IKIP Yogyakarta berganti nama menjadi Fakultas Ilmu keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta (FIK UNY). Pergantian ini terjadi pada tahun 1998.

Akhirnya dalam kesempatan reuni FIK 2007 ini dihasilkan kesepatakan antara pelaku sejarah di FIK, bahwa berdirinya FIK UNY ditetapkan pada tanggal 1 Oktober 1951 bersamaan dengan masuknya Jurusan Pendidikan Jasmani dari bagian Pedagogik pada Fakultas Sastra, Pedagogik, dan Filsafat, Universitas Gadjah Mada.
Visi
Visi Fakultas Ilmu Keolahragaan UNY tahun 2009 sampai dengan 2010; FIK UNY mampu menjadi lembaga yang menghasilkan Insan Olahraga yang kreatif, sportif dan adaptif.




Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan yang menumbuhkan kreativitas, mengembangkan ketrampilan, meningkatkan moral dan daya tanggap mahasiswa terhadap perubahan.
2. Mengembangkan penelitian Inovatif dan futuristik, yang mendukung pengembangan proses pembelajaran dan Iptek serta peningkatan perilaku ilmiah civitas akademika.
3. Melakukan pengabdian pada masyarakat berdasar hasil penelitian , sesuai dengan kebutuhan dan perubahan masyarakat.
4. Memantapkan pengelolaan lembaga yang sinergis dan rapi.

AKREDITASI FAKULTAS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Program Studi

Nama Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Ilmu Keolahragaan Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar Akreditasi : B Jenjang Pendidikan :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :