Peternakan - Universitas Jenderal Soedirman

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Jenderal Soedirman
Nama Fakultas : Peternakan
Website : http://fapet.unsoed.ac.id/

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Fakultas Peternakan UNSOED berkomitmen mencetak Ahli Madya, Sarjana, dan Magister Peternakan yang handal dan mandiri yang mampu menciptakan dan mendapatkan pekerjaan dibidang peternakan, serta membantu dalam menggapai harapan untuk mewujudkan masa depan yang gemilang.

Sumberdaya Manusia dan Fasilitas. Fakultas Peternakan memiliki sumberdaya manusia berkualifikasi Guru Besar, Doktor, dan Master sebagai expertise yang akhli dalam  aplikasi teknologi dibidang Peternakan dan Pemberdayaan Dinamika Kelompok Tani (Masyarakat), yang didukung oleh pilar kebersamaan dari Mahasiswa, Karyawan, dan Alumni. Fakultas Peternakan memiliki gedung utama 3 lantai yang dilengkapi  dengan ruang kelas, ruang seminar, laboratorium utama pendidikan, laboratorium pendukung komputer, bahasa, studio mini, exferimental dan teaching farm, pabrik pakan mini, serta perpustakaan yang semuanya terkoneksi dalam jaringan LAN (Local Area Networking), di samping sarana olah raga dan seni, serta gedung unit kegiatan mahasiswa.

Pendidikan Kurikulum yang dikembangkan di Fakultas Peternakan adalah kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dengan pendekatan the most up to date market based need analysis. Titik berat KBK adalah pengembangan kompetensi-kompetensi inti dan penunjang yang dibutuhkan pasar kerja di industri peternakan. Untuk menunjang skill lulusan diwajibkan TOEFL ≥ 450 yang dikelola melalui Komisi dan Lab. Bahasa Inggris serta diimplementasikan dalam Ujian Pendadaran berbahasa Inggris.

Penelitian Riset-riset dasar dan terapan yang dikembangkan Fakultas Peternakan melalui Pendanaan Kompetitif yang pernah diperoleh dari RUT, Hibah Bersaing, Peneliti Muda. Bogasari Nugraha, Hasil penelitian banyak didesiminasi melalui Jurnal Produksi Ternak (Animal Production) yang Terakreditasi Nasional yang dimiliki Fak. Peternakan Unsoed. Pengabdian Kepada Masyarakat dan Transfer Teknologi. Fakultas Peternakan memiliki berbagai teknologi yang dihasilkan untuk diterapkan di lapangan melalui beberapa desa binaan maupun kelompok peternak di pedesaan. Fakultas Peternakan memiliki Divisi Bisnis Peternakan melalui investasi dari para Alumni, Persatuan Orang Tua Mahasiswa, Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia, dan stakeholders lainnya yang dikelola oleh Eksfarm Fakultas Peternakan. Sebagai sarana transfer teknologi telah diaplikasikan hasil-hasil riset ke industri peternakan maupun kelompok peternak di pedesaan, antara lain teknologi reproduksi dan genetika (manipulasi berahi, superovulasi, inseminasi buatan, sex separasi, marker genetik), teknologi nutrisi dan pakan ternak (complete feed, amoniasi dan fermentasi pakan, suplemen fosfolipid untuk feedloter), teknologi hasil ternak, pengolahan limbah untuk biogas (energi terbarukan) dan kompos ramah lingkungan, serta penguatan kelompok tani melalui pemberdayaan dinamika masyarakat bekerjasama dengan berbagai Pemerintah Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Brebes, Ciamis, P3GP Cianjur, Bekasi, dan Merauke.

Pengembangan dan Kerjasama Institusi. Fakultas Peternakan Unsoed berhasil meraih berbagai hibah kompetisi dari DIKTI, antara lain Proyek Quality of Undergraduate Education (QUE Project), Program Semi Que, SP4, dan Indonesia-Managing Higher Education for Relevance and Efficiency (IM-HERE Project), serta PKPP dari Direktorat Jenderal Peternakan, Asosiasi Monogastrik Indonesia, Bank Indonesia, Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) NAD, Goettingen University  dan Kassel University Jerman, serta Guelph University Kanada. Kerjasama (resource sharing) dengan Farm Komersial dan Industri Peternakan dalam bentuk pelaksanaan Magang, Praktek Kerja, Kunjungan Ilmiah (Farm Visit), serta reqruitmen tenaga kerja oleh  Student Advisory Centre (SAC) di Fakultas Peternakan, dengan daya serap sekitar 80% per tahun, antara lain dengan PT. Medion,  PT Bareta, PT Satwa Unggul Group, PT Malindo Feed Mill Tbk, PT Prima Tama Karya Sejahtera, PT Japfa Comfeed Ind Tbk, PT Vaksindo Satwa Nusantara, PT Charoen Pokphand Ind Tbk, PT Panca Jaya Trasindo, PT Dipa Pharma Lab. Intersains, PT Pharos Ind., PT Tekad Mandiri Citra, PT Nyomo Farm, PT Sena Alam Anugrah, PT Vista Agung Kencana, PT Pritama Karya Persada, PT Kedung Sirung Raya, PT. Central Proteina Prima, Sumberejo Farm, Petra PS, Suka Hati PS, Andhika PS, RPA Jabal Nur, dan sisanya 20% lulusan terserap di Pemerintah, Peneliti, Akademisi, Perbankan, dan Wirausaha.
Visi
Lembaga pendidikan tinggi yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi serta kompeten pada pengembangan sumberdaya peternakan dan kearifan lokal secara berkelanjutan. 
 
Misi
1  Menyelenggarakan pendidikan tinggi peternakan yang berkualitas untuk  mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan memanfaatkan sumberdaya peternakan dan kearifan lokal.
2   Menyediakan sumberdaya manusia yang kompeten, profesional di bidang  peternakan dan berjiwa wirausaha (entrepreneurship).
3   Meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran secara berkelanjutan.
4   Menyebarluaskan dan menerapkan hasil penelitian kepada masyarakat.
5   Meningkatkan kerjasama dengan pemangku kepentingan dalam  pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

AKREDITASI FAKULTAS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Fasilitas Fakultas - Gedung kuliah
- Laboratorium
- Sub stasiun percobaan
- perpustakaan
- Fasilitas perkuliahan
- Sekretariat berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa
- Tempat parkir
- internet
- Hotspot Area
- musholla

Program Studi

Nama Jurusan Peternakan Akreditasi : B Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Produksi Ternak Akreditasi : C Jenjang Pendidikan :
Akademi : -     Diploma : 1     Sarjana : 1     Magister : -     Doktorat : -