Ilmu Sosial dan Politik - Universitas Sumatera Utara

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Sumatera Utara
Nama Fakultas : Ilmu Sosial dan Politik
Alamat Sekretariat : Jl.Prof.A.Sofyan No.1 Kampus USU Medan
Kode Pos : 20155
Telp : +62 61 8211965    Telp2 : +62 61 8222238
Fax : +62 61 8211965    Fax2 :
Email : fisipusumedan09@yahoo.co.id
Website : http://fisip.usu.ac.id
Nama Dekan : Prof. Dr. Badaruddin, M.Si

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara merupakan fakultas kesembilan di lingkungan Universitas Sumatera Utara. Kelahiran Fakultas ini tidak jauh berbeda dengan fakultas lainnya di lingkungan Universitas Sumatera Utara.
            Pada awal pendiriannya (1980), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara masih merupakan Jurusan Pengetahuan Masyarakat pada Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara. Setahun kemudian Jurusan Pengetahuan Masyarakat berubah menjadi Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial (IIS). Pada tahun 1982, Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial resmi menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dengan menggunakan gedung perkuliahan di Fakultas Kedokteran Gigi  (FKG)  Universitas Sumatera Utara.
 
Dalam proses pengembangannya, jurusan yang ada di FISIP USU tidak dibuka sekaligus. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan pemerintah daerah serta tenaga pengajar yang dibutuhkan sesuai dengan bidangnya. Oleh karenanya, pada tahun ajaran 1980/1981, FISIP USU hanya membuka 2 (dua) jurusan saja yaitu:
1.Jurusan Ilmu Komunikasi
2.Jurusan Ilmu Administrasi Negara
Barulah pada tahun ajaran 1983/1984, FISIP USU membuka Jurusan lainnya, yaitu:
1.Jurusan Sosiologi
2.Jurusan Kesejateraan Sosial dan menerima Jurusan Antropologi dari Fakultas Sastra 
             Sesuai dengan SK Mendikbud RI No. 0535/0/83 tahun 1983 tentang jenis dan jumlah Jurusan pada fakultas di lingkungan Universitas Sumatera Utara, dinyatakan bahwa FISIP USU mempunyai  6 (enam) Jurusan, yaitu:
1.Jurusan Sosiologi
2.Jurusan Kesejahteraan Sosial
3.Jurusan Antropologi Sosial
4.Jurusan Ilmu Administrasi Negara
5.Jurusan Ilmu Komunikasi
6.Jurusan Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) 

              Jurusan MKDU akhirnya diputuskan untuk diserahkan pengelolaannya di luar FISIP USU dengan pertimbangan bahwa jurusan tersebut bukan suatu disiplin ilmu yang berdiri sendiri, melainkan mengelola mata kuliah yang termasuk pada kelompok Mata Kuliah Dasar Umum. Sejalan dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat serta pemerintah daerah dan didukung oleh ketersediaan staf pengajar yang dibutuhkan, FISIP USU dengan SK Dikti No. 108/Dikti/Kep/2001 tanggal 30 April 2001 menambah satu program studi baru yaitu Ilmu Politik. Dengan demikian, hingga saat ini ada 6 (enam) Jurusan yang berada di bawah naungan FISIP USU.

Era otonomi daerah yang  mulai bergulir sejak dikeluarkannya UU No. 22 tahun 1999 dan di revisi lagi dengan UU No.32/2004 tentang Pemerintah Daerah menuntut Perguruan Tinggi, termasuk Universitas Sumatera Utara untuk menyediakan tenaga-tenaga pemikir dan peneliti berkaitan dengan berbagai perubahan dan terobosan yang akan dilakukan bagi percepatan proses pembangunan, baik secara konseptual teoritik maupun empirik. Apalagi perubahan statuta USU menuju era Otonomi pendidikan menuju perguruan tinggi yang berbadan hukum (BHMN) pada 11 Nopember 2003 menuntut FISIP USU sebagai salah satu fakultas yang ada di Universitas Sumatera Utara untuk berbenah diri, antara lain menyesuaikan kembali visi fakultas yang searah dengan visi universitas yakni ”University for Industry”, menuntut FISIP USU untuk segera melakukan perubahan-perubahan yang berkaitan berbagai program dan kebijakan seperti pengembangan program studi, penataan/pengembangan kurikulum, pengelolaan personalia dan pengembangan SDM, pengelolaan/pengembangan sumber-sumber dana dan pengembangan kerjasama dengan berbagai stakeholder.
Visi Menjadi Pusat Pendidikan dan Rujukan Bidang-Bidang Ilmu Sosial dan Politik di Wilayah Barat
Misi
Menghasilkan Alumni dengan skala kualitas global dan menjadi pusat riset , kajian dalam studi ilmu sosial dan politik
Menjalin kerja sama yang saling menguntungkan dengan seluruh stakeholders dan mitra pendidikan. Misi ini berhubungan dengan fungsi relasi yang harus dibangun oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara sebagi suatu organisasi profesional pendidikan. Bentuk kolaborasi dengan organisasi lain perlu dijajaki dengan sikap open minded dan profesional. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara harus mampu melihat peluang kerjasama yang ditawarkan atau malah mampu menawarkan kerjasama tersebut pada pihak lain
Membentuk lingkungan kerja sehat, harmonis dan profesional bagi staf dan mitra kerja. Misi ini berhubungan dengan azas profesionalitas dalam menjalankan pekerjaan. Lingkungan dan suasana kerja yang dibangun harus memperhatikan situasi fisik dan psikologis seluruh sivitas akademika. Harus ada mekanisme yang mampu membangun suasana tersebut. Prinsip Profesionalitas juga harus didukung dengan prinsip persaudaraan dan pertemanan (makna positif) dengan kemampuan bisa menempatkan dan menjalankan fungsi masing-masing;
Menjadi Institusi bagi kepentingan publik. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara  sangat potensial sebagai institusi pendidikan yang membawa misi di atas dengan melihat pengalaman-pengalaman yang telah dilalui oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara sendiri.

AKREDITASI FAKULTAS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Fasilitas Fakultas Fasilitas dan Layanan
Internet
Musholla
Perpustakaan
Laboratorium

Program Studi

Nama Jurusan Antropologi Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Ilmu Administrasi Negara Akreditasi : B Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Ilmu Komunikasi Akreditasi : B Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Ilmu Politik Akreditasi : B Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Sosiologi Akreditasi : B Jenjang Pendidikan :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :