Syariah dan Hukum - Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Nama Fakultas : Syariah dan Hukum
Alamat Sekretariat : Jl. Ir. H. Juanda No. 95 Ciputat
Kode Pos : 15412
Telp : 021-74711537    Telp2 :
Fax : 021-7491821    Fax2 :
Email : info@uinjkt.ac.id
Website : http://fsh-uinjkt.net/
Nama Dekan : Prof. Dr. M. Amin Suma ,MA, SH, MM

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Fakultas Syari'ah dan Hukum merupakan fakultas dengan program studi terbanyak di UIN Jakarta. Fakultas ini memiliki fokus kajian di bidang hukum Islam. Sejalan dengan perkembangan masalah-masalah dan spesialisasi dalam keahlian hukum Islam, maka Fakultas Syari'ah dan Hukum menawarkan berbagai program studi yang siap mengantisipasi kebutuhan masyarakat akan berbagai profesi baru yang terkait dengan hukum Islam, seperti ahli perbankan syariah, ahli asuransi syariah, dan sebagainya.

Beberapa tahun terakhir ini antusiasme calon mahasiswa untuk memasuki Fakultas Syari'ah dan Hukum cukup tinggi. Hal ini bisa diindikasikan dengan jumlah mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum yang menduduki peringkat kedua terbanyak setelah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan .
Fakultas Syari'ah dan Hukum bertujuan menyiapkan lulusan yang ahli dan profesional dalam bidang hukum Islam.

Program studi Fakultas Syari'ah dan Hukum:
1. Jurusan Ahwal Syakhshiyyah (Perdata/Peradilan Islam)
2. Jurusan Jinayah/Siyasah Syar'iyyah (Pidana/Tata Negara)
3. Jurusan Perbandingan Mazhab dan Hukum
4. Jurusan Mu'amalat (Ekonomi Islam)
5. Ilmu Hukum

Fakultas Syari'ah mengemban tugas mengembangkan ilmu hukum Islam dan hukum umum. Kini Fakultas Syari'ah dan Hukum sedang mengembangkan program studi-program studi dalam lingkungan jurusan-jurusan yang telah ada, seperti Program Studi Kepaniteraan Kepengacaraan, Administrasi Perkawinan, dan Manajemen Wakaf dan Zakat (dalam Jurusan Al-Ahwal Al-Syakh-siyah), Program Studi Pidana Islam, Tata Negara (dalam Jurusan Jinayah/Siyasah), Program Studi Perbandingan Mazhab Fiqh, Perbandingan Hukum, Konsultan dan Fatwa Hukum, dan Manajemen Haji dan Pariwisata (dalam Jurusan Perbandingan Mazhab dan Hukum), Program Studi Perbankan Syari'ah, Takaful (Asuransi), Kewirausa-haan, dan Agribisnis (dalam Jurusan Mu'amalat dan Perbankan).
Visi
Terwujudnya Fakultas Syariah dan Hukum yang unggul, handal dan terdepan dalam pengkajian, pengembangan, pengintegrasian dan penerapan ilmu syariah, ilmu muamalah (ekonomi Islam) dan ilmu hukum yang berorientasi pada nilai-nilai keislaman, kemanusiaan, dan ke-Indonesiaan.
Misi
1. Melaksanakan pengajaran dan pendidikan yang integrative dalam ilmu syari’ah, ilmu hokum dan ilmu ekonomi Islam baik yang bersifat teroritis maupun praktis.
2. Mengembangkan dan menerapkan ilmu syari'ah, ilmu hokum dan ilmu ekonomi Islam yang berbasis penelitian (research based university).
3. Memberikan landasan ahklak dan moral terhadap pengembangan dan praktek ilmu syari?ah, ilmu hukum dan ilmu ekonomi Islam di masyarakat.
4. Mengembangkan dan membina kehidupan civitas akademika yang menjunjung tinggi kebenaran, keterbukaan, kritis, kreatif, dan inovatif serta tanggap terhadap perubahan-perubahan social, baik dalam skala nasional maupun global.
5. Menyelenggarakan manajemen modern perguruan tinggi yang berorientasi pada mutu, profesionalismi, dan keterbukaan serta memiliki daya saing yang tinggi dan kuat.
6. Memupuk dan menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga-lembaga pemerintah maupun non-pemerintah, perguruan tinggi, industri dan lain-l;ain, baik dalam maupun luar negeri.
7. Memberikan perhatian yang sungguh-sungguh terhadap upaya implementasi syari’ah Islam dalam konteks keindonesiaan sekaligus kemodernan.

AKREDITASI FAKULTAS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Fasilitas Fakultas    1. Ruang kuliah sebanyak : 20 kelas
   2. Kantor : 12 ruang
   3. Ruang Seminar/Kuliah Teater : 2 ruang
   4. Laboratorium : 4 ruang
   5. Ruang Sidang/Rapat : 1 ruang
   6. Ruang Ujian Skripsi/Munaqasyah : 1 ruang
   7. Ruang Perpustakaan : 1 ruang
   8. Ruang Dosen : 1 ruang
   9. Komputer dan Internet : 53 unit

Program Studi

Nama Jurusan Ilmu Hukum Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Ekonomi Islam (Muamalat) Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Perbandingan Mazhab dan Hukum Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Pidana dan Tata Negara Islam (Jinayah Siyasah) Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyyah) Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Akademi : -     Diploma : -     Sarjana : 5     Magister : -     Doktorat : -