Kedokteran Gigi - Universitas Sumatera Utara

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Sumatera Utara
Nama Fakultas : Kedokteran Gigi
Alamat Sekretariat : Fakultas Kedokteran Gigi USU Jalan Alumni 2 Kampus USU Medan
Kode Pos : 20155
Telp : 061-8216131    Telp2 :
Fax : 061-8213421    Fax2 :
Website : http://fkg.usu.ac.id
Nama Dekan : Prof. Nazruddin, drg., C.Ort., Ph.D

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Fakultas Kedokteran Gigi USU merupakan Fakultas Kedokteran Gigi pertama yang berada di luar pulau Jawa, didirikan pada tanggal 19 Oktober 1961 berdasarkan SK Menteri PTIP No. 0048/Sek/PU dan diresmikan pada tanggal 3 Nopember 1961.

Pada awalnya Fakultas Kedoktearn Gigi USU hanya memiliki satu gedung berupa Dental Clinic yang dibangun atas bantuan Pemerintah Djerman Barat yang berdiri di atas tanah seluas 27.448 m2 dan diserahkan kepada Universitas Sumatera Utara. Seiring dengan berjalannya waktu, Fakultas Kedokteran Gigi USU terus berkembang hingga pada saat ini Fakultas Kedokteran Gigi USU telah memiliki sejumlah gedung meliputi gedung perkuliahan berlantai tiga, laboratorium, Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan (RSGM-P), ruang baca, ruang internet, ruang Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS), ruang rapat/pertemuan, ruang Administrasi dan Laboratorium Unit Usaha Jasa dan Industri. Disamping itu, Fakultas Kedokteran Gigi USU juga memiliki sejumlah fasilitas pendukung, diantaranya : kantin mahasiswa, mushola, lapangan olahraga, taman dan lapangan parkir yang memadai. Fasilitas pendukung lainnya seperti Perpustakaan Pusat dan Sistem Informasi, Pusat Kesehatan Mahasiswa, Asrama Mahasiswa, Gelanggang Mahasiswa, Bank, Kantor Pos dan fasilitas olahraga yang lebih lengkap tersedia di dalam lingkungan kampus USU yang dapat dimanfaatkan oleh semua sivitas akademika USU
Visi
Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara sebagai Fakultas Kedokteran Gigi unggulan tingkat Nasional dan Regional untuk mendukung pencapaian visi Universitas Sumatera Utara, yaitu "The University for Industry".
Misi
- Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang berorientasi pada perkembangan IPTEK dan kebutuhan masyarakat dalam bidang kesehatan gigi dan mulut untuk menghasilkan Sarjana Kedokteran Gigi dan Dokter Gigi yang berpengetahuan dan berketerampilan, bersikap demokratis, penuh tanggung jawab, dan berbudi pekerti yang luhur sesuai dengan etika profesi Kedokteran Gigi.
- Melaksanakan penelitian yang berorientasi pada pengembangan IPTEK untuk dapat menyelesaikan masalah kesehatan gigi dan mulut secara ilmiah yang merupakan landasan utama untuk menumbuhkan dan membina kemampuan menguasai metode penyelesaian masalah, melalui kemampuan berpikir kritis, penalaran ilmiah, berpikir alternatif dan kemampuan pengambilan keputusan secara benar.
- Menyelenggarakan peleyanana kesehatan gigi dan mulut kepada masyarakat melalui Pengalaman Belajar Klinik (PBK) dan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) dengan memanfaatkan kemajuan IPTEK secara tepat guna untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat.

AKREDITASI FAKULTAS

Akreditasi A

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Fasilitas Fakultas
kantin mahasiswa, mushola, lapangan olahraga, taman dan lapangan parkir yang memadai,  Perpustakaan Pusat dan Sistem Informasi, Pusat Kesehatan Mahasiswa, Asrama Mahasiswa, Gelanggang Mahasiswa, Bank, Kantor Pos dan fasilitas olahraga

Program Studi

Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :