Ilmu Komunikasi - Universitas Islam Bandung

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Islam Bandung
Nama Fakultas : Ilmu Komunikasi
Alamat Sekretariat : Jl.Tamansari no.1 Bandung Jawa Barat - Indonesia
Kode Pos : 40116
Telp : (022) 420.3368 [hunting]    Telp2 : (022) 426.4070
Fax : (022) 426.4070    Fax2 :
Website : http://fikom.unisba.ac.id/
Nama Dekan : Dr. O. Hasbiansyah, Drs., M.Si.

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Lahirnya Fakultas Ilmu Komunikasi Unisba diawali ketika Akademi Sinematografi, yang didirikan Yayasan Lembaga Pendidikan Muslimin Bandung pada 1 Juni 1979, hendak mengembangkan kelembagaan pendidikannya (mengikuti kebijakan Kopertis Wilayah IV Jawa Barat). Melalui Keputusan Menteri P dan K, tanggal 26 Juni 1982, No.0211/U/1982, Akademik Sinematografi dikembangkan menjadi Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) yang diprakarsai oleh M.O . Palapah, Drs. dengan dasar pemikiran bahwa sinematografi, yang mencakup lingkup perfilman, bisa dimasukkan ke dalam disiplin  Ilmu Komunikasi.
Ketika diresmikan sebagai sebuah fakultas pada 7 Juni 1983, Fikom Unisba dapat dikatakan sebagai perguruan tinggi swasta bidang komunikasi  pertama di Jawa Barat, khususnya di kota Bandung. Pada mulanya, Ilmu  Komunikasi dikembangkan dalam tiga jurusan, yaitu : Ilmu Jurnalistik, Ilmu Public relations, dan Ilmu Penerangan.
Pada tahun 1995, Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.0223/U/1995, menetapkan Kurikulum Nasional untuk Program Pendidikan Sarjana Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, termasuk di dalamnya Program Studi Ilmu Komunikasi. Berdasarkan SK tersebut, Ilmu Komunikasi ditetapkan menjadi satu disiplin ilmu yang mandiri sebagai sebuah program studi.
Visi
“Program Studi Ilmu Komunikasi Fikom Unisba diharapkan menjadi program pendidikan tinggi komunikasi terkemuka dan berkualitas yang bernafaskan Islam, menghasilkan sarjana komunikasi profesional dan etis yang memiliki semangat juang (mujahid), semangat meneliti (mujtahid), dan semangat  pembaharu (mujaddid), berdaya bersaing, guna menjalankan profesi dalam situasi kerja atau aktivitas mandiri di berbagai bidang dan situasi”.




Misi
* Menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi yang bernafaskan Islam,    dengan senantiasa meningkatkan kualitas dosen dan mahasiswa.
* Menyelenggarakan manajemen Program Studi secara dinamis, efisien, efektif, kondusif, dan ilmiah, sehingga tercipta suasana kehidupan kampus yang ilmiah, islami.
* Mengusahakan terwujudnya insan-insan komunikasi yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) dalam bidang ilmu komunikasi, memiliki landasan keimanan dan ketaqwaan (imtaq), dan menyiapkan lulusan menjadi tenaga profesional dan etis.

AKREDITASI FAKULTAS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Fasilitas Fakultas - Perpustakaan
- Laboratorium
- Hotspot

Program Studi

Nama Jurusan Ilmu Komunikasi Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Akademi : -     Diploma : -     Sarjana : 1     Magister : -     Doktorat : -