Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - Universitas Islam Bandung

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Islam Bandung
Nama Fakultas : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Alamat Sekretariat : Jl. Taman Sari No. 1 Bandung
Kode Pos : 40116
Telp : (022) 4205546 Pes. 107, 109    Telp2 :
Fax : (022) 4263895    Fax2 :
Website : http://mipa.unisba.ac.id
Nama Dekan : M. Yusuf Fajar, Drs.,M.Si.

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Fakultas matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) merupakan fakultas yang menaungi ilmu-ilmu murni dan kealaman. Pembentukan fakultas ini di Universitas Islam Bandung adalah sebagai salah satu bentuk perwujudan dan rasa tanggung jawab moral para pendirinya agar ilmu-ilmu murni dan kealaman dapat ditumbuh kembangkan. Disamping itu dengan berdirinya fakultas ini diharapkan minat masyarakat terhadap bidang keilmuan tersebut akan meningkat karena pada masa berdirinya, keinginan masyarakat untuk berkiprah dalam ilmu-ilmu murni dan kealaman sangat rendah.
Faktor ilmu sangat penting dalam membuat sistem pendataan yang akurat dan eksak, namun tidak kalah pentingnya adalah faktor sumber daya manusia yang menata data dan informasi. Oleh karena itu, dalam masa pembangunan diperlukan sekali seorang statistikawan yang bukan saja menguasai, menghayati dan terampil dalam bidangnya, tetapi sekaligus seorang yang bermoral baik dan berakhlak luhur yang tidak akan menyajikan data yang telah dimanipulasi sehingga tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya.
Atas dasar itulah pada awal tahun akademik 1972, UNISBA  membuka  Jurusan Statistika pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pendirian jurusan ini juga sebagai salah satu persyaratan administrasi yang harus dipunyai suatu universitas, yaitu adanya fakultas eksakta dan fakultas non-eksakta. Pada waktu itu fakultas yang sudah berdiri adalah Fakultas Syariah, Fakultas Ushuluddin, dan Fakultas Tarbiyah, sehingga diperlukan satu fakultas eksakta agar menjadi sebuah lembaga bernama Universitas Islam Bandung.  Sehubungan dengan PP No.27 tahun 1981 yang tidak memungkinkan Jurusan Statistika berdiri sendiri tanpa terkait dengan Matematika, maka pada bulan Agustus 1983 didirikan Jurusan Matematika. Kemudian pada tahun 2006 didirikan Jurusan  Farmasi.
Pada tahun 2004 Jurusan Statistika memperoleh status terakreditasi B berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT Nomor : 012/BAN-PT/AK-VII/S1/IV/2004. Sedangkan Jurusan Matematika memperoleh status terakreditasi B pada tahun 2005 berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT Nomor : 009/BAN-PT/Ak-XI/2005.
Visi
Menjadi fakultas terkemuka dan maju, pelopor pembaharuan dan pemikiran di bidang MIPA dan pelaksanaan kehidupan beragama, serta pembina insan berakhlak karimah yang bermanfaat bagi diri sendiri, umat, masyarakat, bangsa dan Negara.

Misi
Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk bidang MIPA yang berlandaskan nilai-nilai keislaman.

AKREDITASI FAKULTAS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Fasilitas Fakultas - Gedung Kuliah
- Laboratorium

Program Studi

Nama Jurusan Matematika Akreditasi : B Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Statistika Akreditasi : B Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Farmasi Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Akademi : -     Diploma : -     Sarjana : 3     Magister : -     Doktorat : -