Teknologi Industri - Universitas Trisakti

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Trisakti
Nama Fakultas : Teknologi Industri
Alamat Sekretariat : Gedung Hery Hartanto, Lantai 4 Kampus A, Universitas Trisakti Jl. Kyai Tapa No. 1 Grogol Jakarta Indonesia
Kode Pos : 11440
Telp : (62-21) 5663232 Ext. 401, 405, 406    Telp2 :
Fax : (62-21) 5605841    Fax2 :
Website : http://www.trisakti.ac.id/fti
Nama Dekan : Ir. Docki Saraswati, M.Eng.

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Fakultas Teknologi Industri (FTI), merupakan salah satu Fakultas yang berada dalam lingkup Universitas Trisakti, memiliki 4 Jurusan; Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri dan Teknik Informatika. Perbaikan terus menerus dilakukan oleh FTI dalam upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang diberikan kepada para mahasiswanya, termasuk pengembangan sumber daya manusianya. Peningkatan pemanfaatan sistem informasi terus dilakukan secara bertahap, agar informasi yang dibutuhkan mahasiswa menjadi lebih mudah dan akurat.

Pada awal berdirinya Universitas Trisakti tahun 1965, semua jurusan keteknikan berada di bawah naungan Fakultas Teknik (FT) Universitas Trisakti. Sesuai dengan perkembangan bidang teknologi di Indonesia, sejak tahun 1980 didirikan Fakultas Teknologi Industri dengan dua jurusan unggulan pada saat itu : Jurusan Teknik Mesin dan Jurusan Teknik Elektro. Jurusan Teknik Industri berdiri pada tahun 1984, sedangkan Jurusan Teknik Informatika pada tahun 1996. Pada saat ini berdasarkan Badan Akreditasi Nasional, Program Studi Teknik Mesin memiliki akreditasi A berdasarkan SK BAN-PT no. 020/ BAN-PT/Ak-VII/S1/VIII/2003 tertanggal 20 Agustus 2003, Program Studi Teknik Elektro dengan akreditasi A berdasarkan SK BAN-PT No. 010/BAN-PT/AK-IX/S1 /VII/2005,Program Studi Teknik Industri memiliki akreditasi A berdasarkan SK BAN-PT No. 012/BAN-PT/Ak-VII/2003 tertanggal 9 Juli 2003, sedangkan Program Studi Teknik Informatika memiliki akreditasi B berdasarkan SK BAN-PT No. 016/BAN-PT/AK-IX/S1/X/2005. Jurusan Teknik Informatika memiliki program studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Berdasarkan penilaian dari Badan Akreditasi Nasional, Program Studi Sistem Informasi memiliki akreditasi C berdasarkan SK BAN-PT no. 022/ BAN-PT/Ak-X/S1/IX/2007 tertanggal 14 September 2007.

Pada tahun akademik 2003/2004 berdasarkan SK Dirjen DIKTI no. 3138/D/T/2004 tertanggal 12 Agustus 2004 Fakultas Teknologi Industri dalam hal ini Jurusan Teknik Informatika telah memperoleh ijin penyelenggaraan Program Studi Teknologi Informasi jenjang program Diploma III.

Kurikulum yang dimiliki semua jurusan untuk Strata 1, berjumlah minimal 144 sks yang terbagi dalam 8 semester dan dapat diselesaikan dalam 4 tahun, bahkan dimungkinkan bagi mahasiswa berprestasi untuk menyelesaikan dalam kurun waktu kurang lebih 3,5 tahun.

Program Studi Magister telah diselenggarakan oleh Jurusan Teknik Elektro sejak tahun 1994 dengan konsentrasi Teknik Telekomunikasi berdasarkan SK BAN-PT No. 001/BAN-PT/AK-V/S2/I/2007,dan Jurusan Teknik Industri yang diawali pada tahun akademik 2001/2002 dengan konsentrasi Strategi dan Sistem Industri. Selanjutnya, jenjang Magister Teknik Mesin dengan konsentrasi Konversi Energi telah memperoleh ijin penyelenggaraan berdasarkan SK Dirjen DIKTI no. 3137/D/T/2004 tertanggal 12 Agustus 2004 dan telah dibuka pada tahun akademik 2004/2005.

Lokasi perkuliahan mahasiswa FTI untuk jenjang S1 maupun S2 terrpusat di Gedung F & G, yang sekarang bernama Gedung Hery Hartanto, dan Gedung E yang bertempat di Kampus A.

Dalam upaya peningkatan dan pengembangan proses pembelajaran, penelitian dan penerapan teknologi, FTI telah bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi terkemuka. Disamping itu, FTI juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa industri, lembaga serta instansi pemerintah dalam penyelenggaraan program pelatihan dan penelitian.

Visi Menjadi Fakultas Terkemuka di Asia Tenggara dalam menghasilkan Lulusan, Peneletian dan Penerapan hasil Penelitian serta menjadi Pusat Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang berwawasan lingkungan dan bermoral tinggi.
Misi
  • Menyelenggarakan pendidikan Program Diploma, Sarjana, Magister dan Doktor untuk Program Studi Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Informatika dan Sistem Informasi.
  • Mengembangkan strata pendidikan dan program studi baru, agar lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  • Melaksanakan pendidikan yang berorientasi pada pemecahan masalah dan memiliki wawasan kewirausahaan dalam bidang teknologi industri serta berwawasan lingkungan dan nilai-nilai kemanusiaan.
  • Melaksanakan penelitian dan penulisan karya ilmiah yang bertaraf internasional. Melaksanakan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi secara berkelanjutan.
  • Menerapkan hasil penelitian yang dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.
  • AKREDITASI FAKULTAS

    Akreditasi A

    INFORMASI BEASISWA

    FASILITAS

    Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
    Fasilitas Fakultas
  • Perpustakaan
  • Laboratorium Fisika
  • UPT KOMPUTASI
  • Program Kerjasama
  • Program Studi

    Nama Jurusan Teknik Mesin Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
    Nama Jurusan Teknik Elektro Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
    Nama Jurusan Teknik Industri Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
    Nama Jurusan Teknik Informatika Akreditasi : B Jenjang Pendidikan :
    Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :