Psikologi - Universitas Diponegoro

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Diponegoro
Nama Fakultas : Psikologi
Alamat Sekretariat : Jl. Prof H. Soedarto, SH
Kampus Tembalang
Semarang
Kode Pos : 50275
Telp : 024-7460051    Telp2 :
Fax : 024-7460013    Fax2 :
Email : rektorud@hotmail.com
Website : http://www.psikologi.undip.ac.id/
Nama Dekan : Dr. M.Anggoro DB Sachro, DTM&H, Sp.AK

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Rencana pendirian Fakultas Psikologi sudah begulir sejak tahun 1980. Pada waktu itu, UNDIP menerima sejumlah sarjana psikologi yang ditempatkan di beberapa fakultas di lingkungan Universitas Diponegoro, seperti Fisip, Sastra, dan Kedokteran. Di samping itu, mereka juga bekerja di Badan Konsultasi Mahasiswa UNDIP yang operasionalisasinya di bawah PR I dan PR III.

Pada tahun 1991, Rektor UNDIP Prof. dr. Moeljono S. Trastotenojo mendapatkan ijin dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Fuad Hasan untuk menyiapkan pendirian fakultas psikologi. Beberapa staf pengajar Undip yang memiliki kontribusi yang besar dalam pendirian awal Program Studi Psikologi adalah Prof. Darmanto Jatman, SU, Drs. Karyono, MSi, Dra. Sri Hartati, MS,  Dra. Frieda NRH, MS, Dra. Siswati, MSi, dan Drs. Zaenal Abidin, MSi.

Di  tahun 1995, di bawah kepemimpinan Rektor Prof. Dr. Muladi, SH, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi mengeluarkan SK: 362/Dikti/Kep/1995 tentang pendirian program studi psikologi yang menginduk Fakultas Kedokteran UNDIP. Pada waktu itu Program Studi Psikologi diketuai oleh Prof. Darmanto Jatman, SU.

Sebagai upaya pengembangan, Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran terus menambah jumlah dosen dengan kualifikasi S2 dan S3. Pada tahun 2000, Program Studi Psikologi mempersiapkan diri untuk menjadi Fakultas. Di bawah kepemimpinan Drs. Karyono, M.Si, berbagai upaya pematangan dilakukan lewat kolokium Psikologi Indonesia, Orangtua Mahasiswa, dan dukungan senat Universitas Diponegoro. Pada akhirnya melalui rapat senat, Fakultas Psikologi berdiri lewat SK Rektor dengan pejabat dekan Drs. Karyono, MSi yang memegang jabatan untuk periode 2007-2011.

Pada tanggal 24 April 2007 resmi menjadi Fakultas Psikologi dengan Surat Keputusan Rektor Undip No. 208/SK/J07/2007 dan dikuatkan dengan  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia (Mendiknas RI) No. 65 Tahun 2009 tanggal 2 Oktober 2009.
Visi
* Menjadi pusat pendidikan psikologi yang berbasis keluarga pada tahun 2020





Misi
* Melaksanakan pendidikan akademik psikologi berbasis keluarga yang inklusif terhadap ilmu lain dan perkembangan jaman
* Menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi pada perkembangan iptek dan mampu bersaing secara nasional dan internasional
* Menyelenggarakan evaluasi secara reguler untuk meningkatkan kualitas otonomi, akuntabilitas, dan akreditasi

AKREDITASI FAKULTAS

Akreditasi -

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Fakultas

Perpustakaan
Ruang Kuliah
Laboratorium
Layanan Akademik
Layanan Kesehatan
Gedung Pertemuan
Fasilitas Olah Raga
Pusat Kegiatan Mahasiswa

Program Studi

Nama Jurusan Ilmu Psikologi Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Akademi : -     Diploma : -     Sarjana : 1     Magister : -     Doktorat : -