Perikanan dan Kelautan - Universitas Diponegoro

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Diponegoro
Nama Fakultas : Perikanan dan Kelautan
Alamat Sekretariat : Jl. Prof H. Soedarto, SH
Kampus Tembalang
Semarang
Kode Pos : 50275
Telp : 024-7460020    Telp2 :
Fax : 024-7460013    Fax2 :
Email : rektorud@hotmail.com
Website : http://fpik.undip.ac.id/
Nama Dekan : Prof. Dr. Ir. Johannes Hutabarat, MSc

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Pendirian Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) diawali dengan terbitnya Surat Keputusan Rektor Universitas Diponegoro No. 44/1968 tanggal 8 Oktober 1968, tentang pembentukan Jurusan Perikanan pada Fakultas Peternakan, yang sebelumya hanya memililiki satu Jurusan (Peternakan).

 

Perkembangan nama Fakultas Peternakan juga mengalami pasang surut. Pada  tanggal 17 Agustus 1974, dan dikukuhkan kembali berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Diponegoro No. 76/SK/UD/VI/78, Fakultas ini berubah namanya menjadi Fakultas Peternakan dan Perikanan, meskipun Jurusan yang dikembangkan  tidak mengalami perubahan. Pada perkembangan selanjutnya nama Fakultas kembali menjadi Fakutas Peternakan pada tahun 1982 menurut keputusan Presiden RI No: 51 tahun 1982. Pada tahun 1985, berdasarkan Surat Edaran Direktorat Jenderal Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 1023/D/Q/1985 tanggal 6 Juni 1985, dirintis perkembangan Program Studi Ilmu Kelautan di Universitas Diponegoro bersama lima perguruan tinggi Indonesia lainnya (Institut Pertanian Bogor, Universitas Diponegoro, Universitas Patimura, Universitas Sam Ratulangi dan Universitas Riau). Dalam perkembangan selanjutnya Undip kemudian mendapatkan Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 54/Dikti/Kep/1987, yang direvisi pada tahun 1988 dengan SK Dirjen Dikti No. 24/Dikti/Kep/1988, tentang pembentukan Program Studi Ilmu Kelautan Undip, di mana pengelolaan administrasi staf pengajar berada pada Fakultas Peternakan, sedangkan aspek akademik berada di bawah koordinasi Rektor dengan pelaksana Badan Pengelola Program Studi Ilmu Kelautan.

 

Pada tahun 1994, Jurusan Perikanan dan Program Studi Ilmu Kelautan disatukan di bawah Fakultas baru, yaitu Fakutas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.0181/0/1994, tanggal 25 Juli 1994.

 

Dalam perkembangan selanjutnya, kedua Jurusan mengembangkan program-program studi. Sejak tahun 1995 Jurusan Perikanan membentuk 4 (empat) program studi baru, yaitu:

1. Program Studi Budidaya Perairan (BDP), berdasarkan SK. Dirjen DIKTI No. 473/DIKTI/Kep/ 1995

2. Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP), berdasarkan SK. Dirjen DIKTI No.           474/DIKTI/Kep/ 1995

3. Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP), berdasarkan SK Dirjen DIKTI No. 475/DIKTI/Kep/ 1995.

4.            Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (THP), berdasarkan SK Dirjen DIKTI No. 620/D/T/2002.

 

Adapun Jurusan Ilmu Kelautan telah mengembangkan dua (2) program studi, yaitu :

1.      Program Studi Ilmu Kelautan berdasarkan SK Dirjen Dikti

      No.195/Dikti/Kep/1995 dengan bidang minat :

a.      Pendayagunaan dan Konservasi Sumberdaya Hayati Laut

b.      Keanekaragaman Hayati Wilayah Pesisir dan Laut Tropis

c.      Bioteknologi Kelautan

d.      Pengelolaan Dampak Lingkungan, Pencemaran dan Sistem Remediasi

2.      Program Studi Oseanografi berdasarkan Surat Ijin Dirjen Dikti No.

2282/D/T/2001 dengan bidang minat :

a.      Sumberdaya dan Pengelolaan Energi Non Hayati Wilayah Pesisir dan Laut Tropis

b.      Lindungan Lingkungan Wilayah Pesisir dan Laut

c.      Geofisik, Geokimia dan Geodinamika Wilayah Pesisir dan Laut

d.      Hidrodinamika Wilayah Pesisir dan Laut

Visi
Pada tahun 2018 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan diharapkan menjadi pusat pengembangan IPTEK perikanan dan kelautan melalui kegiatan Tri Dharma yang profesional (Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat).
    * Dalam bidang pendidikan FPIK diharapkan menjadi unit andalan di Undip yang mempersiapkan tenaga sarjana profesional dalam bidang Perikanan dan Kelautan dan mewujudkan FPIK-Undip sebagai institusi pendidikan terdepan (dalam bidang Perikanan dan Kelautan) sesuai tuntutan kebutuhan masyarakat dan pembangunan.
    * Memberikan konstribusi yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa/masyarakat melalui proses pembentukan karakter lulusan dan kiprah Tri Dharma Perguruan tinggi dalam bidang Manajemen Sumberdaya Perairan, Budidaya Perairan, Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Teknologi Hasil Perikanan, Sosial Ekonomi Perikanan, Ilmu Kelautan dan Oseanografi.

Dalam bidang penelitian FPIK diharapkan mampu menghasilkan penelitian yang berkualitas unggul, paling tidak dalam 2 pengertian:

    * Unggul dari segi strata penelitian. Diharapkan FPIK semakin meningkat dalam menghasilkan penelitian-penelitian berkualitas setara dengan Hibah Bersaing, Riset Unggulan Terpadu, Program Kemitraan, dll.
    * Unggul karena relevan dengan tuntutan pembangunan dan globalisasi. Diharapkan penelitian dapat berkelanjutan sampai ke tahap siap serap oleh industri, atau dapat diimplementasikan dalam menangani masalah pembangunan.
    * Penelitian juga diharapkan dapat menghasilkan keluaran (output) yang menjadi landasan konseptual maupun teknis bagi kegiatan pengabdian masyarakat. Selain  diharapkan memenuhi kualitas standar keilmuan yang makin meningkat, sehingga FPIK semakin diperhitungkan dalam skala internasional.

 

 

Misi
Mengkoordinasikan dan menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang perikanan dan kelautan, melalui pengembangan sivitas akademika, penerapan dan pengembangan IPTEK,dan pemecahan masalah-masalah pembangunan.

Penyelenggaraan  Tri Dharma Perguruan Tinggi  di Universitas Diponegoro mengikuti ketentuan-ketentuan  tertentu, antara lain :
    * Penyelenggaraan pendidikan dilaksanakan di Fakultas
    * Kegiatan penelitian dilaksanakan dengan berorientasi pada pola Ilmiah Pokok, di Laboratorium, Studio, Jurusan, Fakultas serta pusat penelitian.
    * Kegiatan pengabdian pada masyarakat diselenggarakan sesuai dengan sifat pengetahuan dan tujuan pendidikan serta berorientasi pada Pola Ilmiah Pokok  serta masalah-masalah pembangunan, oleh perorangan/kelompok, Laboratorium, Studio, Jurusan, Fakultas, pusat penelitian maupun lembaga pengabdian pada masyarakat.

 


AKREDITASI FAKULTAS

Akreditasi -

INFORMASI BEASISWA

Pada saat ini UNDIP memiliki 35 sumber donor beasiswa, dan dalam tahun akademik 2000-2001 mahasiswa FPK yang memanfaatkan beasiswa tersebut berjumlah 134 orang, atau 6,93% dari seluruh penerima beasiswa di UNDIP.

 

Fakultas memiliki bank data mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa. Semua persyaratan berikut ini dapat diajukan setiap saat ke sub-Bagian Kemahasiswaan Fakultas tanpa menunggu adanya tawaran beasiswa, karena penawaran beasiswa hanya berlangsung paling lama 7 (tujuh) hari. Masa berlaku sebuah beasiswa bervariasi sesuai ketentuan dari pihak donor, pada umumnya berlaku selama satu tahun dengan kemungkinan dapat diperpanjang selama pemohon masih memenuhi semua syarat.

 

Pada umumnya beasiswa diberikan setelah mahasiswa menempuh > 3 Semester, meskipun demikian ada beasiswa tertentu yang membantu mahasiswa semester pertama, misalnya beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA khusus) yang menggunakan STTB, DANEM dan nilai rapor kelas III sebagai prasyarat.

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Fakultas

Perpustakaan
Ruang Kuliah
Laboratorium
Layanan Akademik
Layanan Kesehatan
Gedung Pertemuan
Fasilitas Olah Raga
Pusat Kegiatan Mahasiswa

Program Studi

Nama Jurusan Perikanan Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Ilmu Kelautan Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Akademi : -     Diploma : -     Sarjana : 2     Magister : -     Doktorat : -