Ekonomi - Universitas Diponegoro

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Diponegoro
Nama Fakultas : Ekonomi
Alamat Sekretariat : Jl. Erlangga Tengah No.17
Jl. Prof. Soedharto, SH. Tembalang
Semarang
Jawa Tengah
Indonesia

Kode Pos : 50275
Telp : (024) 76486851    Telp2 : (024) 76486850
Fax : (024) 8449212    Fax2 :
Email : rektorud@hotmail.com
Website : http://www.fe.undip.ac.id/
Nama Dekan : Prof. Drs. M. Nasir, M.Si., Akt., Ph.D.

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro (selanjutnya disebut FE UNDIP) yang berdiri pada tanggal 14 Maret 1960 adalah salah satu Fakultas di lingkungan Universitas Diponegoro. Sebelum terbentuknya Fakultas Ekonomi ini, adalah akademi Tata Niaga yang merupakan kelanjutan dari Akademik Tata Niaga Universitas Semarang. Pada awal berdirinya, FE UNDIP mempunyai dua jurusan untuk program gelar, yaitu Jurusan Perusahaan dan Jurusan Umum dengan sistem pendidikan yang disebut sistem paket. Pada tahun 1980/1981, sesuai dengan arahan Departemen Pendidikan dan Kebudayaa, FE UNDIP menerapkan sistem pendidikan baru yang disebut sistem kredit. Di bawah sistem yang baru ini, nama jurusan juga diubah, yaitu masing-masing menjadi Jurusan Manajemen, Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Sejak tahun akademik 1982/1983, FE UNDIP membuka jurusan baru yaitu Jurusan Akuntansi. Selanjutnya dengan dileburnya Akademi Administrasi Niaga Negara (AANN) Semarang dengan FE UNDIP, mulai tahun 1975 dibuka program non gelar dengan Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan (PAAP) yang pada tahun 1982/1983 ditingkatkan menjadi program Diploma III Fakultas Ekonomi. Jurusan yang ada di Program Diploma III Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro adalah Akuntansi, Kesekretariatan, dan Perpajakandimana lulusannya mendapatkan gelar Ahli Madya (A.Md). Program Pasca Sarjana yang pertama dibuka adalah Program Studi Magister Manajemen (MM), yang semua penyelenggaraan kegiatannya berada di bawah Fakultas Ekonomi, akan tetapi pengelolaannya ditangani oleh Program Pasca Sarjana Universitas Diponegoro. Pada tahun 1999 dibuka Program Studi Magister Akuntansi (M.Si) dan pada tahun 2000 dibuka Program Studi Magister Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (M.Si). Pada tahun 2002 dibuka Program Doktor Ilmu Ekonomi dan pada tahun 2003 dibuka Program Pendidikan Akuntansi (PPA).
Visi
"Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro menjadi salah satu fakultas ekonomi terkemuka dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi baik pada tingkat nasional dan internasional serta mengakar di masyarakat lingkungannya"


Misi Misi Fakultas Ekonomi adalah menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional bidang ekonomi yang menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa, bermoral Pancasila, berwawasan dan berkemampuan IPTEK yang tinggi.

   1. Menjadi fakultas yang responsif dan menjadi motor perubahan IPTEK
   2. Menjadi agen pengembangan IPTEK di bidang ekonomi pada masyarakat, terutama masyarakat lingkungannya.

AKREDITASI FAKULTAS

Akreditasi -

INFORMASI BEASISWA

Sebanyak 3.588 orang menerima beasiswa dari 40 sumber dana dari: Supersemar (403), Pertamina KPS, Toyota Astra (32), PT Djarum (10), Ibu Tri Sutrisno, Yayasan Tifico, PT Pos Indonesia, PPA Dikti Depdiknas (945), Yayasan Orbit, PT Gudang Garam (30), Yayasan Salim (15), PT Mobil Oil Inc., PT Apac Inti Corpora (100), MGTI, BBM (1461), PT Bank Indonesia (80), Beasiswa Kerusuhan (24), PT Ing Aetna Life Ind (8), PT Indocemenet TP (34), Yayasan Dharma Bakti Kalbe (4), PT General Electric (1), Sain dan Keteknikan, Indonesia Epson Industry (3), Bank Bali, Yayasan Univeritas Bung Hatta, Yayasan Yampi (2), PT Smart Tek, Prajurit Karier TNI AU, Orangtua Asuh, PT BCA, Yayasan Marubeni, Yayasan Pendidikan Teknik Indoensia, PT Kondur Petrolium, Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (128), BPMIGAS-KKKS (50), Student Equity TPSDP (40), Bantuan SPP Mandiri (100), PT LGEIN (1), PT Bantuan Tugas Akhir (3), Prajurit Karier TNI-AU (2), MBM Tempo (1), PT BCA (3), Yayasan Marubeni (7), PT Kondur Petrolium (1), Beasiswa Anugerah (27), Lovin (3), Exxon Mobil (2), PT Sarana Lindung Upaya (2), PT Multi Polar (2), Indo. Belajar Mandiri (25), Yayasan Risiad (17), Yayasan Beasiswa Jepang (3), PT Dupont Indonesia (1), Yayasan Mtsui Kosgoro (1), SCTV (10), PT Exspan Nusantara (4), PT Metrodata Elec. Tbk (2).

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Fakultas Perpustakaan
Ruang Kuliah
      Laboratorium
      Layanan Akademik
Layanan Kesehatan
      Gedung Pertemuan
Fasilitas Olah Raga
      Pusat Kegiatan Mahasiswa
Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing The International Center for Living Aquatic Resources Management (ICLARM), Philippina, ditandatangani 1984, bidang ilmu: Fisheries dan Aquacultura, koordinator: Drs. Wiratno, M.Ec, PORSEC (Pacific Ocean Remote Sensing Conference), Jepang, ditandatangani 1992, bidang ilmu: Marine Science and Fisheries, koordinator: FPK, Yayasan Pendidikan dan Kebudayaan Marmara, Turki, ditandatangani 1998 koordinator: FS, Japan Society for the Promotion of Science (JSPS) - Ditjen Dikti, ditandatangani 1995, bidang ilmu: Perikanan , koordinator : Dr. Ir. Subiyanto, Sister Province dengan Queensland melalui Pemda Tk.I Jateng, ditandatangani 1991, bidang ilmu: Pertanian, masalah Perkotaan dan Pedesaan, Transportasi dan Turisme, Industri, Perdagangan, IPTEK, dan Pendidikan, koordinator: PR.I / PR.PKS

Program Studi

Nama Jurusan Manajemen Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Akuntansi Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Manajemen Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Manajemen Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Akuntansi Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Akuntansi Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Akuntansi Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Doktor Ilmu Ekonomi Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Akademi : -     Diploma : 1     Sarjana : 3     Magister : 3     Doktorat : 1