Farmasi - Universitas Airlangga

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Airlangga
Nama Fakultas : Farmasi
Alamat Sekretariat : Jl. Dharmawangsa Dalam
Surabaya -
Jawa Timur - Indonesia
Kode Pos : 60286
Telp : 031.5033710    Telp2 : 031.5020514
Email : farmasi@unair.ac.id
Website : http://www.ff.unair.ac.id/
Nama Dekan : Prof.Dr.H.Achmad Sjahrani, MS, Apt.

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Ditempuh selama delapan semester dengan beban 144 SKS (wajib) dan 4 SKS (pilihan) dengan Mata Ajaran yang terbagi atas Kuliah, Tutorial dan Praktikum dan dengan tugas skripsi pada semester akhir; lulusan bergelar Sarjana Farmasi (S.Farm).

 

Lulusan S-1 berhak langsung mengikuti Pendidikan Profesi, kecuali lulusan S-1 yang menunda lebih dari empat semester, harus mengikuti ujian seleksi untuk dapat terdaftar sebagai mahasiswa peserta Program Pendidikan Profesi.

Kurikulum Pendidikan Profesi Sarjana

 

Ditempuh selama dua semester dengan eban 26 SKS dengan majoring rumash sakit atau industri farmasi dengan tugas Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Instansi Pemerintah dan tugas Praktek Keja Profesi (PKP) di Apotek, rumah sakit atau Industri farmasi masing masing selama dua - tiga bulan ; lulusan bergelar Apoteker/Farmasis. Dlama pelaksanaan Praktek Kerja Profesi (PKP), Fakultas Farmasi Universitas Airlangga talah bekerja sama dengan :

Dinas Kesehatan propinsi Jawa Timur dan Balai Besar POM Surabaya.

Rumah Sakit : RSUD Dr. Soetomo, RSUD Dr. Saiful Anwar dan Rumkital Dr. Ramelan

Industri Farmasi BUMN, PT Indo farma, PT Kimia Farma, PT Bio Farmas, PT Phapros, Lembaga TNI (LAFIAL, LAFIAU)

Industri Farmasi Swasta, diantaranya : PT Dumux ALpharma, PT Konimex, PT kalbe Farma tbk., PT. Pharos Indonesia, PT. Martina Berto, PT> Otsuka Indonesia, PT Schering Plough Indonesia, PT Widatra Bhakti, PT. Meiji Indonesia, PT First Meipharma, PT Aditama Raya Farmindo

Apotek Kimia Farma dan Apotek swasta yang memenuhi persyaratan untk PKP

Pelaksanaan Kurikulum

 

Sistem administrasi Akademik dilaksanakan secara computerized, dimana pengisian KRS dan pengeluaran KHS dilakukan secara on line (intranet dan internet). Beberapa Mata Ajaran (MA) pada semester VI, VII dan VIII dilaksanakan secara open semester (tersaji baik pada semester gasal maupun genap).

 

Empat Mata Ajaran disemester VII dan VIII dilaksanakan dengan system Problem Based Learning (PBL), dengan tujuan agar para mahasiswa dapat lebih memahami permasalahan kefarmasian secara lebih mendalam dan terpadu serta menyeluruh, mengingat sebelumnya diberikan terpisah dalam paket-paket mata ajaran berdasarkan ilmu dasarnya.

 

Dengan tujuan untuk memperlancar proses belajar mengajar (PBM), seluruh kuliah/tutorial oleh para dosen telah dibuat slide power point nya dan juga bahan ajar/bahan kuliah (Lecture note) yang dibagikan gratis untuk mahasiswa, disamping tersedianya Textbook dan Journal serta CDROM terbitan tahun terakhir di Ruang Baca seluas 200 meter persegi. Untuk memperlancar kegiatan praktikum telah pula disusun buku petunjuk praktikum disamping tersedianya instrument yang cukup (misalnya di Ruang Praktikum Farmakognosi ada 60 mikroskop, masing-masing satu mikroskop yang lebih canggih untuk dosen yang hasil pengamatannya dapat ditayang kan lewat LCD Projector ke layar).

Visi

Menjadi Fakultas Farmasi di Indonesia yang inovatif, terkemuka di tingkat nasional dan internasional, pelopor dalam pengembangan ilmu di bidang sains - teknologi kefarmasian dan farmasi klinis - komunitas serta mengahasilkan lulusan dengan kompetensi unggul dalam pharmaceutical care, berdasar moral agama.

Misi

- Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi yang inovatif dan terakreditasi baik di tingkat nasional maupun internasional, dalam bidang sains - teknologi kefarmasian dan farmasi klinis-komunitas, berdasarkan moral agama.

 

- Mengembangkan sains - teknologi kefarmasian dan farmasi klinis komunitas melalui penelitian dasar dan terapan, demi meningkatkan nilai tambah sumber daya alam Indonesia.

 

- Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat di bidang kefarmasian sebagai tanggung jawab sosial , demi pemberdayaan, peningkatan kesehatan dan kualitas hidup.

 

- Melaksanakan kolaborasi dengan berbagai pihak dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di tingkat nasional dan internasional secara efektif, efisien dan berkesinambungan untuk pengembagan dan keberlangsungan pendidikan.

AKREDITASI FAKULTAS

Akreditasi A

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Fakultas

Fakultas Farmasi Universitas Airlangga menempati lahan seluas ± 4.000 meter persegi di kampus B UNAIR, Jaln Dharmawangsa, Surabaya, dengan 5 blok gedung bertingkat tiga denga luas lanta ± 12.800 meter persegi.

 

Fasilitas yang tersedia antara lain : satu buah ruang kuliah/seminar dengan kapasitas ± 400 mahasiswa dan 10 ruang kuliah masing-masing dengan kapasistas minimal untuk ± 60 mahasiswa sehingga total kapasitas untuk ± 1.000 mahasiswa yang kesemuanya dilengkapi sarana sound system, LCD Proyektor dan Laptop Komputer sera Air Condition (AC), 10 ruang praktikum/laboratorium dengan kapasitas minimal untuk ± 60 mahasiswa dan delengkapi dengan peralatan canggih dan terbaru antara lain :

3 unit Gas Chromatograph - GC,

4 unit High Performance Liquid Chromatograph - HPLC,

1 Unit Fourier Transform FT-IR, 1 unit Nuclear Magnetic Resonance - NMR,

2 unit Atomic Absorbtion Spectrofotometer - AAS,

1 unit Differential Thermal Analysis - DTA,

1 unit Gen Amplifier Polymerase Chain Raction GAPCR,

10 unit Spectrophotometer UV-VIS,

1 unit X-Rays Difraksi,

2 unit Dissolution Tester,

3 unit Mesin Tablet Sngle dan Rotary,

1 unit Climatic Chamber, 1 unit Fluid Bad Dryer,

1 unit V Mixer,

1 unit Spray Dryer,

1 unit Freeze Dryer,

6 unit Vacum Evaporator,

1 unit Incubator,

1 unit Rotary Shaker Thermostate Incubator,

10 unit Laminar Air Flow, 6 unit Autoclave Sterilizer,

8 unit Rotary Shaker,

10 unit Waterbath Thermostate,

10 unit Centrifuge/Ultracentrifuge,

20 unit Oven,

30 unit Digital Analytical Balance.

 

 

Dua laboratorium kering (dry laboratory), dengan 60 unit komputer yang terkoneksi sebagai suatu sistem dengan akses internet 24 jam dan 4 buah server, ruang baca dengan kapasitas ± 80 orang dilengkapi dengan textbook, journal dan cdrom terbaru yang terintegrasi dalam sistem digital library. Disamping itu terdapat Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (Student Center) dengan fasilitas kantor organisasi mahasiswa dengan ruang seminar berkapasistas ± 60 orang, musholla dan kantin masing-masing dengan kapasitas ± 80 orang seta ruang audio-visual dalam bentuk theater dengan kapasias ± 80 orang. Untuk kegiatan praktek kerja profesi terdapat apotek pendidikan, rumah sakit pendidikan serta industri farmasi. Fakultas Farmasi UNAIR memiliki beberapa unit layanan sebagai Revenue Generating Activity (RGA) : Unit Layanan Profesi (Apotek Pendidikan), Unit Jasa Industri (UJI)m Unit Bioavailabilitas Obat, Unit Produyksi, dan Unit Isolasi-Ekstraksi sera Unit Percetakan/Penjilidan.

Informasi Praktik Kerja Lapangan


2009-03-04 APA Pengganti Farid Farma
2009-03-02 Apoteker untuk QC
2009-03-02 APA Di Dian Regency
2009-03-02 APA di Krian
2009-03-02 APA di APOTEK RADIKA, SEDATI SIDOARJO
2009-02-18 Lowongan APA
2009-02-05 Dicari Apoteker sebagai Supervisor
2009-01-28 PT Dexa Medica Open Recruitment
2009-01-28 Kesempatan Kerja
2009-01-28 APA Pengganti
2009-01-28 Dicari Apoteker
2007-07-03 Mencari Apoteker
2007-05-29 Lowongan Kerja Baru

Program Studi

Nama Jurusan Farmasi Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Farmasi Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Doktor Farmasi Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Profesi Farmasi Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :