Hukum - Universitas Airlangga

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Airlangga
Nama Fakultas : Hukum
Alamat Sekretariat : Alamat Pos : Fakultas Hukum Universitas Airlangga Jl. Darmawangsa Dalam selatan Surabaya, Jawa Timur - Indonesia
Kode Pos : 60222
Telp : +62 31 5023151,    Telp2 : +62 31 5023252
Fax : +62 31 5020454    Fax2 :
Email : fh@unair.ac.id
Website : http://www.fh.unair.ac.id/
Nama Dekan : Prof.Dr. Muchammad Zaidun, S.H., MSi.

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Fakultas Hukum Universitas Airlangga adalah satu dari 7 (tujuh) Perguruan Tinggi Negeri unggulan di Indonesia dan merupakan universitas yang menjadi pelopor dari universitas lain yang terletak di wilayah Indonesia Timur. Badan Akreditasi Nasional (BAN) mengakui kualitas sistem pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Airlangga dengan menerbitkan Surat Keputusan No.07915/AK-IX-SI-022/UABIHK/XII/2002 pada 8 Desember 2005 yang menyatakan Akreditasi "A" untuk Fakultas Hukum Universitas Airlangga.

 

 

Fakultas Hukum secara progresif terus menerus dan berkesinambungan mengembangkan dan menyediakan pengetahuan secara menyeluruh untuk pendidikan dan layanan hukum. Fakultas Hukum tidak akan berhenti dalam pencapaian yang ada dan bertekad untuk bekerja keras dalam mencapai misinya.

 

Sistem Pendidikan yang dikembangkan oleh Fakultas Hukum ditekankan untuk:

 

Menyediakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK);

 

Menyediakan sarana prasarana berupa laboratorium hukum berbasis pendidikan hukum klinik;

 

Mengoptimalkan sistem yang terintegrasi dari ilmu hukum dan keahlian profesional;

 

Menyediakan referensi dan fasilitas teknologi informasi;

 

Menyediakan bahasa internasional untuk tujuan khusus (bahasa Inggris hukum);

 

Fakultas Hukum saat ini melayani 1635 mahasiswa strata 1 ( Program Sarjana Hukum) dan 750 mahasiswa strata 2 (Program Magister Hukum dan Magister Kenotariatan) yang dilayani oleh 96 tenaga pengajar, 36 tenaga kependidikan dan 33 tenaga honorer. Saat ini Fakultas Hukum didukung secara kuat oleh 22 orang tenaga pengajar begelar Doktor dan 52 orang tenaga pengajar bergelar Master. Fakultas Hukum memiliki 6 (enam) Departemen yakni: Departemen Dasar Ilmu Hukum, Departemen Hukum Tata Negara, Departemen Hukum Administrasi, Departemen Hukum Pidana, Departemen Hukum Perdata dan Departemen Hukum Internasional.

Visi

Menjadi Fakultas Hukum yang mandiri, inovatif, terkemuka, adaptif dan unggul di wilayah nasional dan regional;

 

Menjadi pemuka dalam penyelenggaraan pendidikan hukum yang diorientasikan untuk menghasilkan yuris profesional dengan kompetensi dan moralitas yang tinggi.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan hukum yang menghasilkan lulusan yuris profesional dan kompeten di bidang hukum;

 

Mengembangkan penelitian hukum yang mendukung pendidikan hukum dan pengabdian masyarakat;

 

Menerapkan TRI DHARMA Perguruan Tinggi yang berorientasi pada mutu dan kemampuan untuk bersaing di tingkat nasional ataupun internasional.

AKREDITASI FAKULTAS

INFORMASI BEASISWA

Untuk Mahasiswa Program S1, setiap tahun disediakan berbagai tawaran beasiswa baik dari Universitas Airlangga maupun dari institusi swasta dan pemerintah. Pada tahun 2007 beberapa tawaran beasiswa yang diterima oleh Mahasiswa Fakultas Hukum UNAIR diantaranya:

 

Beasiswa TPSDP sejumlah 33 mahasiswa;

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) UNAIR sejumlah 70 mahasiswa;

Beasiswa SUMITOMO Indonesia sejumlah 6 mahasiswa;

Beasiswa Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM) UNAIR sejumlah 55 mahasiswa;

Beasiswa Bank Indonesia sejumlah 7 mahasiswa;

Beasiswa PT Indocement sejumlah 6 mahasiswa;

Beasiswa PT BEJ sejumlah 2 orang; dan

Beasiswa Bank LIPPO sejumlah 2 mahasiswa

 

Informasi lebih lanjut mengenai tawaran beasiswa dapat diperoleh pada Seksi Kemahasiswaan Fakultas Hukum Universitas Airlangga.

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Fakultas

Fakultas Hukum memahami bahwa penyediaan kualitas kurikulum membutuhkan fasilitas dan alat yang komprehensif sebagaimana tingginya kinerja para pengajar. Ada 3 (tiga) gedung (Gedung A, Gedung B dan Gedung C) yang diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran. Bangunan ini meliputi ruang kelas yang besar dan representatif, 30 kelas kecil untuk perkuliahan paralel, ruang pertemuan, ruang seminar, ruang laboratorium hukum, ruang perpustakaan dan ruang multimedia.

 

Fakultas Hukum menyadari bahwa mengajar dalam kelas kecil terbukti lebih efektif dan interaktif bagi kedua belah pihak yaitu mahasiswa dan dosen. Komunikasi dua arah, diskusi yang mendalam dan intens sangat dimungkinkan dalam situasi tersebut sehingga mahasiswa mampu memahami lebih baik dan memiliki peluang untuk menggali dan mengeksplorasi substansi pengajaran. Fakultas Hukum beruntung mampu menyelenggarakan perkuliahan dalam kelas kecil yang dilengkapi dengan alat-alat komputerisasi, OHP, LCD dan teleconference untuk memudahkan proses perkuliahan.

 

Perpustakaan merupakan hal yang vital dalam kehidupan akademis. Saat ini Fakultas Hukum memiliki perpustakaan yang disebut Koleksi Khusus yang terbuka secara luas bagi dosen dan mahasiswa. Perpustakaan ini menyediakan buku teks, jurnal, skripsi, tesis, disertasi, kumpulan peraturan perundang-undangan, terbitan pemerintah dan fasilitas multimedia yang mencapai lebih dari 1500 koleksi.

Di samping itu Fakultas Hukum menyediakan ruang multimedia dengan dilengkapi 20 unit computer untuk mahasiswa dan 12 unit computer untuk dosen serta melayani website interaktif untuk meningkatkan hubungan dengan masyarakat, sehingga mereka dapat mengaksesnya secara mudah.

 

Agar mendukung Pendidikan Hukum Klinik, saat ini Fakultas Hukum merupakan satu-satunya sekolah hukum di Indonesia yang memiliki laboratorium pendidikan hukum klinik (dipusatkan di Gedung C). Laboratorium ini memiliki fungsi yang sangat penting untuk pengembangan pendidikan hukum dan ketrampilan praktik. Laboratorium juga menyediakan 129 unit komputer untuk perancangan berbagai dokumen hukum baik litigasi maupun non-litigasi, kelas permanan yang di tata dan dirancang sebagai ruang sidang untuk praktik pengadilan semu (moot court) dan beberapa ruangan yang ditata dan dirancang untuk kantor hukum (Law Firm).

 

Sebagai penunjang aktivitas di kampus, Fakultas Hukum juga memiliki musholla sebagai tempat ibadah mereka yang beragama Islam di samping sebagai pusat berbagai kegiatan kerohaniaan bagi mahasiswa yang beragama Islam. Sedangkan untuk fasilitas olahraga, Fakultas Hukum menyediakan lapangan badminton yang cukup representatif yang dapat dimanfaatkan oleh para Dosen, Karyawan maupun Mahasiswa.

Program Studi

Nama Jurusan Ilmu Hukum Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Magister Ilmu Hukum Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Doktor Ilmu Hukum Akreditasi : C Jenjang Pendidikan :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :