Ekonomi - Universitas Sebelas Maret

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Sebelas Maret
Nama Fakultas : Ekonomi
Alamat Sekretariat : Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Jl. Ir. Sutami No. 36A Surakarta
Kode Pos : 57126
Telp : +6271 647481    Telp2 :
Fax : +6271 638143    Fax2 :
Email : dekan@fe.uns.ac.id
Website : http://fe.uns.ac.id/

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

 

Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta lahir bersamaan dengan diresmikannya Universitas Sebelas Maret yang dulu bernama Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret (berganti nama berdasarkan Keputusan Presiden RI No.55 tahun 1982) di Siti Hinggil Pagelaran Keraton Kasunanan Surakarta oleh Presiden Kedua Republik Indonesia Tahun 1976 (Kepres No. 10 Tanggal 8 Maret 1976). Terbentuknya Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret (FE-UNS) merupakan hasil dari penggabungan beberapa Fakultas Ekonomi dari berbagai Perguruan Tinggi Swasta yang ada di wilayah Kotamadya Surakarta yaitu :

 

•        Fakultas Ekonomi Universitas Nasional Saraswati (UNNASTI)

•        Fakultas Ekonomi Universitas Cokroaminoto(UNCOK)

•        Fakultas Ekonomi Universitas Tujuh Belas Agustus (UNTAG)

•        Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (UH)

 

Pada permulaan berdirinya FE-UNS (periode 1976-1981), penyelenggaraan proses belajar mengajar bertempat di Pagelaran Keraton Surakarta (1 tahun) selanjutnya di kampus Mesen. Adapun perintis awal berdirinya FE-UNS adalah Drs. Soeharno TS (sekarang Prof. Dr. Soeharno TS, S.U.), almarhum Drs. Djarwanto PS (Dekan FE-UNS periode 1986-1989), almarhumah Ibu Dra. Soedarah Soepono dan Drs. Darustam, B.Sc. Pada periode awal tersebut Drs. Soeharno TS menjabat sebagai Dekan, almarhum Drs. Djarwanto PS sebagai Pembantu Dekan I dan almarhumah Ibu Dra. Soedarah Soepono sebagai Pembantu Dekan II. Selang beberapa waktu kemudian menyusul Drs. Suhardi (Dekan FE-UNS periode 1980-1986 dan PR (Pembantu Rektor) II UNS selama dua periode yaitu dari tahun 1987-1991 dan tahun 1991-1995) sebagai Pembantu Dekan III yang semula menjabat sebagai staf pengajar pada Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang.

Pada awal berdirinya FE-UNS, beberapa staf pengajar berasal dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kotamadya Surakarta di bawah kepemimpinan Walikota Sumari Wongsopawiroyangdiantaranya adalah: Drs. Subadyo; Drs. Salimin; Drs. Chaerul Socheh; dan Drs. Fadjar Nugroho. Sementara yang berasal dari Pemda Sukoharjo adalah Drs. Imam Harjadi; dan yang berasal dari Pemda Boyolali adalah Drs. Slamet Rahayu. Rekrutmen staf pengajar pada tahap pertama diantaranya adalah: Dra. GAA. Susilawati, SU; Drs. Suparman (alm); Drs. Djoko Muljadi (alm); Drs. Karyadi (alm); Dr. Rusmanto TJ (alm.). Sedang Rekrutmen tahap kedua diantaranya adalah: Drs. Lukman Hadiyanto, Ak; Dra. Sri Suwarsi; Drs. Suparman, Ak (pindah); Dra. Mahastuti Agungserta Dra. Salamah Wahyuni, S.U. (Dekan FE-UNS periode 1998-2002 dan 2002-2007). Sementara itu, rekrutmen tahap ketiga di antaranya adalah: Dra. Endang Widowati; Drs. Bachtiar Effendi, Ak. (alm) (Dekan periode 1989-1995 dan Pembantu Rektor II UNS dari tahun 1995-1999); Drs. Sri Mulyono dan Drs. Sri Sularso, M.Si, Ak. (alm) Selama tahun 1976-1987 FE-UNS Surakarta mempunyai 2 (dua) jurusan yaitu Jurusan Ekonomi Umum (Pembangunan) dan Jurusan Ekonomi Perusahaan (Manajemen). Pada saat itu, terdapat sejumlah Dosen Afiliasi yang didatangkan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) antara lain : Dr. Sudarsono; Dr. Faried Widjaja Mansyur, M.A.; Dr. BambangRiyanto; Dr. Irawan, M.B.A; Dr.Soetatwo; Dr. Indriyo; Drs. Jamasri Adnan, M.A.; Drs.Sukamto dan Drs. Munandar.

Seiring dengan perkembangan fakultas dan kebutuhan dunia kerja, maka sejak tahun 1987 FE-UNS menyelenggarakan Program Sarjana Strata I (S-1) jurusan Akuntansi. Sehingga sampai saat ini FE-UNS mempunyai 3 program studi, yaitu: Jurusan Ekonomi Pembangunan (EP), Jurusan Manajemen (M), dan Jurusan Akuntansi (Akt). Para perintis Jurusan Akuntansi diantaranya adalah almarhum Drs. Bachtiar Effendi, Ak (Dekan periode 1989-1995 dan PR (Pembantu Rektor) II UNS dari tahun 1995-1999); Drs. Sri Sularso, M.Si, Ak. (alm); serta Drs. Yacob Suparno, M.Si, Ak. (sekarang menjabat sebagai Pembantu Dekan III FE-UNS).

Pada tahun 1994, FE-UNS membuka kesempatan bagi para alumni Program Diploma III (D-3), atau yang pernah kuliah di Strata I (S-l) tetapi tidak selesai, bahkan dari Program Diploma II (D-2) dengan akreditasi dan sudah bekerja untuk melanjutkan ke Jenjang Pendidikan S-l di FE-UNS melalui Program S-l Ekstensi yang waktu perkuliahannya dilaksanakan pada sore hingga malam hari. Program S-l Ekstensi FE-UNS mempunyai 3 (tiga) jurusan seperti halnya dengan Program S-l Reguler, yaitu: Jurusan Ekonomi Pembangunan (EP); Jurusan Manajemen (M) dan Jurusan Akuntansi (Akt). Program S-l Ekstensi sepenuhnya swadana, artinya pembiayaan semuanya ditanggung oleh peserta, kecuali gedung kuliah yang masih menggunakan fasilitas gedung FE-UNS.

Untuk memperluas kesempatan belajar di perguruan tinggi (khususnya jenjang profesi ahli madya), pada tahun 1997 FE-UNS membuka Program D-3 Akuntansi Keuangan, pada tahun 1998 ditambah lagi dengan Program D-3 Perpajakan dan pada tahun 2000 dibuka program D-3 Manajemen Pemasaran. Selanjutnya pada tahun 2001 Fakultas Ekonomi membuka Program D-3 Manajemen Industri dan Program D-3 Bisnis Internasional. Kemudian pada tahun 2007 FE-UNS membuka program D-3 Keuangan & Perbankan.

Antisipasi terhadap tuntutan pasar memang harus senantiasa dilakukan. Permintaan terhadap tenaga profesional non¬gelar seperti tenaga ketatalaksanaan di berbagai instansi pemerintah maupun swasta dari tahun ke tahun semakin meningkat, maka mulai tahun 1998 dibuka pula kesempatan bagi para tamatan SMU untuk mengikuti kursus 1 (satu) tahun pada Pusat Pengembangan Akuntansi (PPA) FE-UNS. PPA FE-UNS berlokasi di kampus Mesen yang diselenggarakan pada pagi hingga siang hari. PPA FE-UNS bernaungdi bawah Jurusan Akuntansi. Guna melayani pengkajian maupun konsultasi di bidang ekonomi, mulai tahun 1999 telah pula dibuka Pusat Pengembangan Ekonomi Pembangunan (PPEP). PPEP dirancang untuk mengkaji masalah-masalah ekonomi pembangunan dan perencanaan pembangunan baik dalam skala nasional maupun regional. Berbagai kegiatan yang pernah dan sedang dilakukan oleh PPEP (bekerja sama dengan Pemda Surakarta) antara lain adalah: Penyusunan Rencana Stategi Pembangunan (Renstra); Evaluasi dan Analisis Keadaan (EAK); Penyusunan Program Pembangunan Daerah (Propeda); Pengkajian Potensi Pendapatan Asli Daerah (PADS); Penyusunan Aplikasi Pedoman Standarisasi Belanja Rutin dan sebagainya. PPEP sebenarnya merupakan kelanjutan dari Pusat Pengkajian dan Pelatihan Ekonomi (P3E) yang struktur organisasinya di bawah FE-UNS. Dengan adanya program pemberdayaan jurusan di lingkungan UNS, mulai tahun 2000 PPEP bernaungdi bawah Jurusan Ekonomi Pembangunan.

Selanjutnya, program pengembangan vertikal ke atas yaitu Program Magister Manajemen (MM), mulai diselenggarakan pada tahun 1999. Hingga tahun 2007, Program MM telah memiliki 25 (dua puluh lima) angkatan. Program ini berlokasi di gedung IV FE-UNS lantai III. Program Magister Ekonomi dan Studi Pembangunan (MESP) telah didirikan mulai tahun 2004. Program Magister Akuntansi (MAKSI) telah didirikan mulai tahun 2006. Kemudian Program S-3 telah dibuka mulai tahun 2008.

Untuk melayani konsultasi maupun penelitian di bidang manajemen baik untuk instansi pemerintah maupun swasta, pada tahun 2000 didirikan Pusat Pengembangan Manajemen (PPM). PPM bernaung di bawah Jurusan Manajemen. Lembaga ini sebenarnya telah ada pada tahun 1976 dengan Surat Keputusan Dekan tahun 1976, yang bernama Lembaga Manajemen FE-UNS sebagai mitra kerja Lembaga Manajemen Fakultas Ekonomi Indonesia (LM-FEUI). LM-FE-UNS semula dikelola oleh Drs. Aris Suparman; Drs. Suparman (alm.) dan Drs. Rusmanto U (alm.). Kegiatan yang telah dilakukan antara lain adalah Penelitian masalah ekonomi, Penataran Pengusaha Golongan Ekonomi Lemah (PEGEL) bekerja sama dengan Departemen Perdagangan, Departemen Perindustrian dan Departemen Koperasi di Eks-Karesidenan Surakarta, serta Departemen Perindustrian dan Departemen Koperasi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Magelang. Sedangkan kegiatan yang telah dilakukan PPM FE-UNS antara lain Survei Solo Customer Satisfaction lndex (SCSI) 2003-2005 bekerjasama dengan Solopos, pelatihan UKM Binaan PT Angkasa Pura dan lain-lain. Mulai tahun 2004, Fakultas Ekonomi UNS telah membuka Program Pendidikan Profesi Akuntan (PPAK) dengan masa studi 2 semester. Hal ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tentang profesi akuntansi dimana para alumnus lulusan S-l Akuntansi PTS tidak secara otomatis menjadi Akuntan namun harus melalui pendidikan keprofesian, bahkan mulai Agustus 2004 semua perguruan tinggi baik PTN maupun PTS harus melalui pendidikan profesi. Kemudian untuk menyediakan informasi dan data tentang pasar modal dan informasi lainnya yang berhubungan dengan pasar modal, memberi layanan edukasi pasar modal dan tempat diskusi tentang pasar modal dan topik lain yang berhubungan dengan pasar modal didirikan Pojok Bursa Efek Jakarta (BEJ) sekarang menjadi Pojok Bursa Efek Indonesia (BEI).

Sedangkan aktivitas pengabdian masyarakat lain yang telah dilakukan antara lain melalui Desa Binaan dan Industri Binaan serta Grameen Bank (Bank untuk Pengusaha Golongan Ekonomi Lemah).

Kemudian untuk membantu fakultas dalam pengembangan karir bagi mahasiswa dan lulusan, pada tahun 2007 dibentuk lembaga Career Development Center (CDC) Fakultas Ekonomi UNS. CDC ini bertujuan untuk mengurangi waktu tunggu lulusan memperoleh pekerjaan dan meningkatkan daya tawar lulusan, mengadakan pelatihan atau ujian sertifikasi bagi mahasiswa dan lulusan, menyediakan informasi pekerjaan dan beasiswa studi lanjut bagi lulusan, menjembatani lulusan dengan dunia usaha dalam hal rekruitmen serta mengembangkan dan memperluas networking dengan alumni dan perusahaan pengguna.

Sedangkan untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, pada akhir tahun 2007 dibentuk Pusat Pengembangan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret (P4MFE-UNS).

Mulai tahun 2007, untuk mewujudkan good corporate governance telah dibentuk Unit Penjaminan Mutu (quality assurance) yang merupakan pengembangan dari Tim Anggaran yangdibentuk pada tahun 2005.

Visi

 Menjadi Fakultas Ekonomi yang unggul di tingkat nasional dan internasional.

Misi

 

1.     Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dalam bidang ekonomi, manajemen, dan akuntansi yang menuntut pengembangan diri dosen dan kemandirian mahasiswa dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, sikap, dan pemahaman kaidah berkehidupan bermasyakakat

2.     Menyelenggarakan penelitian ilmiah dan terapan yang berkualitas dalam bidang ekonomi, manajemen, dan akuntansi serta mendeseminasi hasil-hasil penelitian

Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang berkualitas yang berorientasi pada upaya pemberdayaan masyaraka

AKREDITASI FAKULTAS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia

Program Studi

Nama Jurusan Akuntansi Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Manajemen Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Ekonomi Pembangunan Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Akademi :     Diploma : 6     Sarjana : 3     Magister : 3     Doktorat :