Kedokteran - Universitas Katolik Atma Jaya

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Katolik Atma Jaya
Nama Fakultas : Kedokteran
Alamat Sekretariat : Jl. Pluit Raya 2, Jakarta
Kode Pos : 14440
Telp : (62-21) 6691944    Telp2 : 6694366, 6693168
Fax : (62-21) 6606122    Fax2 : 6606123
Email : fk@atmajaya.ac.id
Website : http://www.atmajaya.ac.id/
Nama Dekan : dr. Felicia Kurniawan,M.Kes.

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Gagasan untuk mendirikan sebuah Fakultas Kedokteran telah ada sejak lahirnya Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya pada tahun 1960. Lahirnya gagasan untuk mendirikan fakultas kedokteran bukanlah hal yang mengherankan, karena di dalam kelompok perintis terdapat beberapa orang dokter sementara seorang diantara mereka adalah pendiri Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, yaitu dr. A.H. Tjahjadi. Beberapa dokter spesialis lainnya adalah dr. Njo tiong Tjiat, dr. A.W.J. Soeradi, Sr.dr. Regis Rukmarata, CB. Pada tahun 1964, dr. K.S. Gani, DPH, dr. J. Soegondho Roewidodarmo dan dr. A.H. Tjahjadi mulai bergerak untuk mewujudkan cita-cita mendirikan fakultas kedokteran di lingkungan pendidikan Katolik. Banyak kendala dan tantangan yang dihadapi. Mereka berusaha mencari tempat kuliah, dosen dan dana. Akhirnya pada tanggal 27 Desember 1967 dikeluarkan Surat Keputusan Yayasan Atma Jaya tentang pendirian Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Untuk kuliah dimulai bulan Maret 1968 di komplek Rumah Sakit St. Carolus dan praktikum digunakan laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Penggunaan fasilitas praktikum di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia ini dimungkinkan berkat kerjasama dengan berbagai kepala bagian dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Pada tanggal 12 September 1969 mendapatkan status terdaftar dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Dalam tahun 1969 mulai dibangun sebuah gedung permanen yang cukup pantas di kampus Semanggi dengan bantuan DITH (Directoraat International Technishce Hulp) suatu lembaga Pemerintah Belanda. Rumah Sakit Atma Jaya selaku lahan untuk pendidikan klinis dokter, mulai dipergunakan pada tahun 1976. Sebelum Rumah Sakit Atma Jaya selesai dibangun, sebagian besar pendidikan klinik dilakukan di Rumah sakit St. Carolus dan dibantu oleh Rumah Sakit Gatot Subroto, Puskesmas Melani dan sebagainya. Mulai tahun akademik 1991/1992 seluruh proses belajar mengajar diadakan di Kampus Pluit, terpisah lebih kurang 12 km dari kampus utama Unika Atma Jaya dan berada satu lokasi dengan Rumah Sakit Atma Jaya. Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya telah meluluskan dokter-dokter pertamanya pada tahun 1976 dan hingga akhir 2008 telah meluluskan 2.719  orang dokter.
Visi Menjadi Fakultas Kedokteran yang memiliki keunggulan akademik dan profesional di tingkat nasional dan internasional dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran dengan mengutamakan moral dan etika yang dilandasi iman Kristiani dan budaya Indonesia.
Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi dokter yang menjadi wadah pengembangan karakter dan profesionalisme.


2. Menyelenggarakan penelitian kedokteran dasar dan terapan yang berkesinambungan untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.


3. Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran untuk kepentingan masyarakat.

AKREDITASI FAKULTAS

Akreditasi A
Informasi Sertifikat dan ISO lainnya
Sebagaimana yang berlaku di Indonesia, pendidikan menjadi seorang dokter di Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya melalui dua tahap program studi yaitu :
1. Program Studi Sarjana Kedokteran ( PSSK): lamanya 8 semester
2. Program Studi Profesi Dokter (PSPD): lamanya 4 semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Fakultas

Perpustakaan

Ruang Perpustakaan Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya seluas 630 mdapat menampung 200 mahasiswa dilengkapi dengan berbagai koleksi buku, Jurnal Ilmiah, majalah umum dan khusus, CD ROM, kliping surat kabar, dan laporan penelitian. Koleksi Jurnal online yang dilanggan oleh perpustakaan Unika Atma Jaya untuk keperluan FKUAJ, antara lain Proquest,Springerlink dan Dynamed.

Perpustakaan FKUAJ dilengkapi dengan 1 mesin fotocopy, Lima unit komputer yang terhubung dengan internet dan dua unit komputer log. Terdapat pula dua ruang diskusi mahasiswa yang dapat menampung 20 mahasiswa.

Laboratorium komputer

Untuk mendukung fasilitas Pembelajaran dan Penelitian mahasiswa, FKUAJ menyediakan Laboratorium Komputer yang dilengkapi dengan 74 unit komputer berakses internet, dengan bandwidth  16  Mbps.\

Laboratorium komputer ini  berfungsi juga sebagai perpustakaan elektronik. Tersedia pula 6 antena Wifi yang membuat beberapa area di lingkungan kampus sebagai area hotspot

Laboratorium Medis

Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya mempunyai Laboratorium yang diharapkan dapat menunjang pendidikan mahasiswa,  meliputi :  Laboratorium Fisiologi, Laboratorium bersama untuk Biologi, Histologi & Patologi Anatomi, Laboratorium  Farmakologi, Laboratorium  Farmasi, Laboratorium Fisika, Laboratorium Biokimia dan Kimia, serta Laboratorium bersama untuk Parasitologi, Mikrobiologi dan Patologi Klinik.

Museum Anatomi

Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya mempunyai satu museum anatomi yang moderen untuk membantu mahasiswa kedokteran lebih mudah memahami tubuh manusia.

Rumah Sakit

Untuk Meningkatkan kualitas lulusan, Mahasiswa Program Studi Profesi Dokter menjalankan kepaniteraan klinik dan pelayanan masyarakat  di Rumah Sakit  Atma Jaya yang letaknya satu kompleks dengan  Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya.

Untuk membantu proses belajar mengajar di RS Atma Jaya, FKUAJ menyediakan lima antena Wifi pada tempat-tempat diskusi mahasiswa di bangsal-bangsal  RS.

Program Studi

Nama Jurusan Pendidikan Dokter Akreditasi : A Jenjang Pendidikan : S1
Akademi :     Diploma :     Sarjana : 1     Magister :     Doktorat :