Teknologi Industri - Universitas Katolik Parahyangan

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Katolik Parahyangan
Nama Fakultas : Teknologi Industri
Website : http://home.unpar.ac.id/~fti/
Nama Dekan : Dr. Budi H. Bisowarno, ir. M.Eng.

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi


Fakultas Teknologi Industri, Universitas Katolik Parahyangan dengan Jurusan Teknik Industri dan Jurusan Teknik Kimia, didirikan pada tanggal 20 April 1993, dan memperoleh status Terdaftar sesuai Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 34/D/O/1993. Dasar pemikiran bagi pendirian fakultas ini adalah perlunya suatu paham dan tanggapan akan arah gerak dunia usaha dan dunia industri, baik skala regional, nasional, maupun global, karena dunia usaha tersebut akan terkait dengan kebutuhan sumber daya manusia yang terampil dan cendekia.

 

Menjelang tahun 2020 akan terjadi liberalisasi ekonomi sehingga sangat berpengaruh terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) serta dunia industri. Semakin tinggi penguasaan Iptek oleh sumber daya manusia (SDM), semakin tinggi pula produktivitas gabungan dunia industri. Peningkatan produktivitas SDM semakin diperlukan untuk mengolah sumber daya alam (SDA) guna memperoleh produk yang kompetitif. Disadari sepenuhnya bahwa SDA bersifat konstan, sedangkan SDM selalu bertambah besar dengan bertambahnya waktu. Kesenjangan antara jumlah SDA dan SDM justru terjadi pada tingkat penduduk dengan pendapatan rendah sehingga secara ekologis tidak menguntungkan. Di sinilah letak masalah yang harus diselesaikan.

 

Lulusan sarjana Teknik Industri dan Teknik Kimia yang menguasai Iptek sangat diperlukan dalam era globalisasi. Arus globalisasi secara lambat atau cepat akan melanda berbagai aspek kehidupan. Hal ini oleh orang awam akan merupakan ancaman, namun bagi para pakar teknologi arus globalisasi ini justru akan memberi kekuatan dan peluang pemasaran baru bagi produk Indonesia. Karena itu, cara yang terbaik dalam menghadapi arus globalisasi tersebut adalah bukan mencoba menolaknya, melainkan bagaimana membaur mencari peluang memasarkan produk kompetitif sesuai dengan arus globalisasi tersebut.

 

Sesuai dengan keputusan nomor 40/DIKTI/Kep/1998 Jurusan Teknik Industri memperoleh status DIAKUI sejak 11 Februari 1998. Demikian pula sesuai keputusan nomor 104/DIKTI/Kep/1998, Jurusan Teknik Kimia memperoleh status DIAKUI sejak 1 April 1998.

 

Melalui Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 014/BAN-PT/Ak-IV/VII/2000, Jurusan Teknik Industri sejak 7 Juli 2000 memperoleh status Terakreditasi B. Sedangkan Jurusan Teknik Kimia berdasarkan Keputusan nomor 010/BAN-PT/Ak-IV/VI/2000, memperoleh status Terakreditasi B sejak 23 Juni 2000.

 

Pada tahun 2005 dilaksanakan proses re-akreditasi untuk kedua Jurusan di FTI, dan berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 007/BAN-PT/Ak-IX/S1/VI/2005, Jurusan Teknik Industri sejak 8 Juni 2005 memperoleh status Terakreditasi A. Sedangkan Jurusan Teknik Kimia berdasarkan Keputusan nomor 008/BAN-PT/Ak-IX/S1/VI/2005, memperoleh status Terakreditasi B sejak 23 Juni 2005

Visi

  VISI

 
Visi yang diemban oleh kedua Jurusan di FTI adalah sebagai berikut:
 
Visi Jurusan Teknik Industri

Menjadi komunitas keilmuan Teknik Industri khususnya bidang kajian manufaktur peringkat ASEAN untuk meningkatkan pemenuhan martabat manusia.

 
Visi Jurusan Teknik Kimia

Menjadi komunitas akademik yang berperingkat internasional, untuk meningkatkan pemenuhan martabat manusia.

Misi

 Sedangkan misi yang dimiliki oleh Jurusan Teknik Industri dan Teknik Kimia adalah:

 
Misi Teknik Industri

Dengan dilandasi oleh Visi Jurusan Teknik Industri, Visi Universitas Katolik Parahyangan tahun 2012, serta sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku, maka Jurusan Teknik Industri Universitas Katolik Parahyangan memiliki misi sebagai berikut:

1.   Menyelenggarakan penelitian untuk pengembangan keilmuan Teknik Industri, yang hasilnya disebarluaskan melalui pendidikan, dan diabdikan demi kesejahteraan masyarakat,

2.    Menyelenggarakan pendidikan tinggi berdasarkan hasil penelitian,

3.    Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian.

 

Yang kesemuanya ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pemenuhan martabat manusia.

 
Misi Teknik Kimia

Berdasarkan atas visi yang dimiliki, maka Jurusan Teknik Kimia Universitas Katolik Parahyangan memiliki misi sebagai berikut :

1.  Menyelenggarakan penelitian di bidang ilmu Teknik Kimia yang hasilnya disebarluaskan melalui pendidikan dan diabdikan demi kesejahteraan masyarakat,

2.    Menyelenggarakan pendidikan tinggi berdasarkan hasil penelitian dalam rangka meningkatkan martabat manusia,

3.   Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil penelitian, dalam rangka meningkatkan martabat manusia.

AKREDITASI FAKULTAS

INFORMASI BEASISWA

 Yayasan Universitas Katolik Parahyangan menyediakan beasiswa, yang dapat diberikan setiap semester,  untuk memberi bantuan keuangan kepada beberapa mahasiswa, yang mampu secara akademik tetapi kurang mampu secara finansial. Sejumlah perusahaan juga menyalurkan bantuan pendidikan untuk para mahasiswa melalui Dana Lestari. Selain itu, beasiswa juga disediakan untuk para mahasiswa yang mempunyai prestasi seperti misalnya menjuarai kompetisi antar mahasiswa, termasuk kejuaraan di bidang olahraga.

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Fakultas

Perpustakaan

Untuk menunjang proses pembelajaran, Fakultas Teknologi Industri pada saat ini memiliki sekitar 600 judul buku yang meliputi buku-buku bidang komputer, manajemen, teknik industri, kimia, dan teknik kimia. Koleksi ini tersimpan di Perpustakaan Pusat Unpar yang terletak di lantai 2 dan 3 Gedung 9, bersama dengan koleksi buku-buku lain di bidang ekonomi, hukum, sosial, filsafat, teknik sipil, arsitektur, matematika, fisika, dan ilmu komputer. Perpustakaan ini dikelola dengan sistem terbuka, sehingga mahasiswa dapat melihat langsung buku-buku yang  tersedia. Mahasiswa sangat dianjurkan untuk menjadi anggota perpustakaan, sehingga dapat meminjam buku-buku yang ada.

 

Akademik

 Fakultas Teknologi Industri menyadari bahwa kampus harus berfungsi menjadi wadah pembinaan mahasiswa untuk menjadi manusia dewasa seutuhnya, bukan saja kapabilitas intelektual tapi juga beragam kemampuan non-teknis (soft skills). Peranan Himpunan Mahasiswa Jurusan sangat penting dalam melaksanakan dan mengembangkan beragam kegiatan ekstra kurikuler. Untuk menyalurkan beragam minat dan bakat termasuk di bidang olahraga, unit kegiatan mahasiswa dengan prasarana dan sarana yang akan terus ditingkatkan dapat mewadahinya. Selain itu, Pusat Kajian Humaniora bertanggung jawab menyelenggarakan berbagai gladi dan kegiatan lain untuk pengembangan diri yang bersifat non-teknis

Program Studi

Nama Jurusan Teknik Industri Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Teknik Kimia Akreditasi : Jenjang Pendidikan :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :