Teologi - Universitas Sanata Dharma

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Sanata Dharma
Nama Fakultas : Teologi
Alamat Sekretariat : Kampus Mrican, Jl. Gejayan, Mrican, Tromol Pos 29
Kode Pos : 55002
Telp : (0274) 513301    Telp2 : (0274) 5153552
Fax : (0274) 562383    Fax2 : (0274) 518913
Email : ppmb@staff.usd.ac.id
Website : www.usd.ac.id
Nama Dekan : Dr. Antonius Sudiardja, S.J.

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Prodi Ilmu Teologi mempunyai sejarah panjang. Prodi ini didirikan pada tahun 1961 sebagai Jurusan Filsafat-Teologi. Memperoleh status disamakan untuk tingkat Sarjana Muda (1972) dan Sarjana Lengkap (1978). Pada tahun 1985 nama jurusan berubah menjadi Jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan, Program Studi Teologi. Pada tanggal 10 Mei 1993 Jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan berubah menjadi Fakultas Teologi, Jurusan Teologi, Program Studi Teologi Sistematik (status disamakan). Dalam rangka penyesuaian diri dengan Kurikulum Nasional 1994 dan atas dasar SK Mendikbud 143/DIKTI/Kep/1999 tanggal 19 April 1999 nama Program Studi adalah Ilmu Teologi dengan status Terakreditasi B. Program Studi Ilmu Teologi, Fakultas Teologi USD diakui sebagai Fakultas Teologi Kepausan.

Penyelenggaraan

Prodi Ilmu Teologi dilaksanakan dengan mengikuti kurikulum nasional 1994. Selain kuliah-kuliah tatap muka, juga diselenggarakan kuliah seminar, live-in dengan metode participant observation, diskusi, studium generale, dan penulisan paper. Semua diampu oleh para dosen yang ahli dalam bidangnya dan sebagian besar (90%) berijasah S-3 (Doktor) dari luar negeri.

Prodi ini tidak hanya didukung oleh para dosen ahli, tetapi juga oleh banyak majalah (sekitar 200 macam majalah dalam dan luar negeri) dan perpustakaan yang amat mencukupi dari segi jumlah buku maupun sistem komputerisasinya. Semua itu mendukung terlaksananya penulisan skripsi yang baik oleh semua mahasiswa. Mahasiswa dapat menyelesaikan studi antara 8 sampai 14 semester. Mahasiswa yang menyelesaikan studi S-1 dengan baik, dapat melanjutkan ke jenjang Pasca-Sarjana (S-2) Program Studi Magister Teologi, yang diselenggarakan di kampus yang sama, tanpa biaya yang tinggi. Bahkan mahasiswa yang sudah menyelesaikan studi Magister Teologi yang dibarengi dengan selesainya Lisensiat Teologi dapat meneruskan studi Doktorat di luar negeri dengan mudah, karena Fakultas Teologi dikenal dan diakui di dunia internasional, khususnya oleh universitas-universitas Katolik.



Pengembangan

Pengembangan bidang intelektual dan sosial dijalankan dengan peningkatan penelitian para dosen dan peningkatan kegiatan intelektual serta sosial mahasiswa. Pengembangan intelektual juga dimungkinkan dengan terus bertambahnya dosen-dosen yang menyelesaikan pendidikan Doktorat (S-3).
Misi Prodi Ilmu Teologi USD diselenggarakan dengan misi membina kemampuan mahasiswa dalam studi dan refleksi kritis atas tanda-tanda zaman. Studi dan refleksi itu tidak dilaksanakan demi penguasaan teori atau ilmu, melainkan demi keterlibatan mahasiswa dalam pergulatan-pergulatan masyarakat, dengan perspektif iman kristiani. Mahasiswa dilatih untuk terlibat dalam masyarakat, merefleksi masalah-masalah sosial yang mendesak dan mengkomunikasikan refleksi tersebut pada masyarakat luas.

AKREDITASI FAKULTAS

Akreditasi B

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia

Program Studi

Nama Jurusan Teologi Akreditasi : B Jenjang Pendidikan :
Akademi :     Diploma :     Sarjana : 1     Magister :     Doktorat :