Hukum - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Nama Fakultas : Hukum
Alamat Sekretariat : Jl Lingkar Barat Tamantirto
Kasihan Bantul
Yogyakarta
Kode Pos : 55183
Telp : 0274-387-656    Telp2 :
Fax : 0274-387-646    Fax2 :
Email : umy@umy.ac.id
Website : http://www.umy.ac.id

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi

Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta lahir sejak awal berdirinya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, yaitu tanggal 24 Rabi’ul awal 1401 H,bertepatan dengan tanggal 1 Maret 1981, bersama dengan Fakultas Ekonomi, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Kegiatan perkuliahan waktu itu diadakan di gedung SPG Muhammadiyah I Yogyakarta, kemudian pindah ke kampus UMY Wirobrajan, sebelum akhirnya pindah ke Kampus Terpadu UMY Jalan Lingkar Selatan, Tamantirto, Kasihan Bantul, Yogyakarta.

Perkembangan status Fakultas Hukum diawali dengan pemberian Status TERDAFTAR untuk Program Studi Hukum Tata Negara melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0417/1985 dan Status DIAKUI untuk Jurusan Hukum Keperdataan,Jurusan Hukum Pidana, Jurusan Hukum Tata Negara melalui Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 12/DIKTI/KEP/1992. Status DISAMAKAN diperoleh pada tahun 1995 melalui Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor 67/DIKTI/KEP/1995 dan pada tahun 1997 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 78/D/0/1997 tentang hasil penilaian Badan Akreditasi Nasional, Fakultas Hukum UMY dengan Program Studi Ilmu Hukum telah TERAKREDITASI dengan predikat “BAIK”. Pada tahun 2003 Fakultas Hukum mendapat SK Dirjen Dikti No: 06045/AK-VIIS1-036/UMYIHK/X/2003 (terakreditasi). Pada tahun 2008 Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum UMY memperoleh akreditasi dengan peringkat “A” berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 020/BAN-PT/Ak-XI/ S1/VIII/2008 tanggal 29 Agustus 2008.

Pendidikan di Fakultas Hukum UMY bertujuan melahirkan Sarjana Hukum yang memiliki berbagai kompetensi:
1. Mempunyai dasar-dasar Ilmu Hukum umum dan Syari’ah dengan baik sebagai basis kajian dan pengembangan Ilmu Hukum.
2. Mempunyai kemampuan dasar untuk mengaplikasikan Ilmu Hukum ke dalam praktek di lapangan.
3. Mampu mengikuti perkembangan Ilmu Hukum dalam percaturan global dan mampu memecahkan masalah se-cara interdisipliner.
4. Kompetitif dalam persaingan di dunia hukum profesional.
5. Memiliki keberanian menegakkan nilai-nilai kebenaran dan keadilan berdasarkan Syari’at Islam dalam dunia profesi hukum dan kehidupan sehari-hari.

Kurikulum

Kurikulum FH UMY didesain untuk menghasilkan lulusan yang unggul. Kurikulum FH UMY secara periodik dievaluasi dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan dunia hukum dan penguatan core values UMY sebagai kampus Islam, misalnya memprioritaskan program penguasaan kemampuan di bidang Hukum Ekonomi Syariah seiring dengan berkembangnya dunia perbankan Islam, asuransi Islam, pasar modal syari’ah, bisnis Syariah dan lainnya. Kurikulum Strata Satu (S-1) Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengacu pada SK Rektor No.203/SK-UMY/VIII/2007, terdiri dari kurikulum Inti dan Kurikulum Institusional, melalui sistem kredit semester dengan satuan kredit semester sejumlah 145 SKS.

Visi Visi Fakultas Hukum UMY dirumuskan sebagai berikut:
“Mewujudkan Pendidikan Tinggi Hukum Berwawasan Syari’ah”. Yang dimaksud dengan pendidikan tinggi hukum berwawasan syari’ah dalam hal ini adalah pendidikan tinggihukum yang unggul dan berorientasi pada nilai-nilai ke-Islaman baik dari segi proses maupun lulusan yang dihasilkan.
Misi Misi Fakultas Hukum UMY dirumuskan sebagai berikut:
“Melahirkan Sarjana Hukum Muslim Yang Unggul Secara Intelektual, Memiliki Integritas Moral Sesuai Akhlaq Islam dan Sanggup Menegakkan Kebenaran, Keadilan, dan Kejujuran Sesuai dengan Syari’at Islam”.

AKREDITASI FAKULTAS

Akreditasi B

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris
Fasilitas Fakultas

Area Konsentrasi

Konsentrasi yang dapat diambil mahasiswa berdasarkan minatnya ada 9 konsentrasi yang dapat dijadikan pilihan pengembangan minat mahasiswa, yaitu:
1. Hukum Perdata;
2. Hukum Dagang;
3. Hukum Tata Negara;
4. Hukum Internasional;
5. Hukum Administrasi Negara;
6. Hukum Lingkungan;
7. Hukum Agraria;
8. Hukum Pidana; dan
9. Hukum Islam.

Program Studi

Nama Jurusan Ilmu Hukum Akreditasi : B Jenjang Pendidikan :
Akademi :     Diploma :     Sarjana : 2     Magister :     Doktorat :