Kedokteran - Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Nama Fakultas : Kedokteran
Alamat Sekretariat : Jl Lingkar Barat Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta
Kode Pos : 55183
Telp : 0274-387-656    Telp2 :
Fax : 0274-387-646    Fax2 :
Email : umy@umy.ac.id
Website : http://www.umy.ac.id

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Sebagai Fakultas Kedokteran yang pertama berdiri di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah, didirikan tahun 1993 dan telah meluluskan dokter lebih dari 800 dokter baru yang bekerja di pemerintahan atau swasta dan tersebar di seluruh tanah air. Sesuai dengan kemajuan informasi teknologi yang berkembang sangat cepat dan untuk menghadapai persaingan global, Fakultas Kedokteran terus berbenah diri dan sejak tahun 2004 telah memberlakukan metode pembelajaran secara Problem Based Learning (PBL). Untuk itu prasarana dan sarana telah dipersiapkan dengan baik seperti ruang tutorial, ruang kuliah dalam bentuk amphiteather , ruang skill lab , ruang praktikum biomedik, perpustakaan dengan literature yang up to date, internet yang bebas biaya dengan kampus hot spot area , dan menerapkan E-learning sebagai sarana penunjang pembelajaran. Sebagai koordinator dan sekretariatan Forum Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan Muhammadiyah (FPKKM) di lingkungan perguruan tinggi Muhammadiyah, saat ini telah mempunyai tiga program studi (Prodi) yaitu Prodi Kedokteran Umum(PSKU), Prodi Kedokteran Gigi(PSKG), dan Prodi Ilmu Keperawatan (PSIK).
Visi Menjadi salah satu Fakultas Kedokteran yang termuka di Indonesia karena keunggulan Iptek dan Imtag serta menjadi kebanggaan bagi segenap civitas akademika ummat Islam dan bangsa.
Misi

Masa Studi dan Gelar Kesarjanaan

PROGRAM STUDI

MASA STUDI (SEMESTER)

GELAR KESARJANAAN

S1
Profesi
Kedokteran Umum

8

4

Dokter (dr)

Kedokteran Gigi

8

3

Dokter Gigi (drg)

Ilmu Keperawatan

8

2

S.Kep. Ners (Ns)

AKREDITASI FAKULTAS

Akreditasi B

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Bahasa Indonesia
Fasilitas Fakultas

Program Kegiatan Unggulan

1. Kedokteran Islam

Pusat Studi Kedokteran Islam (PSKI) yang telah didirikan di civitas akademika Fakultas Kedokteran menyediakan layanan referensi kedokteran Islam, penelitian kedokteran Islam, program DISMEL ( Diploma in Islamic Studies for Medical Lecturers ) , info FIMA ( Federation of Islamic Medical Association ), sekretariat FPKKM (Forum Pendidikan Kedokteran dan Kesehatan Muhammadiyah) dan pengembangan kompetensi dokter muslim (advokasi dan fasilitasi). Melalui PSKI ini metoda pembelajaran PBL untuk ilmu-ilmu kedokteran preklinik, klinik dan ilmu keislaman telah terintegrasi di dalam semua block ..

2. International Student Exchange

Melalui organisasi mahasiswa Kedokteran UMY Muhammadiyah Medical Students’ Activities (MMSA) yang tergabung secara nasional pada CIMSA ( Centre of Indonesian Medical Students’ Activities ) adalah organisasi mahasiswa kedokteran yang mewadahi berbagai aktivitas, khususnya di bidang pendidikan, pertukaran mahasiswa Internasional untuk profesi dan riset, kesehatan masyarakat, kesehatan reproduksi termasuk AIDS, kemanusiaan dan promosi perdamaian dan mempunyai jaringan internasional melalui IFMSA ( International Federation of Medical Students’ Acivities ). International student exchange sebagai salah satu kurikulum muatan local block elektif. . FK UMY memfasilitasi program clerkship berupa pertukaran mahasiswa kedokteran UMY ( outgoing students ) untuk mengambil course/clerkship di beberapa rumah sakit dan fakultas kedokteran di luar negeri seperti Malaysia , Jerman, Belanda , Austria dan beberapa Negara Eropa. Sebaliknya FK UMY juga memfasilitasi mahasiswa asing yang datang ( incoming students ) untuk mengikuti clerkship di rumah sakit pendidikan FK UMY.

3. International Summer Course

Setiap tahun pada bulan Juli FK UMY bersama MMSA mengadakan International Summer Course yang akan diikuti oleh beberapa mahasiswa dari Negara asing bersama-sama dengan mahasiswa kedokteran FK UMY mengikuti course selama 1 bulan penuh tetang penyakit infeksi tropis (Malaria, Tuberkulosis, dan Dengue Haemorragyc Fever ) dengan diskusi kasus bersama dosen pakar dari UGM dan UMY, praktikum di laboratorium biomedik FK UMY, wisata dan kunjungan lapangan di RS/ BP4/ Puskesmas untuk melihat pasien dan kasus-kasus yang relevan juga melaksanakan social programe yang excited .

4. E- Learning

Melalui Medical Information Supporting Unit (MIS-U) yang menyediakan layanan internet, net working, SIMAK (Sistem Informasi Akademik), e-learning, mail service, hardware dan web design, menerapkan E-learning sebagai sarana penunjang pembelajaran melalui aplikasi WebCT dan els(e-learning system). Melalui program ini mahasiswa bisa secara interaktif mengakses materi perkuliahan, mini quiz , progress test , tugas dari dosen, internet, konsultasi pakar lewat e-mail. Sesuai dengan perkembangan ilmu kedokteran saat ini Evident Based Medicine merupakan pola berpiker mahasiswa yang harus diterapkan dalam menghadapi setiap kasus kesehatan di masyarakat. Untuk itu sarana internet yang bebas biaya dan kampus hot spot area akan memudahkan mahasiswa mengakses berbagai macam jurnal dan referensi yang up to date .

Kerjasama dengan pihak pemerintah, swasta, atau asing Bekerjasama dengan International Islamic University of Malaysia (IIUM) dalam mengembangkan program DISMEL yang berupa pengembangan kurikulum dan pertukaran dosen pengajar.

Program Studi

Nama Jurusan Pendidikan Dokter Gigi Akreditasi : B Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Kedokteran Umum Akreditasi : B Jenjang Pendidikan :
Nama Jurusan Keperawatan Akreditasi : C Jenjang Pendidikan :
Akademi :     Diploma :     Sarjana : 3     Magister :     Doktorat :