Peternakan - Universitas Gadjah Mada

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Gadjah Mada
Nama Fakultas : Peternakan
Alamat Sekretariat : Jl. Fauna No. 3 Bulaksumur, Yogyakarta
Kode Pos : 55281
Telp : (0274) 513363    Telp2 :
Fax : (0274) 521578    Fax2 :
Email : fapet@ugm.ac.id
Website : http://fapet.ugm.ac.id
Nama Dekan : Prof. Dr. Ir. Tri Yuwanta, S.U., DEA.

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Fakultas Peternakan di Universitas Gadjah Mada (UGM) adalah Fakultas yang termuda. Pada tanggal 15 September 1955 Fakultas Kedokteran Hewan UGM berkembang menjadi Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKH&P) UGM dan selanjutnya atas dorongan masyarakat dan inisiatif beberapa dosen Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan UGM, pada tahun 1964 Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan membentuk dua jurusan yaitu: 1) jurusan Kedokteran Hewan dan 2). jurusan Peternakan.

Berdasar Surat Keputusan Deputy Menteri Perguruan Tinggi tanggal 20 juni 1968, Nomor: 38 tahun 1966, terhitung mulai tanggal 1 September 1966 FKH & P ditingkatkan menjadi dua Fakultas yaitu: 1) Fakultas Kedokteran Hewan dan 2) Fakultas Peternakan, namun dalam pelaksanaannya masih tergabung dalam FKH & P Mulai 10 November 1969 dengan adanya Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 2 November 1969, nomor: 1449/KT/I/SP/1969, Fakultas Peternakan UGM secara resmi berdiri dengan pengangkatan Dekan dan Sekretaris di Fakultas Peternakan UGM, sehingga jumlah Fakultas di UGM menjadi 18 buah. Sesuai dengan SK Direktur Jenderal Dikti No. 221/DIKTI/Kep/96 tanggal 11 Juli 1996, program studi Peternakan dikembangkan menjadi empat program studi; Nutrisi dan Makanan Ternak, Produksi Ternak, Sosial Ekonomi Peternakan, dan Teknologi Hasil Ternak.

Dalam rangka pengembangan sistem pendidikan yang mampu memberi bekal ilmu pengetahuan keprofesian dan untuk mengakomodasi perkembangan industri peternakan, berdasarkan SK Rektor UGM Nomor 187/P/SK/HT/2006 tanggal 1 Mei 2006, maka Program Studi Nutrisi dan Makanan Ternak, Produksi Ternak, Sosial Ekonomi peternakan, dan Teknologi Hasil Ternak dirubah menjadi Program Studi Ilmu dan Industri Peternakan
Visi Fakultas Peternakan UGM dengan Program Studi Ilmu dan Industri Peternakan menjadi pusat pendidikan bertaraf internasional yang unggul dan terkemuka, berorientasi kepada kepentingan bangsa dan berdasarkan Pancasila.
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi ilmu dan industri peternakan yang berkualitas dalam rangka mencerdaskan dan membangun bangsa.
  2. Menghasilkan lulusan yang bermoral, tangguh, berjiwa pemimpin, unggul, mandiri, dan mampu bersaing di tingkat internasional.
  3. Menyelenggarakan penelitian yang menopang pendidikan, pengembangan ilmu dan teknologi.
  4. Meningkatkan pengabdian masyarakat atas dasar tanggung jawab sosial dan kepentingan masyarakat.
  5. Menjalin kerjasama secara berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, lembaga penelitian, pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat baik nasional maupun intrenasional.
  6. Mengembangkan organisasi Fakultas yang sesuai dengan tuntutan jaman serta meningkatkan manajemen yang transparan dan berkualitas secara berkelanjutan.

AKREDITASI FAKULTAS

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Bahasa Pengantar Indonesia
Informasi Praktik Kerja Lapangan

Untuk memberikan bekal ketrampilan kepada mahasiswa, Fakultas Peternakan UGM mewajibkan setiap mahasiswa untuk melakukan PKL. PKL dapat dilakukan di perusahaan-perusahaan yang telah ditentukan oleh Fakultas, maupun perusahaan dan instansi lain yang diminati oleh mahasiswa dan disetujui oleh Fakultas.

Persyaratan untuk mengajukan PKL antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Telah memperoleh minimal 120 sks
  2. Tidak mempunyai nilai E
  3. IPK minimal = 2,00

 

Pengajuan PKL dilakukan dengan mengisi Form Permohonan Praktek Kerja lapangan (PKL). Waktu pelaksanaan PKL diatur pada waktu antar semester. Mahasiswa dapat melakukan PKL di luar waktu yang telah diatur, sepanjang tidak mengganggu kegiatan pendidikan mahasiswa yang bersangkutan.

PKL yang mempunyai bobot 3 sks berlangsung selama 96 jam atau sekitar 3 minggu. Setelah selesai melakukan PKL, dengan bimbingan seorang Pembimbing PKL yang ditunjuk oleh Fakultas, mahasiswa wajib menyusun Laporan PKL. Pada waktu yang telah ditentukan, setelah mahasiswa mengajukan form Permohonan Ujian PKL, mahasiswa akan diuji oleh Tim Penguji PKL, yang terdiri dari Pembimbing PKL dan 2 orang penguji lain yang sesuai dengan bidangnya.

Program Studi

Nama Jurusan Ilmu dan Industri Peternakan Akreditasi : A Jenjang Pendidikan :
Akademi :     Diploma :     Sarjana :     Magister :     Doktorat :