Peternakan - Universitas Brawijaya

INFORMASI FAKULTAS

Nama Universitas : Universitas Brawijaya
Nama Fakultas : Peternakan
Alamat Sekretariat : Jalan Veteran Malang
Kode Pos : 65145
Telp : (0341) 551611 Ps: 163, 241, 242    Telp2 :
Fax : (0341) 584727    Fax2 :
Email : indicus@malang.wasantara.net.id
Website : http://www.brawijaya.ac.id/id/faculty/peternakan/
Nama Dekan : Prof. Dr. Ir. Hartutik, MP

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi Fakultas Peternakan Universitas Brawijaya didirikan pada tanggal 26 Oktober 1961 dengan nama Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP), merupakan salah satu fakultas dari Universitas Kotapraja Malang, yang kemudian bernama Universitas Brawijaya. Setahun kemudian, 1 Juli 1961, FKHP bersama Fakultas Pertanian dinegerikan dengan status di bawah naungan Universitas Airlangga. Ketika Universitas Brawijaya dinegerikan pada tanggal 5 Januari 1963, maka FKHP dan Fakultas Pertanian kembali bergabung dengan induknya semula, yaitu Universitas Brawijaya.
Visi Menjadikan pusat pendidikan dan pengembangan Teknik Perangkat Lunak yang mampu memberikan kontribusi dalam rangka mencerdaskan dan mensejahterakan kehidupan bangsa dengan menghasilkan sarjana teknik yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkualitas, profesional dan mampu bersaing dalam era global.
Misi 01. Menyelenggarakan proses pendidikan untuk membantu meningkatkan peserta didik menjadi manusia yang berkemampuan akademik/profesional dan berakhlak mulia sehingga mampu berperan secara bermakna di segala aspek kehidupan masyarakat;
02. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk menjunjung tinggi kebenaran serta meningkatkan taraf kehidupan masyarakat

AKREDITASI FAKULTAS

Akreditasi B

INFORMASI BEASISWA

Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), Bantuan Belajar Mahasiswa (BBM), Bantuan PKL, PAK/Kerusuhan, Supersemar, ABRI/TNI, Aetna Life, Australia, Bank Indonesia, Damandiri, SPMB-BMU, Djarum, Dompet Duafa, Do Punt, Epson, Expan, Gudang Garam, Jepang (JAL), LG, Lovin, Marubeni, Nusantara, Orbit, Pertamina, Salim, SCTV, Tifico, Toyota Astra, TSPDP, TSPDP-Maba 03, Yampi, Yayasan Jepang, PT. Indofood.
Syarat: Surat Permohonan/Pengajuan Beasiswa, Status Aktif dibuktikan dengan fotokopi Kartu Mahasiswa, Surat Keterangan Penghasilan atau Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan, fotokopi KTP dan Kartu Keluarga, tidak sedang menerima beasiswa dari sumber lain, berkelakuan baik

FASILITAS

Bahasa Pengantar Indonesia
Fasilitas Fakultas

Fasilitas fisik
Berdasarkan data pada Tabel 23, ruang kuliah yang dimiliki oleh Fakultas Peternakan berjumlah 10 ruang dengan luas total 1900 m2 dengan kapasitas 905 mahasiswa. Dengan sift penggunaan 5 kali per hari dan 5 hari per minggu, selama ini tidak pernah mengalami kekurangan ruangan kuliah. Jurusan NMT hanya menggunakan ruang kuliah 34,5 jam per minggu untuk menyajikan mata kuliah yang dikelolah oleh Jurusan NMT (Tabel 24).

Laboratorium
Ada dua laboratorium (UPT) yang dikelolah oleh Jurusan NMT yaitu UPT Analisa Pakan Ternak dan UPT Rumah Kaca (HMT). Masing-masing laboratorium dipergunakan untuk kepentingan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk kepentingan pendidikan (praktikum), rata-rata diperlukan waktu selama 30 jam per minggu untuk melayani praktikum sebanyak rata-rata 6 matakuliah yang disajikan pada semester yang bersangkutan. Untuk keperluan penelitian mahasiswa (pembuatan skripsi) dan staf pengajar diperlukan waktu rata-rata 30 jam per minggu. Dengan demikian penggunaan laboratorium termasuk sangat padat. Keadaan ini sering merupakan kendala penyelesaian tugas akhir mahasiswa, sehingga penyelesaian studi mahasiswa menjadi terhambat. (Tabel 25 dan 26).

Perpustakaan
Perpustakaan jurusan atau lebih tepatnya disebut sebagai ruang baca masih menjadi satu ruang dengan ruang sekretaris jurusan. Di ruang baca ini tersedia lebih dari 60 judul buku teks, diktat dan petunjuk praktikum yang merupakan buku pegangan untuk mata kuliah yang diajarkan di jurusan NMT (Tabel 28). Di perpustakaan jurusan belum terdapat koleksi jurnal dan sebagian besar buku tersebut merupakan terbitan tahun 80-an, sehingga jurusan masih banyak membutuhkan buku dan artikel atau jurnal yang baru guna mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Informasi Praktik Kerja Lapangan PT. Bimantara Citra Tbk., PT. Rajawali Citra Televisi Indonesia, Asosiasi Perusahaan Alat dan Mesin Pertanian Indonesia, Bupati Gresik/Pemerintah Kabupaten Gresik, Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI), PT. Indeleam Jakarta, Pemerintah Propinsi Jawa Timur Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral, PT. Satelit Palapa Indonesia, Pemerintah Propinsi Jawa Timur Badan Penelitian dan Pengembangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Timur, Pemerintah Propinsi Jawa Timur Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral, PT. Indosat Multi Media Mobile (IM3), Bank Indonesia, PT. Telekomunikasi Seluler, Balai Pengembangan Penangkapan Ikan Semarang Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap Departemen Kelautan dan Perikanan, Gubernur Jawa Timur Pemerintah Propinsi Jawa Timur, PT. Theda Persada Nusantara, Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah, Bank Niaga Malang, PT. Indofood Sukses Makmur Tbk., Microsotf, Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian Departemen Pertanian, PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk., PT. BNI Persero Tbk., Dinas Propinsi Jawa Timur (Dinas Sosial), Departemen Kelautan dan Perikanan RI, Walikota Kendari Sulawesi Tenggara, PT. Raya Guafindo Persada, Balai Taman Hutan Raya, Dirjen Pelayanan Medik Departemen Kesehatan RI, Pemerintah Kabupaten Teluk Wondawa

Program Studi

Akademi :     Diploma : 1     Sarjana : 3     Magister : 1     Doktorat :