Sastra Inggris - Universitas Diponegoro

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Diponegoro
Nama Fakultas : Ilmu Pengetahuan Budaya
Alamat Sekretariat : Jalan Hayam Wuruk No. 4 Semarang 50241,
Telp : (024) 8416606    Telp2 :
Fax : (024) 8416606.    Fax2 :
Email : juringundip@yahoo.com
Website : http://www.fib.undip.ac.id/inggris/
Nama Kepala Program Studi : Dra. Ratna Asmarani, M.Ed., M.Hum.

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Ketika didirikan pada tahun 1965, Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Diponegoro bertujuan mendidik mahasiswa menjadi sarjana kebudayaan Indonesia yang akan mempelajari kebudayaan Indonesia untuk memperkaya ilmu kebudayaan Indonesia dan memperkenalkan kepada dunia internasional. Oleh karena itu satu-satunya jurusan yang diselenggarakan ialah Departemen Indonesiologi.

Pada tahun 1967, berkembanglah tujuan itu sehingga terbentuklah Departemen Anglo Saxon. Akan tetapi pemilihan jurusan atau keahlian itu baru dilaksanakan pada tahun ke tiga. Jadi, pada tahun pertama dan ke dua mahasiswa masih berada pada satu jurusan umum. Namun pada tahun 1968 muncul pendapat bahwa penjurusan seperti itu dirasakan kurang menguntungkan mahasiswa, terutama yang memilih Departemen Anglo Saxon. Kemudian pendapat itu dibahas oleh Senat Fakultas Sastra Budaya Universitas Diponegoro. Rapat senat pada tanggal 31 Januari 1970 memutuskan penjurusan dilaksanakan pada tahun ke dua. Dengan demikian dasar keindonesiaannya diberikan secara padat pada tahun pertama.

Departemen Anglo Saxon menjadi embrio dari Jurusan Sastra Inggris. Pada waktu itu Departemen Anglo Saxon baru dibuka sampai tingkat Sarjana Muda. Kemudian pada tahun 1973 mulai dibuka tingkat doktoral dan pertama kali meluluskan sarjana pada tahun 1974. Ijin pendirian diperoleh dari Dirjen Pendidikan Tinggi yaitu SK Dikti No. 106/Dikti/Kep/1984 tanggal 21 April 1984. Selama 4 periode berturut turut (1996, 2000, 2004, dan 2008), Program studi Bahasa dan Sastra Inggris telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT.
Visi
Menjadi pusat studi bahasa, sastra, dan budaya Inggris dan Amerika yang terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara pada tahun 2018.

 


 

Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan terbaik dan unggul dalam bidang ketrampilan bahasa Inggris, kajian praktis mengenai ilmu bahasa, sastra, dan budaya Inggris dan Amerika.

2. Melaksanakan penelitian dan publikasi ilmiah yang profesional di bidang bahasa,sastra, serta budaya Inggris dan Amerika. 

3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan kualitas terbaik sesuai dengan kebutuhan dan era perkembangan kebudayaan di bidang ketrampilan bahasa Inggris.

4. Menyelenggarakan evaluasi secara reguler untuk meningkatkan kualitas lulusan.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

Akreditasi A

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS