Teknik Geologi - Universitas Diponegoro

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Diponegoro
Nama Fakultas : Teknik
Website : http://www.geologi.ft.undip.ac.id/

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Era globalisasi dan pasar bebas terbentang dengan nyata di depan kita, era ini ditandai dengan terjadinya persaingan global dan tidak ada lagi proteksi dalam berbagai hal, terlebih dalam lowongan pekerjaan. Pada kondisi yang demikian kebutuhan akan sumber daya manusia, baik dalam segi kualitas maupun kuantitas perlu ditingkatkan. Pasar global yang sangat kompetitif akan menentukan kebutuhan berdasar pada keahlian teknis maupun non teknis dari para pencari kerja.

Kesiapan sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan merupakan kebutuhan yang sangat mendasar. Terlebih dengan terjadinya perkembangan di dalam negeri perihal otonomi daerah, yang secara nyata mulai dilaksanakan pada tahun 2001 ini, berdasarkan Undang-Undang nomor 22 tahun 1999.

Di dalam pelaksanaan otonomi daerah ini lebih dari 340 Daerah Tingkat II di Indonesia akan menggali semua potensi baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang ada. Untuk mendukung pemanfaatan sumber daya alam secara terkendali, keberadaan tenaga sarjana yang mampu dan terampil dalam bidang teknik Geologi, yang meliputi konsentrasi Geologi Tatalingkungan, Geologi Sumber daya Mineral, Geologi Sumber Daya Energi, Geologi Dinamika maupun Geologi bidang Kelautan, terasa semakin diperlukan dan dibutuhkan keberadaannya.

Teknik Geologi merupakan suatu cabang ilmu rekayasa yang mengembangkan pengetahuan tentang kebumian, khususnya pada bagian kulit bumi, dengan penekanan pada pembahasan materi, komposisi, serta proses-proses yang teriadi. Proses-proses kebumian yang terjadi seringkalii terkait dengan kehidupan manusia dan lingkungannya, terlebih dahulu wilayah Indonesia yang kondisi Geologinya tergolong unik, dengan sebaran gunungapi, kandungan mineral dan wilayah kegempaan, yang menghasilkan banyak sesumber dan banyak bencana. Posisi wilayah Indonesia, secara Geologis terletak pada lempeng benua yang masih aktif bergerak. Akibat pergerakan ini menghasilkan fenomena geologi yang spesifik, dan berbeda dengan fenomena geologi pada negara yang terletak pada lempeng benua yang pasif.

Oleh karena itu sarjana teknik geologi yang memiliki kemampuan menganalisis dan peka terhadap perkembangan ilmu dan teknologi serta mempunyai wawasan lingkungan masih sangat dibutuhkan di dalam menghadapi era pasar bebas maupun era otonomi daerah.

Pada saat ini jumlah pendidikan tinggi di Indonesia yang memiliki program studi teknik geologi adalah 5 Perguruan Tinggi Negeri / PTN dan 9 Perguruan Tinggi Swasta/PTS, yang umumnya tersebar di Pulau Jawa, di luar Jawa Tengah dan Jawa Timur (3 PTN dan 5 PTS). Selain itu Pulau Sumatera (1 PTN dan 2 PTS), Pulau Sulawesi (1 PTN dan 1 PTS), serta Papua (1 PTS). Sedangkan jumlah kelulusan keseluruhan sarjana Teknik Geologi per tahun diperkirakan hanya 420 orang (dengan perincian produk PTN 150 orang per tahun dan PTS 270 orang per tahun), (Sukandarrumidi, 1999). Produktifitas lulusan sarjana teknik geologi dari perguruan tinggi tersebut dirasa masih sangat terbatas.

Mengingat kondisi tersebut, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang, yang hingga saat ini sudah memiliki program Strata Satu bidang Teknik Sipil, Arsitektur, Kimia, Mesin, Elektro, Ptanologi, Industri Lingkungan dan Perkapalan, ingin berperan aktif dalam upaya mengatasi kebutuhan. Sarjana Teknik Geologi yang dirasakan kebutuhannya, terutama dalam era otonomi daerah dan desentralisasi.

Dengan melewati berbagai perjuangan, akhirnya Departemen Pendi-dikan Nasional, melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, memberikan ijin penyelenggaraan pendirian Program Studi Teknik Geologi, Universitas Diponegoro, Semarang, dengan surat bemomor: 3024/D/T/2004, tertanggal 4 Agustus 2004.
Visi
Menjadikan Ikatan Alumni Teknik Geologi Universitas Diponegoro sebagai organisasi berwadah profesi yang berguna bagi alumni dengan jalinan kekeluargaan yang erat dan bermanfaat bagi civitas akademika, alumni, dan masyarakat serta mengokohkan keutuhan solidaritas profesi, kemitraan dan kesejahteraan anggota bagi kemajuan ilmu dan teknologi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.


Misi
1. Membina dan mengembangkan semangat kekeluargaan antar alumni dan civitas akademika serta menjalin kesinambungan rasa antar alumni Teknik Geologi Universitas Diponegoro.

2. Memberikan pelayanan prima dalam aspek-aspek pasca lulus kepada para alumni teknik Geologi Universitas Diponegoro.

3. Melakukan kegiatan dalam rangka pengembangan ilmu dan pengetahuan dibidang geologi.

4. Ikut serta menyiapkan dan membina sumber daya manusia IKA GEODIPA yang berkualitas dan profesional serta mempunyai komitmen terhadap dunia geologi.

5. Mewujudkan dan meningkatkan profesionalisme dan daya saing dengan mengembangkan potensi dan peningkatan kompetensi dari Alumni Teknik Geologi Universitas Diponegoro serta memberikan rasa kemanfaatan kepada masyarakat.

6. Menyumbangkan pemikiran kritis, strategis, dan futurustik kepada berbagai kalangan demi kemajuan, keunggulan daya saing kompetensi, kemitraan dan kesejahteraan anggota dalam menghadapi perubahan kemajuan ilmu dan pengetahuan.

7. Menggalang dan meningkatkan kemitraan dengan berbagai kalangan dalam rangka memperkuat posisi dari berbagai sumber.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS

Fasilitas Program Studi
Fasilitas ruang kuliah dilengkapi dengan AC, OHP, Komputer, LCD Projector dan Sound System. Terdapat sarana lain seperti ruang laboratorium, perpustakaan, ruang rapat/seminar serta musholla. Terdapat pula ruang untuk kegiatan mahasiswa yaitu ruang HMTG, areal parkir dan arena olah raga bersama.

Peralatan praktikum seperti mikroskop, alat pemboran, geolistrik dan sebagainya cukup mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran.

Selain itu, terdapat fasilitas internet untuk menunjang proses belajar mengajar baik computer yang disediakan oleh program studi maupun dengan penggunaan fasilitas wireless.

Dalam pengadaan barang dan jasa, pengaturan dilakukan oleh fakultas, tetapi dari pihak prodi mempunyai wakil dalam pengadaan barang dan jasa di fakultas yang memberikan masukan tentang barang dan jasa yang diperlukan oleh program studi.

Tahun 2009, telah ditanda tangani MoU dengan PT Pertamina dalam pengadaan gedung untuk kegiatan belajar mengajar yang proses pembangunannya akan dilaksanakan pada tahun 2010.