Teknik Industri - Universitas Diponegoro

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Diponegoro
Nama Fakultas : Teknik
Alamat Sekretariat : Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Kampus Tembalang, Semarang
Kode Pos : 50239
Telp : (024) 7460052    Telp2 :
Fax : (024) 7460052    Fax2 :
Email : industri@undip.ac.id
Website : http://industri.ft.undip.ac.id/

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
 Industrial engineers design, install, and improve systems that integrate people, materials, and machines to improve efficiency.

Kebanyakan disiplin teknik menerapkan keterampilan untuk bidang  yang sangat spesifik, namun teknik industri diterapkan di hampir setiap industri. Bahkan dewasa ini keilmuan teknik industri tidak hanya diterapkan untuk manufaktur, tapi juga telah berkembang mencakup layanan (jasa) dan industri lainnya. Oleh karena itu, seorang sarjana Teknik Industri harus mendapat bekal yang kuat yang dapat memanfaatkan dan mengaplikasikan ilmu-ilmu sosial (khususnya ekonomi) dan ilmu keteknikan secara bersama-sama yang dapat dipakai untuk menganalisa, memprediksi serta melakukan evaluasi hasil yang akan dicapai oleh sistem industri secara optimal.

BIDANG KAJIAN TEKNIK INDUSTRI

Bidang yang menjadi kajian di teknik industri sendiri diantaranya: Operations Research, Management Science, Financial Engineering, Supply Chain, Manufacturing Engineering, Engineering Management, Overall Equipment Effectiveness, Systems Engineering, Ergonomics, Process Engineering, Value Engineering dan Quality Engineering. Sarjana Teknik Industri juga dapat menggunakan simulasi komputer, terutama simulasi diskrit, untuk analisis sistem dan evaluasi.

Kemampuan Profesional Teknik Industri meliputi kemampuan bidang:

   1. Sistem Manusia Mesin, yang meliputi merancang sistem, prosedur, dan ruang kerja, tata letak fasilitas, sistem material handling, pergudangan, alat bantu produksi, dan produk.
   2. Sistem Produksi, yang meliputi merancang sistem pengendalian persedian dan produksi, pengelolaan mutu, sistem pemeliharaan, sistem produksi, sistem skala besar dan kompleks, sistem logistic, transportasi, dan distribusi.
   3. Sistem Operasional Research, yang meliputi penelitian operasional, analisis keputusan dan perancangan kerja, merancang sistem informasi manajemen, analisis tekno-ekonomik dan financial, merancang sistem pelatihan teknikal, dan akuntansi managerial.
Visi
Menjadi pusat pengembangan teknologi keteknik-industrian skala nasional pada tahun 2020.

Misi
Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik Universitas Diponegoro berusaha:

   1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran bidang teknik industri secara profesional.
   2. Melaksanakan penelitian dan penerapan teknologi rekayasa industri sesuai perkembangan masyarakat.
   3. Menyediakan keahlian dan bantuan teknik, serta pendidikan dan pelatihan profesional, melalui penerapan ilmu pengetahuan yang relevan dengan permasalahan bidang kerekayasaan bagi masyarakat.

AKREDITASI PROGRAM STUDI

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS