Teknik Kimia - Universitas Diponegoro

INFORMASI JURUSAN

Nama Universitas : Universitas Diponegoro
Nama Fakultas : Teknik
Alamat Sekretariat : Jl. Prof. Sudharto, Kampus UNDIP Tembalang Semarang Jawa tengah Indonesia
Kode Pos : 50275
Telp : (024) 7460058    Telp2 :
Fax : (024) 76480675    Fax2 :
Website : http://www.tekim.undip.ac.id/

OUR ADVERTISING


PENGETAHUAN

Deskripsi
Pada periode dasawarsa 1960-an, perkembangan industri termasuk industri kimia di Indonesia berlangsung dengan cepat. Perkembangan tersebut terjadi juga di Jawa Tengah khususnya di Semarang dan sekitarnya.
Hal ini menggugah gagasan Ir. Basit Wachid untuk membuka Pendidikan Teknik Kimia di Semarang. Bersama-sama dengan Ir. Nisyamhuri menjadikan terwujudnya gagasan pembukaan Pendidikan Teknik Kimia tersebut. Dengan persetujuan Rektor Universitas Diponegoro, waktu itu Prof. Sunaryo, SH., pada bulan Agustus 1965 dibuka Pendidikan Teknik Kimia yang menjadi bagian baru di Fakultas Teknik melengkapi bagian lain yang sudah ada, yaitu: Teknik Sipil dan Teknik Arsitektur. Mahasiswa angkatan pertama adalah 27 orang yang dipilih dari 340 calon.
Pada kurun waktu awal berdirinya bagian Teknik Kimia Universitas Diponegoro, jumlah dosen tetap yang membina bagian ini hanya 10 orang. Tenaga Dosen luar biasa yang berasal dari Bagian Teknik Kimia Universitas Gajah Mada Yogyakarta berjumlah 7 orang. Sedangkan tenaga dosen yang berasal dari bantuan instansi/perusahaan di Semarang dan sekitarnya berjumlah 10 orang. Tenaga pengajar lainnya untuk mata kuliah penunjang dibantu dari Fakultas Teknik serta fakultas lain di lingkungan Universitas Diponegoro sendiri.
Visi
   1. Mensejajarkan Jurusan Teknik Kimia Fakultas Teknik Undip dengan Pendidikan Tinggi Teknik Kimia Terkemuka di manapun melalui peran aktif dalam pengembangan Iptek khususnya bidang Teknik Kimia dengan menghasilkan karya-karya penelitian yang berkualitas dan dinamis sesuai dengan tuntutan zaman, dengan memberdayakan sumberdaya alam Indonesia secara berkelanjutan untuk diabdikan bagi kepentingan bangsa.
   2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai integritas dan kemampuan akademik tinggi, berkepribadian dan berakhlak mulia, berwawasan nasional, mempunyai fleksibilitas dan kemandirian yang tinggi, adaptif, responsif, inovatif, dan komunikatif, sehingga mampu berkompetisi di segala bidang baik ditingkat nasional, regional maupun internasional

 
Misi
   1. Melaksanakan program penguatan lembaga secara strategis, terus menerus dan berkesinambungan.
   2. Membentuk pusat-pusat kajian unggulan Teknik Kimia berbasis pemanfaatan sumber daya alam khususnya pangan dan energi.
   3. Menggalakkan budaya meneliti, menulis, dan publikasi baik dosen maupun mhs.
   4. Menjalin kerjasama yang sinergis dengan stakeholders, institusi lain dan lingkungan dalam arti yang luas, sehingga dapat diketahui apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
   5. Menyelenggarakan sistem pendidikan dan pembelajaran yang berorientasi pada hasil lulusan yang mempunyai kemampuan akademik dan penalaran yang tinggi serta memahami budaya industri.
   6. Mewujudkan suasana akademik (academic atmosphere) yang kondusif bagi pengembangan watak/ kepribadian dosen dan mahasiswa sebagai insan akademik

AKREDITASI PROGRAM STUDI

BIAYA KULIAH

Biaya Rata rata per semester

INFORMASI BEASISWA

FASILITAS